The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

5 ELEMEN

Terapi Energi 5 Elemen

Rahasia Energi 5 Elemen Untuk Kesehatan : Makanan, Motivasi, Profesi

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Selamat datang di www.5Elemen.com. Web ini berisi informasi mengenai cara-cara Sehat dan Bahagia melalui kelancaran dan keseimbangan Energi 5 Elemen serta Energi Yin dan Yang, yaitu energi alami yang berasal dari makanan dan air sehat, udara segar, sinar matahari pagi, olahraga, pernafasan sehat, motivasi positif, meditasi, dan doa.

Latar Belakang Energi 5 Elemen :

KESEHATAN berdasarkan ENERGI 5 ELEMEN merupakan ilmu kuno yang sudah lama digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Energi 5 Elemen telah dikenal sejak tahun 5.000 SM sebagai energi Prana di India, Chi , Yin dan Yang di China, Ki di Jepang, serta Tenaga Dalam di Indonesia.

Berbagai ilmu pengobatan kuno telah menggunakan konsep Terapi Energi 5 Elemen sejak tahun 3.500 SM seperti Ayurveda dan olahraga kesehatan Yoga Asana dari India, Akupunktur dan Chi Kung dari China, Pijat Refleksi dari Mesir, EFT oleh Gary Craig dari Amerika, dan Penyembuhan Prana oleh Master Choa Kok Sui dari Filipina. Selain itu, buah-buahan dan sayur-sayuran segar, sinar matahari pagi, air sehat, udara segar, pernafasan sehat, dan olahraga juga mengandung energi sehat 5 Elemen. Yang dimaksud dengan kelima elemen tersebut adalah eter, udara, api, air, dan bumi. Ini sebenarnya hanya penamaan saja, karena yang dimaksudkan di sini adalah bentuk-bentuk dari materi dan energi.

Einstein telah membuat rumus persamaan Materi dan Energi, di mana materi dan energi sebenarnya adalah sama, hanya bentuknya berbeda. Para ilmuwan dan filsuf zaman dahulu membuat tingkatan materi dan energi dalam istilah yang lebih spesifik, yaitu dalam bentuk Energi 5 Elemen.

Bentuk-bentuk Energi 5 Elemen, yaitu bumi, air, api, udara, dan eter adalah sebagai berikut. Bumi adalah energi dalam bentuk paling padat, yaitu dapat dilihat, dirasakan, dan dapat dipegang. Air adalah energi dalam bentuk cair, dapat dilihat, dirasakan, dan dapat dipegang, dan dapat berubah bentuk. Api adalah energi dalam bentuk yang lebih halus, dapat dilihat, dirasakan, tetapi tidak dapat dipegang, dan mudah berubah bentuk. Udara adalah bentuk energi dalam bentuk yang lebih halus lagi, dapat dirasakan, tetapi tidak dapat dilihat, dan tidak dapat dipegang. Misalnya : emosi atau perasaan yang lebih halus dan lebih tinggi. Eter adalah bentuk energi dalam bentuk yang paling halus, hanya dapat disadari, tetapi tidak dapat dirasakan, tidak dapat dilihat, dan tidak dapat dipegang. Contohnya adalah imajinasi, ide, konsep, sistem, pemikiran.

Di atas Energi 5 Elemen ini, ada energi yang lebih tinggi dan lebih halus, yaitu ENERGI KESADARAN, berupa kesadaran jiwa dan pikiran.

Menurut ilmu pengetahuan kuno, seluruh alam semesta diciptakan dari ke-5 Elemen ini. Dalam alam semesta, ada 8.400.000 jenis kehidupan. Dari ilmu pengetahuan modern, juga telah dikumpulkan data-data jumlah spesies di bumi yang jumlahnya hampir sama dengan angka tersebut.

Energi 5 Elemen Pada Manusia :

Penjelasan mengenai Energi 5 Elemen dalam tubuh manusia adalah sebagai berikut. Eter mewakili organ di daerah kepala dan tenggorokan. Udara mewakili organ di daerah dada, yaitu paru-paru, jantung, tangan, dan organ lainnya di daerah dada.  Api mewakili organ di daerah perut, yaitu organ pencernaan dan hati. Air mewakili organ di daerah bawah perut, yaitu organ reproduksi dan ginjal. Sedangkan Bumi mewakili organ paling bawah, yaitu kaki.

Posisi Energi ini dalam tubuh manusia adalah sebagai berikut :

  1. Energi KESADARAN terpusat di pusat mata atau pusat berpikir.
  2. Energi ETER terpusat di tenggorokan.
  3. Energi UDARA terpusat di dada.
  4. Energi API terpusat di daerah perut.
  5. Energi AIR terpusat di organ reproduksi.
  6. Energi BUMI terpusat di ujung tulang ekor.

