The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

5 Elemen dan Kuadran Energi Yin dan Yang

Kuadran Energi Yin dan Yang pada 5 Elemen

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Dalam dunia finansial, kita telah mengenal Cash Flow Quadrant yang diperkenalkan oleh Robert T. Kiyosaki. Dalam dunia energi 5 elemen, kita juga mengenal energi Yin dan Yang dengan Kuadran Energi Yin dan Yang. Yin dapat kita umpamakan sebagai sumbu X, dan Yang dapat kita gambarkan sebagai sumbu Y.

Kondisi keempat kuadran dapat kita gambarkan sebagai berikut:

  1. Kuadran Pertama: Yin positif dengan Yang positif, akan terjadi kondisi sehat dan stabil
  2. Kuadran Kedua: Yin negatif dengan Yang sedikit positif atau nol, akan terjadi kondisi kekurangan energi Yin, yaitu kondisi aktif
  3. Kuadran Ketiga: Yin sedikit positif atau nol dengan Yang negatif, akan terjadi kondisi kekurangan energi Yang, yaitu kondisi pasif
  4. Kuadran Keempat: Yin negatif dengan Yang negatif, akan terjadi kondisi kekurangan energi Yin dan Yang, yaitu kondisi sakit

Kuadran Pertama: Makanan Sehat yang Stabil Dengan Indeks Manfaat Positif

Makanan yang sehat adalah makanan yang sifatnya stabil. Makanan ini mempunyai energi Yin positif dan Yang positif. Makanan ini akan menstabilkan kesehatan pada sel-sel dan organ-organ tubuh kita. Sel-sel juga akan tumbuh dengan stabil. Bila diperiksa dan dianalisa dengan E5E, maka makanan ini akan memberi ciri-ciri sebagai berikut:

  • · Mempunyai energi Yin dan Yang yang positif dan seimbang.
  • · Energi sehat 5 elemen mengalir lancar mulai dari elemen kelima Ether, elemen keempat Udara, elemen ketiga Api, elemen kedua Air, dan elemen pertama Bumi.
  • · Bersifat basa dengan pH yang sehat dengan nilai 7,0 hingga 7,4.
  • · Bervibrasi pada frekuensi rendah yang sehat mulai dari 1 Hz hingga 1/6 Hz sehingga membuat pikiran tenang, santai, dan bahagia.
  • · Menjaga kestabilan pertumbuhan sel-sel baru pada tubuh.
  • · Mempunyai Indeks Manfaat (IM-E5E) yang bernilai positif dari +1 hingga +100.
  • · Mempunyai Indeks Kecocokan (IK-E5E) yang bernilai positif dari 5% hingga 100%.

Termasuk dalam golongan makanan ini adalah tumbuh-tumbuhan, yaitu sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, akar, umbi, jamur, makanan fermentasi, susu segar, yang semuanya masih dalam kondisi segar, dikukus, atau direbus, serta dikonsumsi dalam jumlah secukupnya.

Indeks Manfaat yang nilainya positif akan membuat energi pada organ tubuh tertentu menjadi lebih sehat. Semakin tinggi nilainya, maka manfaatnya semakin besar pula. Penjelasan yang lebih rinci mengenai Indeks Manfaat dari makanan dapat dibaca dalam Bab selanjutnya.

Kuadran Kedua: Makanan Aktif dan Stres dengan Energi Yin Negatif

Makanan yang aktif adalah makanan yang sifatnya mengaktifkan sel-sel dan organ tubuh. Makanan ini mempunyai energi Yin negatif dan Yang sedikit positif atau nol. Makanan ini dapat membuat pikiran dan tubuh kita menjadi terlalu aktif sehingga membuat pikiran menjadi tidak tenang dan stres.

Analisa E5E memberikan hasil sebagai berikut :

  • · Mempunyai energi Yin yang negatif, dan energi Yang dengan nilai positif atau 0.
  • · Energi sehat 5 elemen tidak bisa mengalir dengan lancar, tetapi justru akan menghambat energi pada elemen tertentu pada kelima elemen.
  • · Bersifat asam dengan pH di bawah 7,0.
  • · Bervibrasi pada frekuensi tinggi yang tidak sehat dan dapat menimbulkan stres dari 2 Hz hingga 6 Hz.
  • · Dapat menimbulkan kanker karena pertumbuhan sel tubuh yang tidak terkendali.
  • · Mempunyai Indeks Manfaat yang bernilai negatif dari –1 hingga –100.
  • · Mempunyai Indeks Kecocokan yang bernilai negatif.

