The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen Dan Profesi

Energi 5 Elemen Dan Profesi Konsultan, Trainer, Penulis, Desainer, Ilmuwan, Seniman, Entrepreneur

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Tanggal 19 Maret 2009 yl., saya bertemu dan berbincang-bincang dengan teman akrab saya yang sama-sama punya hobi mengkoleksi batu kristal. Salah satu topik yang kami bicarakan adalah mengenai hubungan antara energi 5 Elemen dengan profesi, bisnis, dan usaha. Saya mengatakan, bahwa energi 5 Elemen bisa digunakan untuk memeriksa kecocokan antara elemen yang dominan pada seseorang dengan profesi. Bila ada kecocokan, maka kemungkinan untuk sukses juga akan semakin besar. Teman saya tertarik dan minta kepada saya untuk memeriksa elemen yang dominan pada dirinya.

Penjualan, Manajemen, Pelatihan, Public Relation, Pengacara :

Saya mulai memeriksa, dan menemukan bahwa energi yang dominan pada teman tersebut berturut-turut adalah elemen Air, elemen Udara, dan elemen Bumi. Elemen Air menunjukkan bahwa teman saya tersebut mudah bergaul dan lebih cocok bekerja di bidang penjualan atau manajemen. Kenyataannya, teman saya sudah bekerja hampir 20 tahun di perusahaan manufaktur di bidang manajemen.

Kemudian teman saya mengatakan, bahwa dia pernah melakukan psikotest di salah satu lembaga psikotest yang berafiliasi dengan lembaga di luar negeri. Hasil psikotest tersebut merekomendasikan dirinya untuk bekerja di bidang marketing atau penjualan. Ternyata hasil analisa 5 Elemen memberikan rekomendasi yang sama dengan lembaga psikotest.

Adanya energi yang dominan pada elemen Air menunjukkan kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain. Dengan demikian energi ini cocok untuk pekerjaan seperti penjualan, manajemen, pelatihan, pengacara, public relation, HRD.

Motivator :

Kemudian kami memeriksa anaknya yang kedua, yang memiliki energi yang dominan berturut-turut pada elemen Api, Air, dan Bumi. Elemen Api menunjukkan bahwa orang yang memilikinya cocok menjadi motivator. Sekali lagi teman saya membenarkan, bahwa memang anaknya tersebut bisa mempengaruhi orang lain termasuk orang tuanya untuk melakukan sesuatu.

Pola energi dominan pada anak teman saya ini mirip dengan pola energi dari salah seorang motivator terkenal di Indonesia. Pola energi motivator tersebut juga dimulai dari elemen Api, Air, dan Bumi.

Adanya energi yang dominan pada elemen Api menunjukkan kemampuan untuk menggerakkan atau memotivasi orang lain.

Trainer :

Trainer ternyata juga membutuhkan energi elemen Air yang dominan. Pola energi Trainer umumnya berturut-turut mulai dari yang paling kuat adalah elemen Air, elemen Bumi, dan elemen Api.

Konsultan, Coach, Penulis, Desainer, SenimanĀ  :

Semua profesi di atas mempunyai pola energi yang mirip, yaitu membutuhkan energi elemen Udara yang dominan. Adanya energi yang dominan pada elemen Udara, menunjukkan kemampuan untuk mengungkapkan perasaan dan kreativitasnya.

Pola energinya berturut-turut adalah elemen Udara, elemen Air, dan elemen Ether. Elemen Air menunjukkan kreativitas dan kemampuan untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain, dan elemen ether menunjukkan kemampuan konsentrasi tinggi.

Penulis Motivator :

Saya juga pernah memeriksa teman dekat yang lain, yang ternyata mempunyai energi dominan berturut-turut pada elemen Udara, Air, dan Api. Teman ini memang berbakat sebagai penulis, banyak teman, dan dapat memotivasi orang lain untuk menulis.

Peneliti, Ilmuwan, Programmer :

Apakah yang sama pada profesi di atas ? Yang sama adalah kemampuan konsentrasi yang tinggi terhadap pekerjaan. Dengan adanya energi yang dominan pada elemen Ether, menunjukkan bahwa orang tersebut cocok untuk profesi di atas, karena kemampuan konsentrasinya yang tinggi. Pola energinya berturut-turut adalah elemen Ether, Udara, dan Air.

Dokter :

Untuk profesi dokter, diperlukan energi yang dominan pada elemen Udara. Elemen Udara diperlukan agar dapat berempati dengan pasien. Setelah itu dilanjutkan dengan elemen Air agar dapat menjalin hubungan baik dengan pasien, dan elemen Bumi yang menunjukkan bahwa dokter mempunyai dasar etika yang kuat dalam mengobati pasien.

