The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Book Review: Buku Kesehatan “The Secret of 5 Elements” di Radio DFM 103,4FM

Book Review: Buku Kesehatan “The Secret of 5 Elements” di Radio DFM Jakarta

Diedit oleh: Aleysius H. Gondosari

Tanggal 20 Mei 2010 Radio DFM Jakarta 103,4FM bekerja sama dengan Penerbit Gramedia Pustaka Utama, membawakan acara Book Review atau resensi buku untuk buku kesehatan “The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis“. Acara dipandu oleh Mbak Dini dan Mas Uya.

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang buku ini, Mbak Dini mengajukan pertanyaan-pertanyaan menarik. Jawabannya adalah sebagai berikut:

Apa yang dimaksud dengan 5 elemen?

5 elemen adalah energi yang terdapat di alam semesta dan juga di dalam tubuh manusia. Energi ini sudah dipelajari sejak ribuan tahun yang lalu dan dikenal dengan energi Prana, Chi, dan Tenaga dalam. Energi ini juga terdapat di dalam tubuh manusia. Ada 5 jenis energi, yaitu energi elemen pertama Bumi, elemen kedua Air, elemen ketiga Api, elemen keempat Udara, dan elemen kelima Eter.

Apa hubungan 5 elemen dengan kesehatan?

5 elemen ini berhubungan dengan organ tubuh tertentu pada manusia. Kita mulai dengan energi elemen pertama Bumi yang paling padat. Organ tubuh yang berhubungan dengan energi elemen Bumi adalah organ padat di tubuh kita, yaitu tulang, gigi, rambut, dan kulit. Bila energi elemen Bumi pada tubuh kita kurang, organ tubuh pada elemen Bumi akan melemah, dan akhirnya sakit.

Organ tubuh yang berhubungan dengan elemen kedua Air adalah darah, usus, pancreas, ginjal, dan organ reproduksi. Bila energi elemen Air cukup, maka organ-organ ini akan sehat. Bila energinya kurang, organ-organ ini akan melemah, dan akhirnya sakit.

Organ tubuh yang berhubungan dengan elemen ketiga Api adalah hati, lambung, dan pembuluh darah.

Organ tubuh yang berhuibungan dengan elemen keempat Udara adalah jantung dan paru-paru.

Organ tubuh yang berhubungan dengan elemen kelima Eter adalah otak, saraf, panca indra, tiroid, amandel, kelenjar getah bening.

Bagaimana cara menyehatkan tubuh?

Untuk menyehatkan tubuh, kita cukiup mengonsumsi makanan yang mengandung energi 5 elemen. Untuk menyehatkan otak dan saraf, kita perlu mengonsumsi makanan sehat elemen Eter.

Apa hubungan kesehatan dengan judul murah dan praktis pada buku ini?

Makanan sehat yang digunakan untuk kesehatan dan penyembuhan memang sangat murah, yaitu makanan sehat sehari-hari. Tetapi harus dikonsumsi dalam kondisi segar atau dikukus. Tidak boleh digoreng. Makanan sehat ini sangat praktis karena mudah didapat dan tidak perlu diolah dengan cara-cara yang rumit.

Apa contoh makanan sehat pada kelima elemen ini?

Makanan yang mengandung energi elemen Bumi adalah umbi-umbian dan kacang-kacangan yang dikonsumsi segar atau dikukus. Yang bisa dikonsumsi segar misalnya wortel, bengkuang, kacang panjang. Yang dikukus contohnya kentang, ubi, singkong, kacang tanah.

Makanan yang mengandung energi elemen Air adalah buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan, yang dimakan dalam kondisi segar, dikukus, ditumis, atau dimasak kuah. Selain itu juga air kelapa tua.

Makanan yang mengandung energi elemen Api adalah jahe, kencur, kunyit. Selain itu juga tempe segar.

Makanan yang mengandung energi elemen Udara adalah alpukat, sawo, apel merah. Selain itu juga beras merah dan tempe.

Makanan yang mengandung energi elemen Eter adalah biji-bijian dan fermentasi. Biji-bijian contohnya beras merah dan gandum havermut. Fermentasi contohnya tempe segar, susu yoghurt, dan tape singkong segar.

Makanan sehat ini semuanya bisa dibeli di pasar dengan harga murah.

Selain makanan sehat, apakah ada sumber energi 5 elemen lainnya?

Ya, ada dan terdapat di sekitar kita. Misalnya, sinar matahari pagi sebelum pk. 09.00 pagi mengandung energi 5 elemen. Udara segar mengandung energi elemen keempat Udara. Air sehat mengandung energi elemen kedua Air. Pernapasan sehat mengandung energi 5 elemen. Olahraga jalan kaki juga menyehatkan. Berdoa dan bermeditasi juga mengandung energi 5 elemen.

Berapa lama kita perlu berjemur untuk memperoleh cukup energi 5 elemen dari matahari?

Tidak lama. Cukup 15 menit saja.

Apakah sebaiknya makanan sehat ini dibiasakan sejak anak masih kecil?