Termasuk dalam jenis makanan ini adalah kopi, telur, ikan, bumbu-bumbu dan rempah-rempah yang digunakan dalam jumlah banyak seperti garam, lada, cabe, dan bawang yang dimakan dalam jumlah banyak, makanan yang dikonsumsi dalam jumlah banyak, obat bersifat aktif yang dikonsumsi terus-menerus, makanan yang mengandung zat beracun, makanan kaleng atau makanan yang diawetkan dengan bahan pengawet kimia.

Bawang putih dan cabe bila dimakan terlalu banyak juga dapat bersifat aktif. Jadi bawang putih dan cabe sebaiknya dimakan secukupnya saja, yaitu antara ¼ sampai ½ buah saja.

Makanan sehat yang dikonsumsi dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan menjadi makanan Aktif.

Kuadran Ketiga: Makanan Pasif dan Malas dengan Energi Yang Negatif

Makanan yang pasif adalah makanan yang sifatnya membuat tubuh kita menjadi lebih malas dan membuat pikiran kita menjadi lebih pasif, apatis, dan mudah marah. Makanan ini mempunyai energi Yin sedikit positif atau nol dan energi Yang negatif.

Analisa E5E memberikan hasil sebagai berikut:

  • · Energi Yin bernilai positif atau nol dan energi Yang bernilai negatif.
  • · Energi sehat 5 elemen tidak bisa mengalir dengan lancar, tetapi justru akan menghambat energi pada elemen tertentu dari kelima elemen.
  • · Bersifat asam dengan pH di bawah 7,0.
  • · Bervibrasi dengan frekuensi tinggi yang tidak sehat dari 2 Hz hingga 6 Hz sehingga dapat membuat pikiran dan emosi mudah marah dan stres
  • · Indeks Manfaat bernilai negatif dari –1 hingga –100.
  • · Indeks Kecocokan bernilai negatif.

Termasuk dalam jenis makanan ini adalah makanan beracun, daging, minuman keras dan beralkohol, narkoba, tembakau, obat tidur, makanan yang sudah rusak / basi / kadaluarsa, makanan kaleng atau makanan yang diawetkan, makanan yang sudah mengalami rantai proses yang panjang, misalnya kue yang menggunakan telur, biskuit dan gula putih, makanan dan minuman yang sangat manis, teh, kopi, dan susu yang dikonsumsi dalam jumlah banyak, obat tidur yang berlebihan.

Efek Negatif Penyakit dari Makanan Aktif

Bila makanan aktif dimakan terus-menerus dalam jumlah yang cukup banyak, maka akan terjadi hambatan energi pada elemen tertentu sehingga menimbulkan penyakit. Penyakit yang dapat timbul dari makanan aktif contohnya adalah stres, kanker, bisul, jerawat, gatal-gatal, alergi.

Efek Negatif Penyakit dari Makanan Pasif

Bila makanan pasif dimakan terus-menerus dalam jumlah yang cukup banyak, maka akan terjadi hambatan energi pada elemen tertentu sehingga menimbulkan penyakit. Penyakit yang dapat timbul dari makanan pasif contohnya adalah obesitas, gangguan kholesterol, diabetes, asam urat, apatis, tidak mempunyai semangat hidup.

Buah dengan Energi Yin dan Yang yang Positif dan Seimbang

Bila mengonsumsi buah, sebaiknya memilih buah yang sudah matang, karena gizinya sudah lengkap dengan energi Yin dan Yang bernilai positif dan seimbang. Buah yang masih muda belum mengandung cukup zat gizi, dan biasanya bersifat asam karena mineral-mineralnya belum cukup. Buah yang masih muda mengandung energi yang tidak seimbang dengan energi Yin atau energi Yang yang masih negatif. Buah yang terlalu matang juga sudah mulai busuk, dan dapat menimbulkan penyakit. Selain itu, buah yang terlalu matang juga mengandung energi Yin atau Yang yang negatif.

2 comments to 5 Elemen dan Kuadran Energi Yin dan Yang

  • Hi,this is Marni Chittum,just identified your Post on google and i must say this blog is great.may I share some of the writing found in this blog to my local friends?i’m not sure and what you think?in any case,Many thanks!

  • Dear Marni,
    Thanks for your visit.
    OK, you can share for your friends, please also inform the source of the article, i.e.: http://www.5elemen.com.
    I hope this information can help to improve your health and happiness.
    Best Regards,
    aley

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.