The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen Dan Air Sehat

Energi Kesehatan Pada Air Pegunungan, Air Mineral Kemasan, Air Minum Kemasan, Air PAM, Air RO (Reverse Osmosis), Air Kelapa, Air Isotonik, Air Jus Buah

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Dalam situsnya www.undp.or.id, Administrator UNDP Kemal Dervis mengatakan bahwa dunia masih menghadapi tantangan yang serius menyangkut ketersediaan air dan sanitasi. Saat ini, lebih dari 900 juta penduduk membutuhkan akses terhadap sumber air yang lebih baik mutunya menjelang taget tujuan MDG (Millenium Development Goals) tahun 2015.

Harian Kompas hari Jumat 20 Maret 2009 menulis, bahwa di Indonesia, 100 juta warga belum memiliki akses air minum. Untuk mengatasi hal ini, berbagai upaya dilakukan pemerintah, di antaranya :

  • Program pembangunan air minum dan sanitasi seperti Water Supply and Sanitation for Low Income Communities (WSLIC)
  • Comprehensive-Kampong Improvement Programme (C-KIP)
  • Improvement Programme for Water Supply and Sanitation (SANIMAS)
  • Bappenas menargetkan 10 juta sambungan air bersih tercapai tahun 2013.

Selanjutnya, pada harian Kompas 23 Maret 2009, dalam peringatan Hari Air Sedunia ke-17 di Kelurahan Srengseng, Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Peni Susanti, untuk mengatasi kesulitan air di Jakarta, meminta warga DKI Jakarta melakukan 5R, yaitu :

  • Reduce (menghemat) : menghemat penggunaan air minimal 20 liter per hari
  • Reuse (menggunakan kembali) : menggunakan air bekas untuk keperluan yang tidak membutuhkan air bersih
  • Recycle (mengolah kembali) : menggunakan air kotor yang telah diolah
  • Recharge (mengisi kembali) : sebanyak mungkin air hujan yang turun dimasukkan ke dalam tanah, misalnya dengan membuat banyak sumur biopori
  • Recovery (memperbaiki kembali) : situ atau danau yang berguna untuk penampungan dan resapan air juga dipelihara, dan banyak menamam pohon

Tema peringatan Hari Air tahun ini adalah sumber daya air tidak mengenal batas wilayah, sehingga pelestarian harus dilakukan oleh semua dan terpadu.

Di Kabupaten Kediri, Bupati Kediri, Sutrisno, berjanji untuk merehabilitasi sejumlah sumber air yang rusak oleh pembangunan.

Air juga sangat penting untuk mengairi sawah. Prof. Dr. Nyoman Sutawan, mantan Rektor Unud, peneliti dan pakar subak mengatakan :

Pertanian dan pariwisata seharusnya bersinergi,
saling memperkuat satu dengan yang lain.
Sekarang pertanian dan subak di Bali sedang tersisih.
Setiap tahun ratusan hektar lahan sawah beralih fungsi
dan air pun semakin terbatas untuk menggenangi sawah.

Prof. Dr. Nyoman Sutawan

Air Untuk Menjaga Kesehatan Dan Menyembuhkan Penyakit :

Dalam bukunya yang berjudul “Air – Untuk Menjaga Kesehatan & Menyembuhkan Penyakit“, F. Batmanghelidj, M.D., menjelaskan bermacam-macam manfaat air sehat. Beliau telah melakukan penelitian secara klinis dan ilmiah terhadap peran air di dalam tubuh selama lebih dari 20 tahun. Dengan menyesuaikan asupan air dan garam, kita dapat membantu mengobati dan mencegah puluhan penyakit. Minuman lain, termasuk teh, kopi, minuman soda, minuman softdrink, minuman isotonik, tidak dapat menggantikan air. Beberapa manfaat penting dari air sehat adalah :

  • Mengurangi, bahkan menghilangkan gejala asma dan alergi secara alami
  • Membantu mencegah kondisi yang mengancam hidup, misalnya gagal jantung, stroke, dan kanker
  • Mengobati darah tinggi secara alami tanpa diuretika atau obat lain
  • Kunci menurunkan berat badan tubuh tanpa diet
  • Menghidrasi kulit untuk melawan penuaan yang terlalu dini

Energi 5 Elemen Mata Air Pegunungan :

Mata air pegunungan mempunyai energi yang paling sehat. Bila diperiksa dengan energi 5 Elemen, maka energi mengalir lancar pada seluruh elemen, mulai dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi. Dengan demikian, sangat penting bagi kita menjaga kebersihan dan kemurnian sumber mata air di pegunungan.