Sebaiknya demikian. Jadi sejak masih kecil, anak-anak lidahnya sudah dibiasakan dengan makanan sehat. Bila sudah besar, lidahnya sudah sulit menerima makanan sehat, karena sudah terbiasa dengan makanan lezat yang biasanya kurang sehat.

Anak saya sendiri sebenarnya agak terlambat mengonsumsi makanan sehat. Suatu hari, ia memperlihatkan lidahnya karena ada daging tumbuh yang cukup besar di bawah lidah. Dari pemeriksaan energi, ternyata ada virus kanker. Istri saya sudah khawatir dan ingin dioperasi. Tetapi saya mengatakan, kita coba dulu obati dengan makanan sehat. Jadi sejak hari itu, anak saya bertambah menunya dengan makanan sehat seperti mentimun segar, wortel segar, bengkuang segar, dan makanan sehat lainnya yang ada di dalam buku. Setelah 3 bulan, daging tumbuh tersebut mengecil. Setelah 6 bulan, sudah hampir hilang. Setelah 9 bulan, sudah bersih sama sekali.

Nah, setelah itu, tentu saja makanan sehat ini saya teruskan, karena anak saya sudah terbiasa dengan makanan sehat selama 9 bulan.

Apa yang menjadi pendorong untuk mempelajari dan mempraktekkan terapi energi 5 elemen?

Saya mulai mendalami terapi ini sejak 2003. Ketika itu, Ibu saya yang sedang dalam kondisi sehat tiba-tiba saja terkena stroke. Untunglah cepat dibawa ke rumah sakit. Jadi ibu bisa berjalan lagi. Tetapi saya khawatir, karena biasanya orang yang terkena stroke bisa terkena untuk kedua kalinya, dan biasanya lebih berat dan bisa lumpuh. Jadi saya mempelajari penyebab stroke, dan berusaha menyehatkan ibu kembali dengan makanan sehat.

Pertanyaan dari Para Pendengar

Para Pendengar juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan menarik. Berikut pertanyaan dari Ibu Salimah, Pak Kanapi, Ibu Endang, Ibu Utami, Mas Heri, Pak Sebastian Wijaya, Pak Kamad, dan Pak Widi beserta jawabannya:

Selamat malam, Pak Aleysius. Apakah ada pengaruhnya bila kita salah mengelola bahan makanan pada kesehatan dan apakah buku Bapak membahas olahraga apa saja buat orang yang kurang waktu banyak untuk itu. Mohon pendapat Bapak. Trims.

Selamat malam, Pak. Bila salah memilih makanan, akan ada energi pada elemen tertentu yang kurang. Misalnya, bila kurang mengonsumsi umbi-umbian seperti kentang kukus, ada kemungkinan energi elemen Bumi berkurang karena kekurangan mineral. Akibatnya bisa osteoporosis. Buku saya membahas olahraga juga, yaitu jalan kaki. Bapak bisa berolahraga jalan kaki pagi hari selama 15 menit. Selain itu Bapak juga bisa mempraktekkan pernapasan sehat dan pijat jari tangan. Informasi selengkapnya bisa dibaca di buku dan di www.5elemen.com.

Apakah tiap elemen penyembuhan berbeda untuk tiap penyakit? sebaiknya elemen apa untuk penyakit TBC?

Selamat malam, Pak. Memang betul, setiap makanan mempunyai energi pada elemen tertentu. Untuk TBC, sebaiknya mengonsumsi apel merah dan air tajin beras merah. Selain itu, Bapak juga bisa berlatih pernapasan sehat. Semua ini dapat dibaca di buku dan di www.5elemen.com.

Selamat malam Pak Aley. Apa kabar? Untuk antibodi pankreas, setiap hari saya masih mengonsumsi buah bengkuang dan jus kacang panjang seperti saran bapak. Gula darah sewaktu per 7 Mei adalah 103 mg/dl. Walaupun gula darah saya selalu normal tapi tidak pernah sebagus ini. Mengingat konsep keseimbangan yin & yang, apakah untuk jangka panjang tidak akan kelebihan kandungan yang ada di dalam bengkuang dan kacang panjang? Terima kasih.

Selamat malam, Pak. Tidak apa-apa mengonsumsi makanan sehat untuk jangka panjang. Yang penting, kita mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah secukupnya, tidak berlebihan. Jadi seperti bengkuang, kita cukup mengonsumsi 1/4 sampai 1 buah. Kacang panjang cukup 1 sampai 2 buah saja.

Apa yang paling menarik dari buku TERAPI ini? Apakah ada contoh-contoh kasus beserta solusinya.Target pasarnya siapa saja? Berapa halaman? Berapa harganya? Apakah mudah dipelajari dan dipraktekkan?

Selamat malam, Pak.
Yang paling menarik dari buku ini adalah penggunaan makanan sehat sehari-hari yang murah, tetapi mampu mengobati berbagai penyakit kronis dan berat. Terapi sehatnya seperti pernapasan sehat dan pijat refleksi jari tangan juga murah dan mudah. Buku ini berisi pengalaman saya dan keluarga, beserta teman-teman yang telah mempraktekkannya. Buku ini disertai dengan contoh-contoh orang yang sembuh dari sakitnya, beserta testimoni mereka.

