The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen dan Rahasia Kecerdasan Majemuk

Hubungan Antara Energi 5 Elemen dan Kecerdasan Majemuk

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Saat ini, orang mulai sering membahas tentang kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligence. Saat ini kita sering mendengar tentang IQ, EQ, dan SQ yang menunjukkan tingkat kecerdasan logika, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spiritual. Ahli kecerdasan Howard Gardner menjelaskan bahwa manusia paling sedikit memiliki sembilan bidang kecerdasan.

Sembilan Kecerdasan Majemuk:

Kesembilan kecerdasan itu mencakup kemampuan imaginasi, logika, musik, berbicara, menulis, gerakan, dan berinteraksi dengan orang lain, yaitu:

  • Kecerdasan gerak tubuh: kecerdasan dalam mengendalikan keseimbangan gerakan tubuh dan ketrampilan dalam menggunakan berbagai peralatan dalam berbagai kegiatan dan pekerjaan.
  • Kecerdasan gambar dan ruang: kecerdasan dalam berimaginasi, membayangkan, serta menciptakan detil gambar secara 2 dimensi dan 3 dimensi.
  • Kecerdasan bahasa: kecerdasan dalam belajar dan memahami bahasa, berkomunikasi dengan kata-kata, serta kemampuan dalam mengolah kata.
  • Kecerdasan logika dan angka: kecerdasan dalam hal-hal yang membutuhkan kemampuan berhitung, pemahaman konsep matematika, serta logika berpikir.
  • Kecerdasan musik: kecerdasan dalam merasakan keindahan musik, bermain musik, menyerap dan menciptakan irama dan melodi.
  • Kecerdasan intrapribadi: kecerdasan dalam memahami perasaan dan menilai kemampuan diri sendiri, kemampuan membedakan danĀ  memahami berbagai jenis emosi dan kemampuan, dan dapat mengontrol serta menggunakan emosi-emosinya dan kemampuannya untuk tujuan yang positif.
  • Kecerdasan antarpribadi: kecerdasan untuk memahami perasaan dan kemampuan orang lain, bertoleransi, serta kemampuan bekerja sama dengan orang lain.
  • Kecerdasan alam: kecerdasan untuk memahami alam, mengamati, mengidentifikasi, mengklasifikasi bentuk-bentuk alam, dan kemampuan untuk menjaga kelestarian alam.

Kecerdasan Majemuk dan Energi 5 Elemen:

Setiap kecerdasan memerlukan satu atau beberapa energi 5 elemen. Sebagai contoh, kecerdasan antarpribadi membutuhkan energi elemen Air, Api, dan Udara. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

  • Kecerdasan gerak tubuh: Ini adalah kecerdasan elemen pertama Bumi dan elemen kedua Air.
  • Kecerdasan gambar dan ruang: Ini adalah kecerdasan elemen ketiga Api dan elemen keempat Udara.
  • Kecerdasan bahasa: Ini adalah kecerdasan elemen keempat Udara.
  • Kecerdasan logika dan angka: kecerdasan dalam hal-hal yang membutuhkan kemampuan berhitung, pemahaman konsep matematika, serta logika berpikir. Ini adalah kecerdasan elemen pertama Bumi.
  • Kecerdasan musik: Ini adalah kecerdasan elemen ketiga Api dan elemen keempat Udara.
  • Kecerdasan intrapribadi: Ini adalah kecerdasan elemen kedua Air.
  • Kecerdasan antarpribadi: Ini adalah kecerdasan elemen kedua Air, elemen ketiga Api, dan elemen keempat Udara.
  • Kecerdasan alam: Ini adalah kecerdasan elemen pertama Bumi, elemen kedua Air, dan elemen ketiga Api.

Kesembilan kecerdasan majemuk terdapat pada elemen pertama sampai elemen keempat. Kita masih memerlukan kecerdasan untuk elemen kelima Ether dan elemen keenam Kesadaran. Untuk melengkapi hal itu, saya ingin menambahkan kecerdasan lain, yaitu:

  • Kecerdasan holistik: yaitu kecerdasan mengenai alam semesta sebagai kesatuan dan keseluruhan yang tidak terpisah-pisah antara satu dengan yang lain, sebagai kesatuan energi dan materi. Ini diformulasikan oleh Einstein dalam hukum kekekalan energi e=mc2. Kecerdasan ini juga termasuk dalam melihat kehidupan sebagai hal yang universal. Melihat suatu peristiwa sebagai akibat dari peristiwa sebelumnya. Dapat memahami hukum sebab akibat. Saya memasukkannya sebagai kecerdasan elemen kelima Ether.
  • Kecerdasan kesadaran: yaitu kesadaran berpikir jernih sehingga bisa melihat dan membedakan yang baik dan yang buruk, akan tujuan hidup, dan bersedia memilih yang baik dalam menjalani hidup ini untuk mencapai tujuannya. Saya memasukkannya sebagai kecerdasan elemen keenam, yaitu elemen Kesadaran.

Salam Sehat Bahagia!

www.5elemen.com

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.