Pada beberapa mata air yang sangat bersih, air juga mempunyai energi penyegar dan energi penyembuh.

Waktu SMA di kota Padang, saya menjadi anggota organisasi Pencinta Alam. Kami sering pergi ke bukit-bukit atau ke gunung. Dalam perjalanan, bila merasa haus, saya sering minum langsung dari mata air yang ada di sana. Kenyataannya, saya sehat-sehat saja setelah minum dan tidak pernah terserang diare. Pada waktu itu, mata air di sana masih bersihl. Tetapi hal ini tentu tidak berlaku bila sumber mata airnya tidak bersih dan sudah tercemar.

Energi 5 Elemen Mata Air Mineral :

Mata air mineral yang sehat dan bersih mempunyai kelebihan dibanding mata air biasa. Mata air mineral mempunyai energi penguat berturut-turut pada elemen Air, elemen Udara, dan elemen Api. Dengan demikian, mata air mineral dapat memperkuat tubuh.

Energi 5 Elemen Air Mineral Kemasan :

Pada air mineral kemasan, energi 5 Elemen tidak mengalir lancar lagi pada seluruh elemen. Tetapi energi penguatnya masih ada walau pun sudah berkurang.

Energi 5 Elemen Air Minum Kemasan :

Pada air minum kemasan, energi 5 Elemen tidak mengalir lancar lagi pada seluruh elemen. Walau pun demikian, air ini masih cukup sehat untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan sakit.

Energi 5 Elemen Air PAM :

Tidak semua air PAM cukup sehat untuk langsung dimasak dan diminum, karena ada proses pembersihan dengan bahan tertentu, dan melewati pipa yang mungkin mengandung bahan tertentu. Sebaiknya air PAM disaring dahulu, untuk menyaring bahan-bahan yang dapat merusak energi elemen Air pada tubuh manusia, terutama organ ginjal.

Energi 5 Elemen Air RO (Reverse Osmosis) :

Air RO cukup sehat untuk diminum, selama filter yang digunakan masih baik. Filter harus diganti secara berkala agar kebersihan air terjamin. Dengan proses RO, maka bahan-bahan yang berbahaya bagi ginjal akan tersaring, dan air bisa langsung diminum tanpa perlu dipanaskan lagi. Bila menggunakan air PAM, maka sebaiknya menggunakan alat RO untuk menghindari bahan berbahaya memasuki tubuh.

Pada beberapa alat RO yang cukup bagus, selain filter utama, juga dilengkapi dengan penyaring karbon dan batu mineral, sehingga air menjadi bertambah sehat. Aliran energi 5 Elemen bisa mengalir mulai dari elemen Udara, Api, Air, dan Bumi, sehingga hampir sama dengan mata air pegunungan. Tetapi hal ini tentu saja tergantung kepada kelengkapan dari alat RO tersebut.

Sewaktu saya bekerja di sebuah pabrik dengan karyawan/ti lebih dari 1.000 orang, kami menggunakan alat RO untuk air minum. Energi 5 Elemen masih bisa mengalir dari elemen Air ke elemen Bumi. Filter RO juga diganti secara berkala sesuai aturan dari pembuatnya. Selama bekerja beberapa tahun di sana, saya tidak pernah mendengar ada karyawan/ti yang sakit karena minum air RO. Jadi air RO cukup sehat untuk diminum.

Saya sudah menggunakan alat RO untuk air minum di rumah selama bertahun-tahun. Saya merasa airnya lebih enak diminum, dan tentunya juga lebih sehat.

Saat ini, untuk di daerah-daerah yang mengalami kesulitan air bersih dan daerah tepi laut, sudah mulai banyak dipasang instalasi air minum dengan menggunakan alat RO. Air yang dihasilkan adalah air minum yang sehat dan bisa langsung diminum.

Energi 5 Elemen Air Kelapa Matang atau Kelapa Tua :

Air kelapa merupakan air minum alami yang mudah ditemui di tepi pantai. Biasanya kita lebih sering minum air kelapa muda. Tetapi dari analisa energi 5 Elemen, ternyata air kelapa matang lebih menyehatkan. Alasannya dapat dibaca pada artikel berikutnya tentang Energi 5 Elemen Dan Air Kelapa.

