The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen Dan Rahasia Kesehatan Pada Vegetarian

Apakah Menjadi Vegetarian Selalu Sehat ?

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Apakah seorang vegetarian pasti sehat ? Bukankah vegetarian sudah mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan ? Jawabannya, ya dan tidak. Ya, jika makanannya adalah makanan segar, dan bervariasi. Tidak, jika makanannya banyak mengandung lemak, bahan olahan, dan kurang variasi.

Seorang teman saya yang juga vegetarian, ternyata kesehatannya tidak terlalu baik. Dari hasil analisa energi 5 Elemen, ternyata energinya secara berturut-turut kurang pada elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi. Akibatnya teman ini sempat terkena stroke.

Apakah penyebabnya ? Salah satu penyebab utama adalah makanan bersantan dan berlemak. Semakin sering dimasak akan semakin merusak energi 5 Elemen, terutama elemen Ether (organ kepala dan tenggorokan) dan Udara (organ dada).  Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca pada artikel berikutnya : Pola Energi 5 Elemen.

Selain santan dan lemak, makanan yang digoreng terlalu lama juga akan menyebabkan makanan tersebut kehilangan aliran energi yang sehat, dan kehilangan energi 5 elemen, sehingga hanya numpang lewat ketika dimakan. Akibat selanjutnya, karena tidak bisa diserap tubuh, makanan yang tidak bisa dicerna akan menumpuk sebagai racun pada elemen Bumi. Lama kelamaan energi Bumi akan berkurang, sehingga kaki mulai sakit.

Makanan yang diawetkan atau menggunakan bahan pengawet juga tidak baik untuk kesehatan, karena sudah kehilangan energi 5 elemen. Jadi usahakan sedapat mungkin mengkonsumsi makanan yang segar.

Garam dan gula yang dikonsumsi secara berlebihan juga tidak dapat diserap oleh tubuh, dan akan menumpuk pada elemen Bumi. Ini juga akan menyebabkan energi Bumi berkurang, dan organ kaki sakit.

Selama menjalani vegetarian, saya cukup beruntung, karena istri jarang memasak makanan bersantan. Bila dimasak juga diusahakan bisa habis dalam 1 hari, sehingga tidak perlu dipanaskan berulang-ulang. Umumnya makanan ditumis, direbus, atau dimakan segar. Sampai sekarang tekanan darah dan kadar cholesterol masih dalam batas normal.

Tetapi ketika belum menikah, ada beberapa masalah makanan yang saya jalani. Yang pertama adalah makanan kurang bervariasi, terutama buah segar, karena kurangnya pengetahuan tentang makanan sehat.  Yang kedua adalah kurang disiplin dalam  jadwal makan, sehingga sempat terkena sakit mag. Yang ketiga adalah tidak disiplin minum air yang cukup, sehingga sempat ada butiran seperti pasir pada ginjal.

Jadi kesimpulannya, vegetarian tidak menjamin praktisinya pasti sehat. Perlu pola makanan yang :

  • Segar dan sehat, agar energinya bisa diserap oleh tubuh dengan baik
  • Bervariasi, baik buah maupun sayur, agar semua elemen mendapat energi yang seimbang dan cukup
  • Tidak berlebihan, mengkonsumsi garam dan gula secukupnya saja
  • Makan teratur, agar pencernaan tetap sehat
  • Minum air yang cukup dan sering, sebanyak 8 gelas atau 1 liter sehari

Salam Sehat Selalu

www.5Elemen.com

1 comment to Energi 5 Elemen Dan Rahasia Kesehatan Pada Vegetarian

  • salam sehat,

    pak alley, saya adalah praktisi food combining jadi secara otomatis pagi makan buah, siang protein hewan plus tahu tempe, sore nasi sayuran. tapi kok bisa turun drastis ya berat badan saya. apakah bisa dijaga dengan makanan sehat? bagaimana tanggapan bapak bahwa tidak semua unsur vitamin dan mineral bisa dicukupi dari vegetarian. terima kasih

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.