The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen, Keheningan, Frekuensi 1 Hz, dan Stres

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Murah

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Frekuensi 1 Hz menjadi batas antara sehat dan tidak sehat,
antara stres dan tidak stres.

Selain lingkungan dan makanan yang tidak sehat, stres merupakan salah satu sumber penyakit utama pada jaman modern ini. Stres bisa menyerang siapa saja, terutama orang yang kerjanya terburu-buru, dikejar target, tertekan, atau sedang banyak masalah.

Stres, Penyakit, dan Kanker:

Stres menyebabkan pikiran dan otak menjadi terlalu aktif. Hal ini menyebabkan sel-sel tubuh dan organ tubuh menjadi lebih aktif. Bila stres tidak dikontrol, organ tubuh yang terlalu aktif akan menjadi kelelahan, kemudian menjadi lemah, dan akhirnya sakit. Kondisi terlalu aktif ini juga dapat memicu kanker, karena kanker sebenarnya adalah sel-sel yang terlalu aktif dan tidak terkontrol.

Stress juga bisa menyerang berbagai organ tubuh. Di tempat kerja, saya menemukan berbagai bentuk stres. Yang umum terjadi adalah sakit kepala, migrain, atau insomnia. Staf saya suka kumat sakit giginya kalau sedang stres. Ada juga teman kerja saya yang pencernaannya kurang bagus, karena kalau stres, organ tubuh ini yang sakit. Saya juga demikian. Istri saya, kalau stres, maka organ tiroidnya akan kumat. Pada wanita stres sering juga terjadi pada bagian dada dan kandungan. Stres bila dibiarkan berlarut-larut, dapat menyebabkan kondisi tubuh menurun hingga 50% sehingga mudah dihinggapi penyakit, menimbulkan penyakit kronis, serta memicu kanker.

Selain itu, stres juga akan mengganggu tidur nyenyak kita. Kita sering tidak menyadari adanya stres pada diri kita. Akibatnya, stres ikut terbawa dalam tidur dan alam bawah sadar kita. Tidur nyenyak seharusnya menjadi sarana bagi kita untuk memulihkan kesegaran dan kesehatan tubuh. Tetapi karena stres, kita sulit untuk tidur dengan nyenyak. Akibatnya, kita bangun dengan kondisi masih lelah dan mengantuk.

Berbagai Cara Sehat untuk Mengatasi Stres:

Sebenarnya kita dapat mengatasi stres dengan berbagai cara, antara lain dengan cara :

  • mengkonsumsi makanan sehat
  • pijat refleksi jari tangan
  • meditasi
  • pernafasan sehat

Makanan sehat untuk mengatasi stres umumnya adalah makanan fermentasi yang dimakan dalam kondisi segar seperti tape singkong segar, tempe segar, susu fermentasi segar (yoghurt). Makanan fermentasi cocok untuk kesehatan otak, dan membuat otak menjadi lebih santai. Makanan sehat lainnya adalah susu kedele segar, minuman cincau, dan mentimun segar. Anda dapat memilih makanan segar dan sehat yang disukai.

Pijat refleksi jari tangan juga dapat membantu mengurangi atau menghilangkan stres. Hal ini disebabkan karena saraf jari-jari tangan terhubung dengan saraf dan organ otak di kepala. Dengan memijat jari tangan satu per satu dengan santai, maka saraf otak kita juga akan ikut santai sehingga stres berkurang. Setiap jari cukup dipijat selama 1 menit, sehingga seluruh jari selesai dipijat dalam waktu 10 menit. Kita dapat melakukannya sewaktu menonton TV, sewaktu sedang menunggu, atau sewaktu duduk istirahat.

Tujuan meditasi adalah mencari keheningan dan ketenangan pikiran. Dengan menenangkan pikiran, stres juga otomatis akan berkurang. Tetapi tidak setiap orang tertarik dengan meditasi karena ada anggapan bahwa meditasi sulit untuk dilakukan dan hanya cocok untuk orang tertentu saja.

