The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen dan Rahasia Kesehatan Alat Musik

Energi Sehat 5 Elemen pada Alat Musik

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Dalam tulisan yang lalu, saya telah membahas mengenai energi sehat pada lagu-lagu. Bagaimana dengan alat musik, apakah juga mempunyai energi sehat? Ternyata ada. Ada beberapa alat musik yang mempunyai energi sehat yang cukup tinggi.

Waktu masih sekolah di SMP, saya termasuk penggemar berat cerita silat. Cerita silat memang enak dibaca, apalagi bila ada unsur-unsur moral dan filsafat yang disisipkan dengan menarik. Salah satu judul cerita yang saya senangi berjudul Hina Kelana atau Pendekar Hina Kelana (Xiao Ao Jiang Hu) yang merupakan salah satu novel silat terbaik karya Cin Yung (Jin Yong) dan di Indonesia diterjemahkan oleh Gan K.L.. Hina Kelana yang menjadi judul novel ini adalah judul lagu yang dimainkan dengan alat musik suling dan kecapi.

Unsur yang menarik di buku ini adalah kisah persahabatan antara 2 orang sahabat yang sama-sama senang bermain musik. Uniknya, kedua sahabat ini berasal dari 2 aliran atau partai yang bermusuhan, yaitu Kik Yang (Qu Yang) dari partai Mo Kau yang dianggap partai sesat (walaupun orang-orangnya belum tentu sesat), dan temannya Lau Cing Hong (Liu Zheng Feng) yang berasal dari partai Heng San Pay yang dianggap partai lurus (walaupun orang-orangnya belum tentu lurus). Kik Yang senang memainkan alat musik suling. Sedangkan temannya senang memainkan kecapi. Karena mempunyai pandangan hidup dan hobi yang sama, mereka pun bersahabat, tanpa memperdulikan permusuhan di antara kedua partai. Mereka mengubah lagu yang indah, yaitu lagu Hina Kelana.

Tetapi sayangnya, partai ‘lurus’ tidak dapat menerima persahabatan yang tulus tersebut. Kedua sahabat ini dikejar-kejar oleh orang-orang dari partai ‘lurus’ dan akhirnya keduanya tewas. Sebelum meninggal, mereka sempat menitipkan hasil karya mereka pada seorang pemuda yang baik bernama Lenghou Tiong (Linghu Chong). Lenghou Tiong yang sedang terluka oleh tenaga dalam, kemudian secara tidak sengaja, memberikan buku lagu ini kepada seorang ‘nenek’ yang baik dan mahir memainkan kecapi dan suling. Untuk membalas jasanya, ‘nenek’ ini kemudian mengajarinya lagu ‘Jing-sim-boh-sian-ciu’ (lagu penyebar kebajikan dan pemurni pikiran), yang dimainkan dengan kecapi dan dapat membantu menyembuhkan sakitnya sedikit demi sedikit. ‘Nenek” ini sebenarnya adalah seorang gadis bernama Ing Ing yang cantik jelita. Pada akhir cerita, Lenghou Tiong menikah dengan sang gadis dan mereka merayakannya dengan memainkan lagu Hina Kelana menggunakan suling dan kecapi.

Suling dan kecapi merupakan alat musik yang mempunyai energi sehat. Beberapa alat musik lain yang mempunyai energi sehat adalah angklung, harpa, organ, dan harmonika. Angklung merupakan alat musik tradisional Indonesia. Harpa merupakan alat musik yang dimainkan oleh Daud untuk menyanyikan mazmur ketika menggembala domba sebelum menjadi raja. Organ adalah alat musik yang paling sering digunakan untuk mengiringi lagu di gereja. Sedangkan harmonika adalah alat musik yang sering digunakan pada lagu-lagu country.

beberapa alat musik yang sering digunakan untuk musik klasik seperti piano, biola, terompet, dan gitar, ternyata tidak mempunyai energi sehat yang cukup kuat.

