The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen: Manfaat Tempe Segar yang Luar Biasa

Tempe Segar: Makanan Sehat yang Luar Biasa

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Tempe merupakan makanan tradisional Indonesia yang sudah berusia lebih dari 1.000 tahun. Tempe sebenarnya hanya bisa difermentasi di daerah dengan temperatur yang hangat seperti Indonesia. Tetapi karena dianggap makanan yang luar biasa, cara membuat tempe juga dipelajari di Jepang dan kabarnya sudah dipatenkan. Tetapi saya tidak begitu jelas dalam hal apa dipatenkan. Mungkin proses membuat tempe di daerah dengan 4 musim seperti di Jepang.

Tempe dibuat dari kacang kedele yang direbus, kemudian difermentasi. Fermentasi merupakan teknik untuk mengawetkan makanan yang dilakukan secara tradisional tanpa bahan pengawet. Fermentasi membuat makanan tetap sehat dan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Tetapi tempe sering dipandang dengan sebelah mata, karena dianggap makanan murah dan mudah dibuat di Indonesia. Selain itu, kata ‘tempe’ juga sering digunakan untuk mengejek diri sendiri sebagai ‘bangsa tempe’. Tetapi seharusnya kita bangga dengan makanan sehat ini dan bangga dengan sebutan ‘bangsa tempe’. Mengapa? Karena dari analisa energi 5 elemen, tempe merupakan makanan berenergi sehat dengan manfaat luar biasa. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Tempe Segar dengan Energi Sehat 4 Elemen:

Tempe mempunyai energi sehat dari 4 elemen, yaitu Ether, Udara, Api,d an Air. Tidak banyak makanan sehat yang mempunyai energi dari beberapa elemen sekaligus. Makanan sehat seperti ini di antaranya adalah pepaya dan wortel. Pepaya mempunyai energi sehat 4 elemen, dan wortel mempunyai energi sehat 5 elemen.

Tempe bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan organ-organ tubuh pada elemen Ether, Udara, Api, dan Air. Organ pada elemen Ether yang mendapat manfaat dari tempe adalah hormon, yaitu mengatur keseimbangan hormon tiroid, dan hormon reproduksi, baik wanita maupun pria. Selain itu juga meningkatkan daya tahan tubuh dengan menyehatkan kelenjar getah bening. Organ pada elemen Udara yang mendapat manfaat dari tempe adalah jantung. Sedangkan pada elemen Api, organ yang mendapat manfaat adalah pusat dari arteri dan vena atau pembuluh darah. Pada elemen Air, tempe segar juga menyehatkan ginjal dan pankreas.

Untuk mengukur energi sehat dari tempe segar, saya akan menggunakan Indeks Manfaat dan Indeks Kecocokan. Indeks Manfaat menunjukkan besarnya manfaat suatu makanan sehat untuk meningkatkan Indeks Sehat atau tingkat kesehatan seseorang. Sedangkan Indeks Kecocokan menunjukkan tingkat kecocokan makanan sehat ini terhadap kesehatan.

Berikut ini hasil analisa manfaat tempe berdasarkan Indeks Manfaat (IM) dan Indeks Kecocokan (IK) dari energi sehat tempe terhadap kesehatan manusia:

Elemen Kelima – Ether:

Elemen Ether: Indeks Manfaat = +30, Indeks Kecocokan = +70%

  • Antioksidan: Indeks Manfaat = +15, Indeks Kecocokan = +20%
  • Keseimbangan hormon tubuh: Indeks Manfaat = +25, Indeks Kecocokan = +20%
  • Tiroid: Indeks Manfaat = +20, Indeks Kecocokan = +30%
  • Getah Bening: Indeks Manfaat = +30, Indeks Kecocokan = +20%
  • Hormon Reproduksi: +15, Indeks Kecocokan = +20%

Elemen Keempat – Udara:

Elemen Udara: Indeks Manfaat = +25, Indeks Kecocokan = +40%

  • Jantung: Indeks Manfaat = +25, Indeks Kecocokan = +40%

Elemen Ketiga – Api:

Elemen Api: Indeks Manfaat = +20, Indeks Kecocokan = +25%

  • Asam Lemak Tak Jenuh (Omega-3 dan Omega-6): IM = +20, Indeks Kecocokan = +20%
  • Pusat Arteri dan Vena: IM = +10, Indeks Kecocokan = +20%
  • Menyehatkan arteri dan vena dari endapan kholesterol: IM = +10, Indeks Kecocokan = +20%

Elemen Kedua – Air:

Elemen Air: Indeks Manfaat = +5, Indeks Kecocokan = +20%

  • Pankreas dan Karbohidrat Kompleks: IM = +5, Indeks Kecocokan = +20%.
  • Ginjal dan Protein Sehat: IM = +5, Indeks Kecocokan = +20%.

Perbandingan dengan Makanan Sehat Lainnya:

Kita akan membandingkan manfaat tempe satu per satu dengan makanan sehat lainnya seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu juga dengan nasi putih, gula, ikan, telur dan daging.

1. Antioksidan:

Sayur-sayuran dan buah-buahan dipercaya mengandung antioksidan yang tinggi. Tetapi dari analisa energi 5 elemen, antioksidan yang dari sayur dan buah mempunyai Indeks Manfaat paling tinggi hanya +5 saja. Sedangkan tempe mempunyai Indeks Manfaat +15. Yang dapat mengalahkan tempe hanya beras merah dengan Indeks Manfaat +30.

