The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen, Kesehatan Jantung, Dan Cholesterol

Makanan Sehat 5 Elemen Untuk Kesehatan Jantung Dan Cholesterol

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Untuk sehat, ada 2 jenis cholesterol di dalam darah yang harus kita perhatikan, yaitu LDL dan HDL. Kesehatan kita tidak terganggu selama kadar LDL rendah dan HDL tinggi. Selain itu, kadar asam lemak Triglyceride di dalam darah juga harus rendah.
Triglyceride adalah sejenis lemak di dalam darah. Triglyceride berasal dari energi atau kalori yang tersisa dari makanan, dan disimpan sebagai sel lemak yang akan digunakan bila diperlukan. Bila makanan kita menghasilkan energi atau kalori yang lebih besar dari yang kita butuhkan, maka kadar triglyceride di dalam darah akan tinggi.

Energi 5 Elemen, Cholesterol Dan Triglyceride :

Terganggunya keseimbangan cholesterol dan triglyceride akan menurunkan energi pada elemen Udara, Api, dan Air. Hal ini akan mengganggu organ dada pada elemen Udara, yaitu jantung, organ hati dan pencernaan pada elemen Api, dan organ empedu pada elemen Air.

Asam Lemak Jenuh Dan Asam Lemak Tak Jenuh (Omega-3 Dan Omega-6) :

Keseimbangan LDL, HDL, dan Trigliceride akan terganggu, bila kita banyak memakan makanan yang mengandung asam lemak jenuh. Asam lemak jenuh biasanya terdapat pada makanan yang sudah diproses seperti minyak goreng, mentega, margarin, makanan yang digoreng.

Untuk menetralisir asam lemak jenuh ini, kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh, yaitu Omega-3 dan Omega-6. Menurut penelitian, Asam Lemak Tak Jenuh Omega-3 dapat menyeimbangkan level LDL,HDL, dan Triglyceride di dalam darah. Selain itu, mekanan yang mengandung Asam Lemak Tak Jenuh Omega-6 juga dianjurkan oleh AHA (American Heart Association) untuk menjaga keseimbangan chlolesterol di dalam darah.

Makanan Segar Dan Makanan Yang Dipanaskan Atau Digoreng :

Makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh adalah makanan segar yang belum diproses, terutama belum dipanaskan dan digoreng. Bila digoreng, maka asam lemak tak jenuh yang ada pada makanan tersebut akan berubah menjadi asam lemak jenuh.

Sebagai contoh, santan yang baru diperas dari kelapa dan belum dipanaskan sebenarnya merupakan asam lemak tak jenuh Omega-3 dan Omega-6 yang dapat menyeimbangkan cholesterol dan menyehatkan untuk jantung kita. Tetapi begitu dipanaskan, akan mulai berubah menjadi asam lemak jenuh yang mengganggu cholesterol dan membahayakan jantung kita.

Kunci Untuk Menyeimbangkan Cholesterol :

Jadi kunci untuk menyeimbangkan kadar cholesterol dan triglyceride di dalam darah adalah dengan mengkonsumsi makanan segar yang mengandung banyak lemak tak jenuh.

Makanan Segar Yang Mengandung Lemak Tak Jenuh Omega-3 Dan Omega-6 :

Semua makanan ini sebaiknya dimakan atau diminum segar agar mendapat manfaat Omega-3 dan Omega-6 yang optimal. Bila dipanaskan, kadar Omega-3 dan Omega-6 akan berkurang atau hilang, dan bila dipanaskan secara berlebihan, akan berubah menjadi asam lemak jenuh yang justru berbahaya bagi jantung kita.

Dari analisa energi 5 Elemen, didapatkan makanan sehat berikut beserta Indeks Manfaat-nya:

  • Apel Merah (+5)
  • Alpukat (+5)
  • Air Kelapa Tua (+5)
  • Tempe Segar (+10)
  • Sawo (+10)
  • Tape Singkong (+1)
  • Beras Merah (+5)
  • Bayam (+1)

Energi 5 Elemen Pada Makanan Sehat Untuk Jantung :

Apel Merah :

Mempunyai energi penyembuh untuk elemen Udara, Api, dan Air. Hal ini berarti apel merah sangat baik untuk menyembuhkan organ dada pada elemen Udara, yaitu paru-paru dan jantung, organ pencernaan dan hati pada elemen Api, dan organ pankreas pada elemen Air.

Alpukat :

Mempunyai energi penyehat untuk elemen Udara, Api, dan Air. Hal ini berarti alpukat sangat baik untuk menyehatkan organ dada pada elemen Udara, yaitu jantung dan paru-paru organ hati dan pencernaan pada elemen Api, dan organ pankreas pada elemen Air.

Air Kelapa Tua :

Mempunyai energi penyegar untuk elemen Udara, Api, dan Air. Hal ini berarti air kelapa tua dapat memulihkan energi organ dada pada elemen Udara, yaitu jantung dan paru-paru, organ pencernaan dan hati pada elemen Api, serta organ ginjal pada elemen Air.

Tempe Segar :

Mempunyai energi penguat untuk elemen Ether, Udara, dan Api. Jadi selain untuk organ kepala dan tenggorokan pada elemen Ether, tempe juga dapat menguatkan organ dada pada elemen Udara, yaitu jantung dan paru-paru.

Tape :

Mempunyai energi penyegar untuk elemen Ether, Udara, dan Api. Jadi sama seperti tempe, tape juga dapat menyegarkan dan memulihkan energi organ dada pada elemen Udara, yaitu jantung dan paru-paru. Selain itu tape juga mempunyai energi bahagia atau energi penghilang stres yang dapat mengurangi dan menghilangkan stress.

Beras Merah :

Beras merah mempunyai energi penguat untuk elemen Ether, udara, dan Api. Jadi selain untuk organ kepala dan tenggorokan pada elemen Ether, beras merah juga dapat menguatkan organ dada pada elemen Udara, yaitu jantung dan paru-paru.

Bayam :

Bayam mempunyai energi penguat untuk elemen Air, Api, dan Udara. Jadi selain untuk memperkuat organ reproduksi pada elemen Air, organ hati dan pencernaan pada elemen Api, bayam juga dapat memperkuat organ dada pada elemen Udara, yaitu jantung dan paru-paru.

Makanan Tambahan 5 Elemen Untuk Menyehatkan Jantung :

Pepaya :

Pepaya mempunyai energi pelancar untuk melancarkan energi mulai dari elemen Udara, Api, Air, dan Bumi. Hal ini akan membantu keseimbangan energi organ dada pada elemen Udara, yaitu jantung dan paru-paru, organ hati dan pencernaan pada elemen Api, organ pankreas, ginjal, serta organ reproduksi pada elemen Air.

Wortel :

Wortel mempunyai energi pelancar untuk melancarkan energi mulai dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi. Hal ini akan membantu keseimbangan energi organ dada pada elemen Udara, yaitu jantung dan paru-paru, organ hati dan pencernaan pada elemen Api, organ pankreas, ginjal, dan reproduksi pada elemen Air, serta kaki pada elemen Bumi.

Salam Sehat Selalu

www.5elemen.com

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.