Suling:

Suling mempunyai energi sehat 3 elemen, yaitu elemen Udara, Api, dan Air. Indeks Manfaat secara keseluruhan adalah +15. Berikut ini Indeks Manfaat dari suling pada masing-masing elemen, yaitu:

  • Elemen Udara = +5.
  • Elemen Api = +5.
  • Elemen Air = +5.

Kecapi:

Kecapi mempunyai energi sehat 4 elemen, yaitu Ether, Udara, Api, dan Air. Indeks Manfaat kecapi adalah +5. Indeks Manfaat untuk masing-masing elemen adalah:

  • Elemen Ether = +2.
  • Elemen Udara = +1.
  • Elemen Api =+1.
  • Elemen Air = +1.

Angklung:

Angklung mempunyai energi sehat 3 elemen, yaitu elemen Udara, Api, dan Air. Indeks Manfaat angklung adalah +5.  Indeks Manfaat untuk masing-masing elemen adalah:

  • Elemen Udara = +2.
  • Elemen Api = +2.
  • Elemen Air = +1.

Harpa:

Di Indonesia, tidak banyak orang yang ahli memainkan harpa. Maya Hasan termasuk harpist yang sering mengadakan konser musik dengan harpa. Harpa mempunyai energi sehat 2 elemen, yaitu elemen Api dan Air. Indeks Manfaat harpa adalah +10. Indeks Manfaat untuk masing-masing elemen adalah:

  • Elemen Api = +5.
  • Elemen Air = +5.

Organ:

Organ mempunyai energi sehat pada 3 elemen, yaitu elemen Api, Air, dan Bumi. Indeks Manfaat organ adalah +10. Indeks Manfaat untuk masing-masing elemen adalah:

  • Elemen Api = +3.
  • Elemen Air = +4.
  • Elemen Bumi = +3.

Harmonika:

Harmonika mempunyai energi sehat pada 2 elemen, yaitu elemen Air dan Bumi. Indeks Manfaat harmonika adalah +10. Indeks Manfaat untuk masing-masing elemen adalah:

  • Elemen Air = +5
  • Elemen Bumi = +5

Dari hasil analisa energi 5 elemen di atas, kita bisa mengetahui alat-alat musik yang dapat membantu meningkatkan energi sehat pada manusia. Bila dikombinasikan dengan lagu sehat, maka tentu dapat menghasilkan energi sehat yang lebih baik lagi.

Salam Sehat Bahagia!

www.5elemen.com

2 comments to Energi 5 Elemen dan Rahasia Kesehatan Alat Musik

  • teguhpambudi

    halo pak Aleysius,
    salam kenal.. kebetulan nyasar ke website bp wah, mengagumkan! dapat ilmu dari mana pak? alumni ITB (saya jg pak) kok punya ilmu kesehatan luarbiasa.. saya bakal sering baca2 nih..
    tapi mengenai energi kesehatan alat musik, karena saya hobi gitar, jadinya tiap pegang gitar rasanya tambah energi gitu..
    gitar tuh kan saudaranya kecapi dan harpa..

    oke pak, lain kali saya kirim komentar lagi..
    sukses..

  • aleysius

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Pak Teguh.
    Wah, sama-sama alumni ya, Pak.
    Kebetulan saya memang tertarik pada kesehatan alami, terutama setelah melewati usia 40-an.
    Saya merasa ada kesamaan antara energi sehat dengan energi elektromagnetik.
    Sebetulnya saya juga hobi gitar.
    Semua alat musik tentu mempunyai energi positif.
    Apalagi kalau lagunya juga mempunyai energi positif.
    Jadi saling memperkuat.
    Untuk gitar, Indeks Manfaatnya ada pada elemen Air dan Bumi, yaitu:
    elemen Air = +5.
    elemen Bumi = +5.
    Semoga bermanfaat untuk kesehatan Bapak.
    Salam Sehat Bahagia!
    aley

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.