The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen Dan Rahasia Kesehatan Yoga Asanas

Rahasia Kesehatan Apa Yang Ada Di balik Gerakan Yoga Asanas ?

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Apa rahasia kesehatan yang ada di balik gerakan Yoga Asanas ? Apa hubungan antara energi 5 Elemen dan Yoga Asanas? Dalam tulisan ini, kita akan membahas rahasia kesehatan dan hubungannya dengan energi 5 Elemen.

Gerakan Yoga Asanas secara umum dibagi atas gerakan berdiri, duduk, membungkukkan tubuh ke depan, meregangkan tubuh ke belakang, gerakan membelit, kepala di bawah, dan berbaring.

Energi 5 Elemen pada Yoga Asanas :

Yoga Asanas mempunyai energi sehat berikut ini  :

  • energi pelancar untuk melancarkan energi mulai dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi (60%)
  • energi pembersih untuk membersihkan endapan racun (20%)
  • energi penguat untuk menguatkan organ-organ tubuh yang mulai lemah (15%)
  • energi penyehat untuk meningkatkan kesehatan (10%)
  • energi penyembuh untuk membantu penyembuhan (10%)
  • energi bahagia untuk menghilangkan stress (10%)
  • energi penyegar untuk menyegarkan tubuh yang lelah (10%)

Kita akan mengulas gerakan-gerakan Yoga Asanas yang bermanfaat untuk :

  • Melancarkan energi mulai dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi
  • Menyehatkan energi elemen Ether : kepala (saraf, otak, mata, telinga, hidung) dan tenggorokan (hormon, thyroid, amandel, getah bening)
  • Menyehatkan energi elemen Udara : dada, jantung, paru-paru, pernafasan, sirkulasi darah
  • Menyehatkan energi elemen Api : hati, pencernaan (atas)
  • Menyehatkan energi elemen Air : ginjal (atas), pankreas, reproduksi (kandungan, prostat), kandung kemih, empedu, darah, kulit, pencernaan (tengah), metabolisme
  • Menyehatkan energi elemen Bumi : kaki, tangan, otot, tulang, gigi, kuku, rambut, kulit, ginjal (bawah), pencernaan (bawah)

Melancarkan Energi 5 Elemen :

Berdiri :

Tadasana Samasthiti : berdiri lurus dan santai dengan kedua tangan di samping tubuh. Lakukan selama 5 menit. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Berbaring :

Savasana : berbaring lurus dan santai dengan kedua tangan di samping tubuh. Lakukan selama 5 menit. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Menyehatkan Energi Elemen kelima Ether :

Berdiri :

Tadasana Samasthiti + pernafasan sehat : berdiri lurus dan santai dengan kedua tangan di samping tubuh. Lakukan pernafasan sehat dengan menarik nafas perlahan-lahan selama 20 detik, tahan selama 20 detik, dan keluarkan selama 20 detik. Lakukan selama 10x. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Berbaring :

Savasana + pernafasan sehat : berbaring lurus dan santai dengan kedua tangan di samping tubuh. Lakukan pernafasan sehat dengan menarik nafas perlahan-lahan selama 20 detik, tahan selama 20 detik, dan keluarkan selama 20 detik. Lakukan selama 5 menit. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Kepala di Bawah :

Sirsasana : Ini merupakan gerakan yang sulit dan tidak setiap orang bisa melakukannya. Bila sulit melakukan, pilihlah gerakan lain yang lebih mudah. Carilah dinding yang kosong. Alas dengan kasur tipis atau alas kain tebal. Bungkukkan badan dan letakkan kepala di atas alas. Tautkan kedua tangan, dan letakkan di kiri dan kanan kepala. Naikkan kaki perlahan-lahan sambil menjaga keseimbangan. Sandarkan lurus di dinding. Lakukan selama 5 menit atau 5 x 1 menit. Selain elemen Ether, Sirsasana juga bermanfaat untuk menyehatkan elemen Udara, Api, dan Air. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Sarvangasana : berbaring lurus, kedua kaki perlahan-lahan diangkat lurus ke atas, tahan pinggul dengan kedua tangan. Lakukan selama 5 menit atau 5 x 1 menit. Selain elemen Ether, Sarvangasana juga menyehatkan elemen Udara dan Api. Indeks manfaat = +5 s/d +10.

Menyehatkan Energi Elemen keempat Udara :

Berdiri :

Trikonasana (posisi segitiga) : berdiri lurus, kemudian tubuh dimiringkan ke kanan, ujung tangan kanan menyentuh ujung jari kaki kanan, dan tangan kiri lurus di samping kepala sejajar dengan lantai dan membentuk sudut siku dengan tangan kanan. Setelah 1 menit, posisi diganti dengan memiringkan tubuh ke kiri selama 1 menit. Lakukan masing-masing 5 x 1 menit. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Menyehatkan Energi Elemen ketiga Api :

Membungkukkan Tubuh ke Depan :

Padangusthasana : berdiri lurus dengan kedua tangan lurus ke atas, kemudian perlahan-lahan tubuh dibungkukkan ke depan dan kedua ujung jari tangan menyentuh kedua ujung jari kaki. Lakukan selama 5 menit atau 5 x 1 menit. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Menyehatkan Energi Elemen kedua Air :

Duduk :

Paschimottanasana : duduk dengan kedua kaki lurus ke depan, kedua tangan lurus ke atas, kemudian perlahan-lahan tubuh dibungkukkan ke depan dan kedua ujung jari tangan menyentuh kedua ujung jari kaki. Lakukan selama 5 menit atau 5 x 1 menit. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Berbaring :

Urdhva Mukha Svanasana : berbaring lurus dengan posisi telungkup di lantai. Posisi ujung kaki menyentuh lantai. Perlahan-lahan, dorong badan ke atas dengan kepala mendongak ke atas. Badan melengkung ke belakang dengan kaki lurus dan ujung jari kaki menyentuh lantai. Lakukan selama 5 menit atau 5 x 1 menit. Indeks manfaat = +5 s/d +10.

Menyehatkan Energi Elemen pertama Bumi :

Duduk :

Swastikasana : duduk dengan punggung lurus, silangkan kaki kanan di atas kaki kiri, tangan kiri memegang lutut kiri, dan tangan kanan memegang lutut kanan. Lakukan selama 5 menit. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Virasana : duduk dengan punggung lurus, kedua kaki ditekuk ke belakang sehingga kedua betis ada di bawah kedua paha. Kedua tangan lurus ke depan memegang kedua lutut. Lakukan selama 5 menit. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Padmasana : duduk dengan punggung lurus, kaki kanan diletakkan pada paha kiri, kaki kiri disilangkan di atas kaki kanan dan diletakkan di atas paha kanan. Gerakan ini lebih sulit dari swastikasana. Lakukan selama 5 menit. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Berbaring :

Viparita Karani : berbaring lurus, angkat kaki 90 derajat, sehingga membentuk siku dengan badan. Kaki juga bisa disandarkan ke dinding. Lakukan selama 5 menit. Indeks Manfaat = +5 s/d +10.

Kombinasi Dengan Pernafasan Sehat :

Untuk menambah manfaat kesehatan, maka gerakan-gerakan di atas seperti Tadasana Samasthiti, Savasana, Swastikasana,  dan Virasana, dapat dikombinasikan dengan pernafasan sehat dari artikel sebelumnya.

Salam Sehat Selalu

www.5elemen.com

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.