The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen Dan Standar WHO

Energi 5 Elemen, Keajaiban Angka 1.000, dan Standar Kesehatan WHO

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Hari Sabtu yang lalu, tanggal 14 Maret 2009, saya diajak oleh Pak Edy Zaqeus untuk bertemu dengan Pak Libertus S. Pane, Praktisi dan Trainer di bidang SDM, yang baru saja menerbitkan bukunya yang luar biasa berjudul “The Winner’s Attitudes : 21 Prinsip Membangun Semangat & Keberhasilan di Dunia Kerja”.

Hal yang menarik dari buku Pak Libertus adalah adanya satu bab khusus yang membahas tentang pentingnya kesehatan. Menurut Pak Libertus, orang harus sehat agar bisa sukses dan berhasil. Judul bab tersebut adalah “Keajaiban Angka 1.000″. Di dalamnya terdapat standar kesehatan WHO.

Keajaiban Angka 1.000 :

Apa yang membuat angka 1.000 ini menjadi angka ajaib? Berikut ini ilustrasi dari Pak Libertus. Kehidupan kita ibarat uang bernilai 1.000. Angka 1 mewakili kesehatan, angka 0 pertama mewakili uang, angka 0 kedua mewakili usaha, dan angka 0 ketiga mewakili jabatan atau kekuasaan.

Jika kita kehilangan jabatan atau kekuasaan, kita masih memiliki uang dan usaha. Jika kita kehilangan usaha, kita masih memiliki uang. Lalu bagaimana jika uang kita ikut lenyap? Tetaplah mengucap syukur, karena kita masih memiliki kesehatan! Bagaimana kalau sebaliknya kesehatan (angka 1) yang lebih dahulu hilang? Jelas, semua yang lain, yaitu uang, usaha, dan kekuasaan, menjadi kurang berarti.

Jadi jelaslah bahwa dalam hidup ini, kesehatan lebih penting dibandingkan yang lain.

energi 5 Elemen Dalam Standar WHO :

Apa saja yang menjadi standar kesehatan WHO ? Mari kita lihat satu per satu, yaitu :

  1. Penuh semangat dan gairah, dapat menjalankan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari dengan leluasa tanpa merasa tertekan.
  2. Menangani segala hal secara optimis, bersikap positif, dengan senang hari memikul tugas dan tidak menampiknya.
  3. Cukup istirahat, kualitas tidur baik.
  4. Berkemampuan tinggi menghadapi segala perubahan, dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.
  5. Memiliki daya tahan terhadap pilek dan penyakit menular umum.
  6. Berat badan normal, postur tubuh seimbang, perbandingan kepala, lengan, dan pinggul serasi.
  7. Mata jeli, mencerminkan kegesitan, kelopak mata tidak infeksi.
  8. Gigi bersih dan utuh, tidak sakit, warna gusi normal, tidak berdarah.
  9. Rambut bersih mengkilap, tidak berketombe.
  10. Otot dan kulit elastis, langkah ringan.

Bagaimana hubungannya dengan energi 5 Elemen ? Mari kita lihat hubungannya.

  1. Penuh semangat diwakili oleh energi elemen Api yang menyala-nyala beserta organ hati dan organ pencernaan yang sehat. Sedangkan penuh gairah diwakili oleh energi elemen Air yang siap mengalir membina hubungan baik dengan orang lain, dan ditunjang oleh organ ginjal dan reproduksi yang sehat. Tidak tertekan diwakili oleh energi elemen Bumi yang stabil, dan organ kaki yang sehat.
  2. Optimis diwakili oleh energi elemen Udara yang penuh, serta organ jantung dan paru-paru yang sehat. Positif diwakili oleh energi elemen Api yang penuh semangat, serta organ hati dan pencernaan yang sehat. Senang hati diwakili oleh energi elemen Air yang siap menjalin hubungan baik dengan orang lain, serta organ ginjal dan reproduksi yang sehat.
  3. Istirahat yang cukup dan tidur yang nyenyak diwakili oleh energi elemen Ether yang cukup, serta organ tenggorokan dan kepala yang sehat.
  4. Berkemampuan tinggi menghadapi segala perubahan diwakili oleh elemen Bumi yang kokoh dan stabil. Dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan diwakili oleh elemen Air yang siap mengalir.
  5. Memiliki daya tahan terhadap pilek diwakili oleh energi elemen Air yang kuat. Memiliki daya tahan terhadap penyakit menular diwakili oleh energi elemen Api dan elemen Air yang kuat.
  6. Berat badan normal, postur tubuh seimbang, perbandingan kepala, lengan, dan pinggul serasi, diwakili oleh energi 5 Elemen yang mengalir lancar dan seimbang pada seluruh elemen.
  7. Mata jeli diwakili oleh energi elemen Air dan Ether yang sehat.
  8. Gigi bersih dan sehat diwakili oleh energi elemen Air, Udara, dan Api yang sehat.
  9. Rambut sehat diwakili oleh energi elemen Bumi, Air, dan Api yang sehat.
  10. Otot elastis dan sehat diwakili oleh energi elemen Air, Api, dan Udara. Kulit elastis dan sehat diwakili oleh energi elemen Ether. Sedangkan kaki melangkah ringan diwakili oleh energi elemen Bumi.

Makanan Segar Dan Sehat Yang Cocok Untuk Energi 5 Elemen :

  1. Elemen Ether – organ kepala dan leher : tempe segar, tape segar, beras merah, cabe merah, mentimun
  2. Elemen Udara – organ dada dan tangan : apel merah, tempe segar, beras merah, cabe merah, mentimun, air kelapa tua
  3. Elemen Api – organ hati dan pencernaan : kencur, beras merah, apel merah, air kelapa tua
  4. Elemen Air – organ ginjal dan reproduksi : pepaya, semangka, apel hijau, jambu biji, mentimun, tomat, labu, bengkuang, sawi putih, daun singkong, daun katuk, pete segar, cabe hijau, paprika, air kelapa tua
  5. Elemen Bumi – organ kaki : wortel, singkong, kentang, ubi, kacang panjang, buncis, toge, daun pepaya, pisang, terong, tomat

Makanan di atas sebaiknya dimakan segar. Bila tidak dapat dimakan segar, maka dapat dikukus seperti singkong, kentang, dan ubi. Bila direbus, maka energi 5 Elemen walau pun masih cukup sehat, tetapi akan berkurang atau ada yang hilang.

Salam Sehat Selalu

www.5Elemen.com

2 comments to Energi 5 Elemen Dan Standar WHO

  • libertus

    wah, saya sangat tersanjung, buku saya bisa membantu bapak untuk menjelaskan elemen-elemen kesehatan. semoga masalah kesehatan semakin mendapat perhatian banya orang. hal ini juga menjadi perjuangan saya, karena dari kecil merupakan pelanggan sakit. saya bersyukur bertemu pak Aley, sehingga semangat bergaya hidup sehat saya semakin menyala lagi. GBU, salam sehat selalu.

  • aleysius

    Terima kasih atas inspirasi buku Pak Libertus : The Winner’s Attitudes. Memang kesehatan ternyata nomor 1 dibandingkan yang lain. Semoga tambah sehat, Pak. GBU. Salam Sehat Selalu.

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.