Pernafasan sehat juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan stres. Pernafasan sehat dapat dilakukan oleh semua orang, dan lebih mudah dilakukan dari meditasi. Untuk memulai pernafasan sehat, pilihlah sikap yang santai, sambil duduk atau berbaring. Tariklah nafas perlahan-lahan selama 10 detik, tahan selama 10 detik, kemudian keluarkan perlahan-lahan selama 10 detik. Lakukan selama 10 kali per sesi. Anda akan merasa lebih santai setelah melakukannya. Bila Anda merasa nyaman melakukan ini, Anda dapat melakukannya selama 3 sesi, yaitu pagi, siang, dan malam. Bila Anda telah mahir melakukannya, Anda dapat memperpanjang waktunya selama 15 detik atau 20 detik.

Hubungan Kesehatan dengan Frekuensi Gelombang Otak:

Sebenarnya, semua penjelasan di atas ada hubungannya dengan frekuensi gelombang otak dan tubuh. Bayi yang sehat sampai umur 5 tahun umumnya mempunyai gelombang otak dengan frekuensi 1 Hz yang disebut sebagai gelombang Delta. Tetapi dengan bertambahnya usia anak, jumlah anak yang mempunyai gelombang delta ini menurun. Frekuensi gelombang otak cenderung meningkat dari Delta menjadi gelombang Tetha, Alpha, dan Beta.

  • Gelombang Delta mempunyai frekuensi 1 ~ 4 Hz, dan ditemui pada bayi dan anak di bawah umur 5 tahun.
  • Gelombang Tetha mempunyai frekuensi 4 ~ 7 Hz, dan terjadi pada saat mengantuk dan tidur biasa yang bukan tidur nyenyak.
  • Gelombang Alpha mempunyai frekuensi 8 – 12 Hz dan terjadi dalam segala kondisi dan aktivitas, baik cemas maupun santai.
  • Gelombang Beta mempunyai frekuensi 12 – 19 Hz ke atas, dan terjadi dalam kondisi sadar, aktif, sibuk, dan cemas. Selain itu juga bisa disebabkan oleh efek hipnotis dan efek obat-obatan.

Dari penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa ketika masih bayi, frekuensi otaknya masih rendah dan berkisar sekitar 1 Hz. Tetapi dengan bertambahnya usia, otak cenderung menjadi semakin aktif dan  tidak tenang, sehingga frekuensi gelombang otak  juga menjadi semakin tinggi.  Hal ini membuat kesehatan menjadi menurun. Secara umum, kita dapat melihat bahwa bayi dan anak-anak umumnya lebih sehat dari orang dewasa, sedangkan orang dewasa umumnya lebih sehat dari orang tua.

Orang yang berada di lingkungan yang tenang, akan mempunyai frekuensi gelombang otak, pikiran, dan tubuh yang rendah, yaitu 1 Hz ke bawah. Sebaliknya, orang kota dan orang sibuk akan mempunyai frekuensi yang lebih tinggi dari 1 Hz. Orang yang stres juga akan mempunyai frekuensi yang lebih tinggi dari 1 Hz.

Kehidupan di pegunungan dan di desa yang tenang membuat kehidupan orang lebih santai, tenang, dan lebih sehat. Sebaliknya, kehidupan di kota yang sibuk dan penuh polusi membuat orang lebih mudah stres dan jatuh sakit.

Seperti kita ketahui, meditasi dapat membantu meningkatkan kesehatan seseorang, dan dapat menyembuhkan penyakit-penyakit kronis. Apakah sebabnya? Penjelasan yang masuk akal adalah karena meditasi membuat otak dan sel-sel tubuh menjadi lebih tenang dan lebih santai. Keheningan dalam meditasi mempunyai peranan penting dalam kesehatan. Dengan kata lain, keheningan dalam meditasi akan membuat frekuensi gelombang otak dan tubuh akan bertambah rendah, menjadi 1 Hz hingga 1/5 Hz, 1/6 Hz , dan  1/7 Hz, tergantung pada tingkat keheningannya.

Pernafasan sehat juga akan membantu menurunkan frekuensi pikiran dan otak menjadi 1/2 Hz hingga 1/5 Hz, tergantung pada pola yang kita pilih. Pola 5-5-5 akan menghasilkan frekuensi 1/2 Hz, dan pola 20-20-20 akan menghasilkan frekuensi 1/5 Hz.

