The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen, Makanan Sehat, Obat, dan Suplemen

Hubungan antara Energi 5 Elemen, Makanan Sehat, Obat, dan Suplemen

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Dalam tulisan ini, kita akan membahas hubungan antara energi 5 elemen, makanan sehat, obat, dan suplemen. Mungkin banyak di antara kita masih bingung dengan persamaan dan perbedaan dari ketiganya. Saya juga pernah demikian. Tetapi dengan analisa energi 5 elemen, maka kita dapat membedakannya.

Makanan Sehat :

Ciri-ciri makanan sehat :

  1. Merupakan makanan yang mempunyai energi sehat 5 elemen yang mengalir lancar dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi.
  2. Bersifat stabil dan sehat, sehingga dapat menyehatkan energi pada elemen tertentu dan organ tertentu.
  3. Mempunyai Indeks Manfaat (IM-E5E) yang positif, misalnya : tape singkong segar = +30, untuk elemen Ether pada organ otak dan tiroid.
  4. Dapat dikonsumsi setiap hari

Obat :

Ciri-ciri obat :

  • Tidak mempunyai energi 5 elemen yang mengalir lancar.
  • Dapat menyehatkan organ tubuh dalam selang waktu tertentu, misalnya : dengan mengkonsumsi selama 1 s/d 5 hari. Bila dikonsumsi lebih dari 5 hari, maka dapat melemahkan organ tubuh lainnya. Jadi bila tidak sembuh dalam 5 hari, sebaiknya obat diganti dengan yang lebih cocok.
  • Bersifat aktif atau pasif, sehingga dapat membuat elemen dan organ tertentu lebih aktif atau lebih pasif. Contoh, obat tidur akan membuat otak dan saraf menjadi lebih pasif. Hal ini dapat menyehatkan orang yang susah tidur, tapi hanya bersifat sementara. Bila dikonsumsi terus, akan menyebabkan otak dan saraf menjadi tidak sehat lagi karena terlalu pasif. Contoh lain, obat antibiotik sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit flu berat atau penyakit lainnya. Tetapi bila sering dipakai, akan mengaktifkan pencernaan sehingga dapat mengganggu pencernaan.
  • Mempunyai Indeks Manfaat yang positif pada awalnya dan hanya cocok bagi penderita sakit, tetapi akan menurun setelah beberapa hari, dan biasanya akan negatif setelah lebih dari 5 hari. Sebagai contoh : obat flu akan mempunyai Indeks Manfaat positif bagi penderita flu selama 3 hari. Bila dikonsumsi terus, setelah lebih dari 1 minggu obat flu akan mempunyai Indeks Manfaat negatif.
  • Harus dikonsumsi pada dosis yang tepat sesuai dengan yang petunjuk dokter. Bila tidak tepat, maka akan terjadi efek samping karena ada organ yang menjadi terlalu aktif atau pasif.
  • Untuk obat yang dikonsumsi secara rutin, misalnya untuk penderita tekanan darah tinggi, sebaiknya pada 1 minggu pertama dosis diminum sesuai petunjuk dokter, sambil mengkonsumsi makanan sehat. Setelah kondisi tubuh membaik, sebaiknya dosis diturunkan dengan berkonsultasi pada dokter. Misalnya : pada awalnya 1x sehari, setelah kondisi tubuh membaik, dosis diturunkan.

Suplemen :

Suplemen ada yang termasuk dalam makanan sehat, dan ada yang termasuk dalam golongan obat. Untuk itu, pengguna suplemen sebaiknya memeriksa dengan teliti kandungan dan cara pemakaiannya.

Walau pun ada suplemen yang terbuat dari herbal, tetapi sudah dikeringkan, sehingga dosisnya menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi segar. Bila ragu-ragu, sebaiknya mencoba dengan dosis rendah dahulu. Bila cocok, bisa dilanjutkan. Setelah 1 minggu, sebaiknya dosis dievaluasi kembali, apakah bisa diturunkan.

Dari suplemen yang pernah saya analisa dengan Indeks Kecocokan Energi 5 Elemen, ada suplemen yang boleh dikonsumsi 3 hari sekali, ada juga yang hanya perlu dikonsumsi 1 minggu sekali atau sebulan 4 kali. Ada juga suplemen yang hanya perlu dikonsumsi sebulan sekali. Bahkan ada juga yang hanya perlu dikonsumsi 2 kali setahun, jadi 6 bulan sekali.

Untuk suplemen yang mengandung bahan kimia, sebaiknya lebih hati-hati, karena sifatnya lebih keras dan menyerupai obat. Jadi tidak boleh dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan dan dalam jangka waktu lama.

Salam Sehat Selalu

www.5elemen.com

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.