Energi 5 Elemen Yang Sehat :

Kelancaran, keseimbangan, dan kekuatan dari Energi 5 Elemen akan mempengaruhi kesehatan, pikiran, dan emosi kita. Energi 5 Elemen berasal dari makanan yang sehat, olahraga yang tepat, lingkungan yang sehat, motivasi yang sehat, serta doa dan meditasi yang teratur.

Apakah efek kesehatan bila Energi 5 Elemen ini terganggu atau berkurang ? Bila energi eter dalam tubuh kita berkurang, maka organ di daerah tenggorokan atau kepala akan sakit. Bila energi udara yang kurang, maka organ di daerah dada kita akan sakit. Demikian pula dengan energi lainnya. Bila energi api kurang, maka organ pencernaan kita akan sakit. Bila energi air kurang, maka organ reproduksi atau ginjal akan sakit. Bagaimana bila energi bumi yang kurang ? Bagian dari kaki kita akan mulai terasa sakit.

Cara Memperbaiki Energi 5 Elemen :

Makanan Sehat :

Untuk memperbaiki aliran energi yang terganggu dan energi elemen yang kurang, cara yang mudah adalah dengan jalan mengkonsumsi makanan sehat yang sesuai untuk masing-masing elemen, misalnya :

  • Elemen Eter - Organ kepala dan tenggorokan : tempe segar, tape segar, beras merah, mentimun, pare, bawang merah
  • Elemen Udara – Organ dada dan tangan : apel merah, beras merah
  • Elemen Api – Organ pencernaan : kencur, sayur-sayuran hijau
  • Elemen Air – Organ ginjal dan reproduksi : pepaya, semangka, apel hijau, sayur-sayuran hijau, bengkuang, sawi putih
  • Elemen Bumi – Organ kaki : wortel, singkong rebus, kentang rebus, kacang panjang, buncis

Selain dengan makanan, untuk sehat, kita juga bisa melakukan hal-hal berikut ini :

  • Melakukan olah raga sehat, misalnya : Yoga Asanas
  • Terapi sehat, misalnya : Pijat Refleksi
  • Menggunakan kata-kata motivasi yang sehat
  • Memilih profesi yang sehat dan sesuai dengan energi elemen kita
  • Memilih bisnis dan gaya manajemen yang sesuai dengan energi elemen kita
  • Berdoa dan bermeditasi

Kita bisa memilih profesi yang sesuai dengan elemen yang dominan pada kita, sehingga kita menjadi lebih sehat. Kita juga bisa memilih kata-kata motivasi yang menyehatkan untuk diri kita, memilih gaya manajemen yang sesuai dengan energi elemen kita, dan memilih bisnis yang cocok sehingga kita tetap sehat.

Profesi Sehat :

Contoh profesi yang sehat sesuai dengan elemen yang dominan pada seseorang :

  • Bila energi elemen yang dominan adalah Eter, maka contoh profesi yang cocok adalah di bidang penelitian, sains, seni, software, internet.
  • Bila energi elemen yang dominan adalah Udara, maka contoh profesi yang cocok adalah profesi yang bersifat kreatif seperti menulis, melukis, dan desain.
  • Bila energi elemen yang dominan adalah Api, maka contoh profesi yang cocok adalah sebagai motivator.
  • Bila energi elemen yang dominan adalah Air, maka contoh profesi yang cocok adalah di bidang penjualan, public relation, manajemen, dan musik.
  • Bila energi elemen yang dominan adalah Bumi, maka contoh profesi yang cocok adalah di bidang properti dan manufaktur.

Setiap orang biasanya mempunyai lebih dari 1 elemen yang dominan dan bisa berbeda antara orang yang satu dengan yang lain, tergantung pada pembawaan orang ybs. Sebagai contoh, seseorang mempunyai energi yang dominan berturut-turut pada elemen Api, Air, dan Bumi. Yang lain mempunyai energi yang dominan berturut-turut pada elemen Udara, Air, dan Eter.

Motivasi Sehat :

Salah satu kata-kata motivasi yang sehat adalah “Berdoa Dan Bekerja” karena energi mengalir dengan lancar dari elemen Eter, Udara, Api, Air, dan Bumi, serta menguatkan energi pada elemen Udara dan Api.

God Bless You” juga merupakan kata-kata motivasi yang sering diucapkan orang. Ini juga merupakan kata-kata motivasi yang sehat, karena energi mengalir lancar dari Elemen Kesadaran di Pusat Kesadaran, mengalir turun ke elemen Eter, Udara, Api, Air, dan Bumi, serta memperkuat energi pada elemen Eter dan Bumi.

Dalam tulisan-tulisan berikutnya, kita akan membahas mengenai energi 5 Elemen ini dengan lebih detil lagi.

Salam Sehat Bahagia!

www.5Elemen.com