Air kelapa matang mempunyai energi 5 Elemen yang mengalir lancar mulai dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi. Selain itu, air kelapa mempunyai energi penyembuh dan energi penyegar berturut-turut pada elemen Air, Udara, dan Api. Dengan demikian, air kelapa matang sangat baik untuk perawatan kesehatan dan penyembuhan sakit ginjal.

Energi 5 Elemen Air Minuman Isotonik (Suplemen) :

Saat ini sudah banyak suplemen berupa minuman isotonik yang dijual di tempat-tempat umum. Apakah semuanya sehat ? Belum tentu. Minuman isotonik yang sehat akan mempunyai aliran energi 5 Elemen yang lancar mulai dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi. Sedangkan minuman isotonik yang biasa-biasa saja, energi 5 Elemen-nya tidak mengalir. Sebagai suplemen, bila diminum sekali-sekali, tidak membahayakan dan tidak merusak energi. Tetapi sebaiknya tidak digunakan sebagai minuman sehari-hari.

Ada minuman isotonik yang mengandung garam dan gula dengan kandungan yang cukup tinggi bagi tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak digunakan sebagai minuman sehari-hari, terutama untuk penderita diabetes. Untuk minuman sehari-hari, air murni tetap yang paling baik.

Air Jus Buah :

Jus buah sebaiknya dibuat dari buah yang segar, tanpa gula, dan diminum segera setelah dibuat. Bila menggunakan gula, sedikit saja. Bila menggunakan banyak gula, akan mengakibatkan kadar gula darah menjadi tinggi, dan dapat mengakibatkan diabetes.

Teman saya pernah mengalami hal ini. Karena istrinya ingin menyehatkan suaminya, yaitu teman saya, maka setiap hari teman saya dibuatkan jus buah oleh istrinya. Sayangnya, istrinya selalu menambahkan gula. Demikian pula, setiap pulang kerja, istrinya membuatkan teh manis untuk suaminya. Ketika kesehatannya diperiksa, ternyata kadar gula darahnya tinggi. Dokter menyarankan agar jus dibuat tanpa gula, dan teh juga diminum tanpa gula.

Penyakit Oleh Air Yang Tidak Sehat :

Beberapa penyakit yang dapat diakibatkan oleh air yang tidak sehat adalah :

  • Diare : karena sumber air yang tidak bersih dan tercemar penyakit. Biasanya terjadi bila makan di luar rumah. Oleh sebab itu, bila makan di luar rumah, sebaiknya minum dari air minum kemasan yang lebih terjamin kebersihannya. Bila terkena diare, sebaiknya banyak minum oralit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang oleh diare.
  • Tipus : karena sumber air yang digunakan tidak bersih dan tercemar sumber penyakit tipus. Penyakit ini juga biasanya terjadi bila makan di luar rumah. Jadi, seperti saran di atas, bila makan di luar rumah, sebaiknya minum dari air minum kemasan yang lebih terjamin kebersihannya.
  • Sakit ginjal : karena kurang minum air dan terlalu banyak duduk. Setiap orang dianjurkan minum 8 gelas setiap hari atau kira-kira 1 liter air. Minum air tidak dilakukan sekaligus, tetapi sedikit demi sedikit, sepanjang hari.
  • Sakit kaki : bila kurang minum, juga dapat menyebabkan sakit kaki. Salah satu anggota keluarga saya pernah sakit kaki karena kurang minum air, yaitu hanya 2 – 3 gelas setiap hari.
  • Sakit ginjal : karena terlalu banyak minum obat dan kurang minum air. Sebaiknya bila minum obat, minum air juga harus banyak.
  • Sakit ginjal : karena air banyak mengandung bahan kimia dan logam. Biasanya ini terjadi bila minum dari sumber air yang tercemar bahan kimia dan logam, atau dari air PAM yang mengandung bahan kimia. Sebaiknya menggunakan alat RO untuk menyaring bahan kimia dan logam yang ada pada air.
  • Diabetes dan Kadar Gula Darah Tinggi : bila setiap hari minum teh manis,  air jus buah yang dicampur banyak gula, air suplemen atau isotonik yang mengandung kadar gula yang tinggi.
  • Hipertensi : bila minum air suplemen yang mengandung kadar garam yang tinggi setiap hari.

Salam Sehat Selalu

www.5elemen.com

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.