Bisnis Dan Usaha Di Bidang Properti, Manufaktur, Keuangan :

Pada ketiga bidang di atas, persamaannya adalah adanya kestabilan. Ini merupakan sifat dari elemen Bumi. Properti dan Manufaktur termasuk bisnis dan profesi yang relatif stabil. Keuangan juga pada dasarnya merupakan lembaga yang stabil. Kita mengetahui bahwa standar akunting merupakan standar yang baku dan sudah dipakai selama lebih dari 100 tahun. Laporan keuangan juga merupakan standar yang baku. Di sini kita tidak membahas mengenai saham dan derivatif. Saham termasuk elemen Air, dan derivatif termasuk elemen Ether.

  • Pola energi untuk Properti adalah elemen Bumi, elemen Air, elemen Ether.
  • Pola energi untuk Manufaktur adalah elemen Bumi, elemen Air, dan elemen Api.
  • Pola energi untuk Keuangan adalah elemen Bumi yang dominan.

Entrepreneur, Wiraswasta, Wirausaha :

Bagaimana pola energi dari seorang Entrepeneur atau seorang Wiraswasta ? Pola energi dominan yang umum dari seorang Entrepreneur sukses adalah beruturt-turut mulai dari elemen Udara, elemen Air, dan elemen Api. Elemen Udara berarti ia dapat memahami kebutuhan orang lain. Elemen air menunjukkan ia dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain. Sedangkan elemen Api menunjukkan bahwa ia mempunyai motivasi yang kuat untuk sukses.

Hubungan Pola Energi 5 Elemen Dan Kesuksesan :

Apakah ada hubungan antara kecocokan pola energi 5 Elemen dengan kesuksesan di bidang profesi, bisnis, dan usaha yang dijalani oleh orang yang bersangkutan? Menurut saya ada. Alasannya adalah :

  1. Dengan bekerja pada bidang yang sesuai dengan pola energi 5 Elemen-nya, maka orang akan bekerja dengan lebih nyaman dan gembira. Hal ini berbeda dengan orang yang tidak bekerja sesuai dengan pola energi-nya. Ia akan merasa tidak nyaman, tidak gembira, dan tertekan atau stress, sehingga tidak bisa berprestasi secara maksimal.
  2. Hal ini akan mengakibatkan ia bekerja lebih sungguh-sungguh, fokus, dan serius.
  3. Selanjutnya, hal ini akan membuat ia mampu berprestasi pada bidangnya.

Sebagai contoh, apakah semua orang dapat menjadi entrepreneur? Memang cukup banyak buku yang menulis tentang bagaimana menjadi entrepreneur, dan mengatakan bahwa semua orang bisa menjadi entrepreneur. Memang pada dasarnya bisa, tetapi belum tentu orang ybs. mempunyai pola energi 5 Elemen yang sesuai untuk menjadi seorang entrepreneur, sehingga ia belum tentu bisa berprestasi dan sukses. Mungkin ia akan lebih nyaman, gembira, bahagia, dan lebih sukses bila bekerja sesuai dengan pola energi yang dimiliknya.

Makanan Segar Dan Sehat Yang Cocok Untuk Energi 5 Elemen :

Setiap orang akan memerlukan energi elemen tertentu sesuai dengan profesi yang dijalankannya. Tetapi sebenarnya setiap orang memerlukan energi 5 Elemen. Berikut ini saran makanan yang cocok untuk masing-masing elemen :

  1. Elemen Ether – organ kepala dan leher : tempe segar, tape segar, beras merah, cabe merah, mentimun
  2. Elemen Udara – organ dada dan tangan : apel merah, tempe segar, beras merah, cabe merah, mentimun, air kelapa tua
  3. Elemen Api – organ hati dan pencernaan : kencur, beras merah, apel merah, air kelapa tua
  4. Elemen Air – organ ginjal dan reproduksi : pepaya, semangka, apel hijau, jambu biji, mentimun, tomat, labu, bengkuang, sawi putih, daun singkong, daun katuk, pete segar, cabe hijau, paprika, air kelapa tua
  5. Elemen Bumi – organ kaki : wortel, singkong, kentang, ubi, kacang panjang, buncis, toge, daun pepaya, pisang, terong, tomat

Makanan di atas sebaiknya dimakan segar. Bila tidak dapat dimakan segar, maka dapat dikukus seperti singkong, kentang, dan ubi. Bila direbus, maka energi 5 Elemen walau pun masih cukup sehat, tetapi akan berkurang atau ada yang hilang.

Salam Sehat Selalu

www.5Elemen.com

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.