The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen Dan Suplemen

Energi 5 Elemen Pada Suplemen

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Dalam majalah “Dokter Kita” edisi bulan Desember 2008, ada artikel menarik tentang suplemen. Apakah semua suplemen sehat dan bermanfaat ? Belum tentu. Berikut ini komentar dari seorang ahli farmakologi :

Obat tradisional dan suplemen makanan
seharusnya bebas dari kandungan bahan kimia obat keras.
Alasannya,
bila komposisinya tidak tepat dan dalam jumlah berlebih,
dapat membahayakan kesehatan
bahkan beresiko mematikan.

Prof.Dr. Iwan Darmansjah SpFK, ahli farmakologi

Jadi, pada prinsipnya, seharusnya semua suplemen – termasuk minuman berenergi -  dan obat tradisional tidak mengandung bahan kimia, dan hanya dibuat dari tumbuhan saja. Tetapi kenyataannya tidak demikian.

Prof. Iwan telah melakukan penelitian terhadap produk suplemen. Menurut Beliau, dari ratusan jenis suplemen yang beredar di pasaran saat ini, hanya sebagian kecil yang efektif dan aman dikonsumsi. Oleh sebab itu, Beliau menghimbau, agar konsumen tidak mudah terbujuk oleh suplemen. Suplemen bukanlah obat, sehingga bebas diperjualbelikan tanpa perlu dibuktikan kefektifan dan keamanannya oleh produsen. Produk obat yang gagal memenuhi syarat kategori obat, bisa dialihkan menjadi suplemen oleh produsennya. Padahal, suplemen tidak boleh mengandung bahan obat.

Suplemen Yang Bermanfaat :

Suplemen yang bermanfaat adalah suplemen yang memang dibuat dari tumbuhan murni tanpa campuran bahan kimia. Contohnya :

  • bekatul yang dibuat dari beras
  • serat tumbuhan untuk memperlancar pencernaan
  • jamu-jamu yang dibuat tanpa campuran bahan kimia dan diproses dengan baik

Energi 5 Elemen Pada Suplemen Yang Baik :

Teman saya menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan, dan memang tidak terlihat efek samping. Bila diperiksa dengan energi 5 Elemen, maka energinya masih mengalir dengan lancar dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi. Bila diproses dengan baik, yaitu tanpa pemanasan tinggi, maka suplemen ini masih mempunyai energi yang kuat pada elemen tertentu, sesuai dengan fungsi yang seharusnya.

Efek Negatif Suplemen :

Istri penulis pernah tertarik mengkonsumsi produk sebuah suplemen, karena kata penjualnya, bisa membuat segar terus walau pun sibuk kerja. Pada waktu itu, saya belum mempraktekkan energi 5 Elemen. Istri saya kemudian mulai mengkonsumsi. Apa yang terjadi ? Ternyata suplemen tersebut mengaktifkan kelenjar thyroid di leher, sehingga mengakibatkan hiperthyroid. Akhirnya istri saya perlu waktu berbulan-bulan untuk meredakan hiperthyroidnya, dengan mengkonsumsi obat dokter, dan mentimun pahit.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, adalah penggunakan suplemen yang overdosis. Suplemen seringkali dianjurkan oleh penjualnya untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak agar cepat habis. Ketika istri saya komplain mengenai munculnya hiperthyroid pada lehernya, sang penjual malah menganjurkan agar mengkonsumsi suplemen lebih banyak lagi. Untung saja istri saya tidak menurutinya. Kalau dituruti, entah apa yang terjadi.

Bila cuaca sering hujan dan dingin, kita dapat menggunakan jahe, karena jahe mempunyai energi panas yang bermanfaat bila tubuh kebanyakan energi dingin. Salah satu suplemen yang mengandung jahe adalah bandrek. Selama ini saya minum suplemen bandrek, tidak ada masalah. Tetapi teman saya yang minum suplemen bandrek dari merek berbeda, pernah merasa kepalanya seolah-oleh membesar dan jantungnya berdegup lebih kencang. Setelah pergi ke dokter, baru ketahuan bahwa tekanan darahnya naik dari normalnya 120 menjadi 180. Ketika saya memeriksa energi 5 Elemen dari suplemen ini, ternyata suplemen ini dapat merusak energi elemen Ether (organ kepala dan leher) serta elemen Udara (organ dada, jantung).

Energi 5 Elemen Pada Suplemen Yang Berbahaya :

Setelah saya menjadi praktisi energi 5 Elemen, saya memeriksa kembali suplemen yang masih tersisa, dan mendapati bahwa suplemen tersebut bukannya menyehatkan, tetapi justru merusak energi elemen Ether pemakainya. Organ tubuh yang berhubungan dengan elemen Ether adalah kepala dan tenggorokan. Tidak heran istri saya mengalami hiperthyroid. Jadi selain aliran energi 5 Elemen tidak mengalir lagi, energinya juga merusak energi elemen pada diri kita.

Apa Yang Perlu Diperhatikan Bila Menggunakan Suplemen ?

  • Perhatikan khasiat dari suplemen tersebut, apakah memang masuk akal atau dilebih-lebihkan oleh cara-cara pemasaran yang dapat memperdaya konsumen.
  • Berhati-hatilah pada iklan promosi yang menjanjikan sesuatu yang sifatnya instan. Efek dari tumbuh-tumbuhan umumnya bersifat jangka panjang dan efeknya baru terlihat dalam jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan obat. Bila promosinya menjanjikan efek yang instan, kemungkinan suplemen tersebut mengandung bahan kimia.
  • Perhatikanlah komposisinya, apakah memang murni atau tidak. Periksalah apakah ada tambahan bahan kimia, pewarna, pemanis, penambah vitamin.
  • Bila perlu, tanyalah pada dokter yang dapat menjelaskan apakah suplemen tersebut baik untuk dikonsumsi atau tidak
  • Perhatikan dosis pemakaian. Berhati-hatilah dengan dosis yang tertulis. Bila bertujuan komersial, maka dosis akan dibuat lebih besar dari yang seharusnya dikonsumsi.
  • Bila memang Anda tertarik dan ingin mencoba, cobalah dengan dosis rendah dahulu. Perhatikan apakah ada efeknya pada tubuh anda. Bila ada efek negatip, segera hentikan.

Makanan Segar vs. Suplemen :

Bila suplemen tersebut dibuat dari buah atau sayur yang ada di pasaran, sebaiknya Anda mengkonsumsi langsung makanan segar tersebut, karena energi 5 Elemen-nya pasti lebih sempurna. Bagaimana pun, makanan yang telah diproses energinya akan menurun dibandingkan dengan makanan segar.

Salam Sehat Selalu

www.5Elemen.com

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.