Target pasarnya adalah orang-orang berusia 30-an, 40-an, dan 50-an ke atas, yaitu orang yang memperhatikan kesehatan, orang yang mempunyai risiko sakit kronis seperti gangguan kolesterol, asam urat, diabetes, serangan jantung, stroke, kanker, serta penyakit umum lainnya.orang yang sedang sakit kronis.

Jumlah halaman 368 dengan harga Rp. 58.000. Menurut testimoni orang yang sudah membacanya, isinya enak dibaca karena menggunakan bahasa sehari-hari, praktis, dan mudah dipraktekkan. Info buku selengkapnya bisa dilihat di http://buku.5elemen.com.

Apakah buku ini cocok untuk kurikulum? Apa tujuan diterbitkannya buku ini? Apakah bisa dibaca sepanjang waktu? Benang merahnya apa? Apakah ada dalam bentuk e-book?

Selamat malam, Bu. Buku ini membahas kesehatan dan penyembuhan dari sudut pandang energi 5 elemen. Makanan sehat dan terapi sehatnya bersifat umum, tetapi disesuaikan dengan konsep energi 5 elemen.

Tujuan buku ini diterbitkan adalah agar orang bisa sehat dan sembuh dari penyakit dengan cara yang praktis dan biaya yang murah. Seperti kita ketahui, biaya sakit saat ini sangat mahal, apalagi kalau harus dirawat di rumah sakit. Bila sampai masuk ICU, biayanya bisa mencapai Rp. 5 juta hingga 20 juta per hari.

Buku ini bersifat universal untuk kesehatan, dan bisa dibaca sepanjang waktu dengan konsep energi 5 elemen. Energi 5 elemen sudah dipelajari sejak ribuan tahun yang lalu melalui Ayurveda, Akupunktur, Pjiat Refleksi, EFT, Penyembuhan Prana, dan dikenal sebagai energi Prana dan Chi.

Saat ini, buku belum ada dalam bentuk e-book.

Pak, bagaimana dengan penyakit kanker, berhubungan dengan elemen apa dan makanan apa yg membantu penyembuhannya?

Selamat malam, Bu.
Secara umum, ada 3 penyebab penyakit kanker, yaitu:
1. ada plak/kerak di pembuluh darah dan organ yang berasal dari sisa makanan tidak sehat seperti kolesterol, gula darah, asam urat, lemak trigliserida, garam, bahan kimia, dan racun.
2. pH darah rendah di bawah 7,4.
3. Ada 1 atau lebih virus kanker. Secara energi, ditemukan ada 5 jenis kanker pada masing-masing elemen.

Jadi, untuk menyembuhkan kanker:
1. Perlu makanan sehat untuk membersihkan plak yang ada
2. Perlu makanan sehat untuk meningkatkan pH menjadi 7,4.
3. Perlu makanan sehat untuk membuat tubuh mampu menghasilkan antibody melawan virus kanker.
Hal ini sudah saya praktekkan untuk menyembuhkan bibit penyakit kanker yang menyerang bagian bawah lidah anak saya. Informasi selengkapnya bisa dibaca di buku dan di www.5elemen.com.

Buku ini terdiri dari berapa bab? Bab mana yang paling menarik? Pesan yg ingin disampaikan apa ? Apakah semua penyakit bisa sembuh?

Selamat Malam, Pak.
Buku ini terdiri dari 6 bab. Semua bab menarik, terutama bab 5 tentang Sumber Energi Sehat dan bab 6 tentang Makanan Sehat.

Pesan yang ingin disampaikan, asalkan orang mempunyai kemauan untuk sehat dan menjalani hidup sehat, ia bisa sembuh.

Pada dasarnya, bila mengonsumsi makanan sehat yang cocok, sekitar 80% penyakit bisa sembuh.

Apakah ada latihan-latihan tertentu dibuku ini untuk suatu penyakit?

Selamat malam, Bu.
Selain makanan sehat, buku ini juga dilengkapi dengan terapi sehat seperti pernapasan, pijat refleksi dll. Pernapasan bersifat umum, terutama untuk penderita asma dan kanker. Pijat refleksi terutama bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke dan menyembuhkan sakit kepala.

Aleysius H. Gondosari adalah peneliti dan praktisi Terapi Energi 5 Elemen. Saat ini Gramedia telah menerbitkan buku kesehatan “The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis“, dan “The Miracle of 5 Elements Energy” berisi cara melakukan terapi sehat 5 Elemen dan berbagai makanan sehat 5 Elemen. Untuk Konsultasi Kesehatan dan tanya jawab, silahkan kunjungi halaman Konsultasi. Untuk Workshop Kesehatan, silahkan kunjungi halaman Workshop.

Salam Sehat Bahagia!

2 comments to Book Review: Buku Kesehatan “The Secret of 5 Elements” di Radio DFM 103,4FM

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.