Pentingnya Frekuensi Gelombang 1 Hz :

Kesimpulannya, semakin rendah frekuensi gelombang, pikiran dan otak akan menjadi semakin tenang dan santai. Frekuensi 1 Hz menjadi batas antara sehat dan tidak sehat, antara stres dan tidak stres. Dengan pikiran dan otak yang santai, kita menjadi lebih sehat, daya tahan tubuh akan meningkat, dan penyakit akan menjauh. Makanan sehat, pijat refleksi jari tangan, meditasi, dan pernafasan sehat, dapat membantu menurunkan frekuensi pikiran dan otak menjadi lebih rendah dari 1 Hz.

Salam Sehat Bahagia

www.5elemen.com

4 comments to Energi 5 Elemen, Keheningan, Frekuensi 1 Hz, dan Stres

  • Pak Aley, saya biasa kerja malam sampai dini hari. sebab, suasana hening benar-benar bisa saya nikmati. Kebetulan juga kompleks tempat saya tinggal lumayan hening suasanyanya, baik pada malam, pagi, bahkan kadang siang dan sore hari juga cukup hening.
    Nah, saya termasuk yang menyukai bunyi air menetes di kamar mandi yg kedengaran sampai ruang kerja saya. Apakah bunyi tetesan air itu ada pengaruhnya terhadap kondisi psikologis? Bagaimana juga dengan bunyi dengung laptop ketika kipasnya sedang bekerja untuk mendinginkan laptop?
    Sekian, dan terima kasih utk analisisnya.
    salam
    ez

  • aleysius

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Pak Edy. Memang suasana paling hening terjadi antara pk. 03.00 s/d 05.30 pagi. Kondisi ini memang sudah diciptakan demikian sehingga orang dianjurkan bermeditasi pada waktu ini. Selain itu, dalam kondisi hening memang orang dapat berpikir lebih jernih, sehingga bisa mendapatkan ide-ide dan inspirasi yang lebih cemerlang. Misalnya, ide membuat website http://www.andaluarbiasa.com kelihatannya muncul pada frekuensi otak 1/5 Hz.

    Frekuensi 1 Hz dapat kita lihat pada bandulan jam kuno. Bandulan jam kuno bergerak ke kiri dan ke kanan dengan frekuensi 1 Hz. Kalau melihat bandulan tersebut, pikiran kita merasa tenang. Tapi kalau bandul bergerak lebih cepat, misalnya menjadi 2 Hz, pikiran kita pasti jadi gelisah dan mungkin stres. Sebaliknya, kalau bandul bergerak lebih lambat, misalnya jadi 2 Hz, pikiran kita pasti menjadi lebih tenang.

    Air mengalir atau menetes juga demikian. Kalau air mengalir atau menetes dengan lambat, pikiran kita menjadi lebih tenang. Tapi kalau mengalir atau menetes lebih cepat, pikiran kit ajuga menjadi lebih gelisah. Jadi Bapak tinggal mengatur tetes air pada kondisi ideal, agar pikiran menjadi tenang.

    Kalau bunyi dengung memang kurang cocok untuk ketenangan otak. Tetapi kalau konsentrasi kita cukup baik, kita bisa mengabaikan suara ini sehingga ketenangan pikiran tidak terganggu.

    Jadi selain faktor luar, faktor di dalam diri kita seperti konsentrasi juga penting untuk menjaga ketenangan pikiran.

    Semoga bermanfaat untuk ketenangan pikiran dan ide-ide cemerlangnya, Pak.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

  • awi

    Salam bahagia Pak Aley, berarti waktu meditasi sebaiknya pada pukul berapa? Saya sedang belajar bermeditasi sebelum dan sewaktu bangun tidur. Terima kasih Pak Aley.SSHB

  • Terima kasih atas kunjungannya, Pak Hardy.
    Meditasi sebaiknya pada saat suasana sedang tenang.
    Sebenarnya setiap waktu bisa digunakan untuk meditasi.
    Kalau pagi, waktu terbaik antara pk. 03.00-05.30.
    Tetapi tentu ini perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh, apakah cukup istirahat pada saat tidur malam atau tidak.
    Sebaiknya meditasi pagi dilakukan setelah cukup tidur.
    Untuk malam, meditasi sebelum tidur tentu bermanfaat untuk ketenangan pikiran.
    Semoga Bapak bertambah sehat dan bahagia.
    aley

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.