2. Asam Lemak Tak Jenuh (Omega-3 dan Omega-6):

Ikan laut dalam dipercaya mengandung Omega-3 dan Omega-6 yang tinggi. Dari hasil analisa energi 5 elemen, nilai Indeks Manfaatnya adalah +5. Alpukat juga mempunyai Indeks Manfaat +5. Jadi masih kalah dibandingkan tempe yang +20.

Virgin Coconut Oil yang dikenal dengan nama VCO juga dipercaya mempunyai asam lemak tak jenuh yang tinggi. VCO mempunyai Indeks Manfaat +5. Jadi tempe juga lebih baik dari VCO.

3. Menyehatkan Jantung:

Selain tempe, buah-buahan lain yang dapat menyehatkan jantung adalah sawo, apel merah, dan alpukat. Sawo mempunyai Indeks Manfaat +15, apel merah mempunyai Indeks Manfaat +10, dan alpukat mempunyai Indeks Manfaat +5. Sedangkan Omega-3 dan Omega-6 dari ikan mempunyai Indeks Manfaat +1. Jadi tempe tetap lebih unggul untuk menyehatkan jantung dengan Indeks Manfaat +25.

4. Menyehatkan Arteri dan Vena:

Arteri dan vena akan menyempit bila ada endapan dari zat-zat yang tidak bisa diserap tubuh seperti asam lemak jenuh yang menyebabkan endapan kholesterol, endapan gula darah, endapan asam urat, atau endapan dari zat-zat lain yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Akibatnya akan terjadi tekanan darah tinggi, jantung juga akan terganggu dan membesar karena harus bekerja lebih keras memompa darah.

Tempe bermanfaat untuk membersihkan endapan kholesterol, karena mengandung asam lemak tak jenuh. Indeks Manfaat tempe adalah +10. Tidak banyak makanan sehat yang dapat membersihkan kotoran kholesterol di dalam darah. Selain tempe, makanan sehat lainnya adalah jahe dengan Indeks Manfaat +15.

5. Kandungan Energi Protein dan Karbohidrat:

Selain mengandung energi asam lemak tak jenuh, tempe segar juga mengandung energi protein dan karbohidrat, walaupun manfaatnya tidak sebesar asam lemak. Protein dan lemak ada pada elemen kedua, yaitu elemen Air. Indeks Manfaat protein adalah +5, dan Indeks Manfaat karbohidrat adalah +5.

Dengan Indeks Manfaat protein +5, tempe sudah mengalahkan telur dengan IM +2, dan ikan dengan IM +3. Telur yang dipanaskan dengan direbus akan mempunyai IM -5, dan akan menghasilkan asam urat. Ikan yang dikukus mempunyai IM +0, sedangkan kalau direbus akan mempunyai IM -1. Jadi dalam hal protein, tempe segar ternyata juga lebih sehat dari telur dan ikan. Indeks Manfaat protein yang positif menunjukkan tempe segar menyehatkan ginjal dan tidak menghasilkan asam urat.

Dengan Indeks Manfaat karbohidrat +5, tempe segar mempunyai manfaat yang sama dengan nasi kukus yang juga mempunyai IM +5. Sedangkan nasi yang dimasak dengan rice cooker mempunyai IM  +0. Kentang kukus mempunyai IM +5 juga. Gula pasir mempunyai manfaat negatif sehingga mempunyai IM -5. Biskuit juga mempunyai manfaat negatif dan mempunyai IM -3, dan roti tawar mempunyai IM -1. Tempe hanya kalah dari bekatul dengan IM +10, dan gandum havermut dengan IM +10. Indeks Manfaat karbohidrat yang positif menunjukkan tempe segar menyehatkan pankreas dan tidak menghasilkan gula darah.

Kandungan Kimiawi Tempe:

Untuk melengkapi hasil analisa energi sehat yang diukur dengan metode energi 5 elemen, kita bisa melihat kandungan kimiawi tempe. Tempe merupakan satu-satunya makanan nabati yang mengandung vitamin B12. Kadar vitamin B12 dan protein dari tempe tidak kalah dari daging. Sedangkan kadar kalsium tempe jauh lebih tinggi dari  daging sehingga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, tempe juga mengandung karbohidrat,  serta asam lemak tak jenuh yang menyehatkan kholesterol dan jantung. Dalam 100 gram tempe, kandungan vitamin B12 berkisar antara 1,5 sampai 6,3 mikrogram, protein antara 18,3 sampai 21 gram, kalsium 129 miligram, karbohidrat 34,8 gram, dan asam lemak tak jenuh 18,1 gram. Daging sapi mengandung vitamin B12 antara 3,4 sampai 4,5 mikrogram, protein 18,8 gram, kalsium 14 miligram, tidak mengandung karbohidrat dan asam lemak tak jenuh.

Tempe yang Paling Bermanfaat adalah Tempe Segar:

Tempe segar mempunyai manfaat yang paling tinggi. Bila dikukus, manfaatnya akan berkurang antara 10 sampai 20% karena terkena pemanasan. Bila direbus, tempe mendapat pemanasan yang lebih tinggi dan manfaatnya berkurang sampai 50%. Apalagi bila digoreng. Manfaatnya akan hilang sama sekali sehingga menjadi 0%.

Saya sudah mengkonsumsi tempe selama bertahun-tahun tanpa menyadari pentingnya mengonsumsi dalam kondisi segar. Saya suka mengonsumsi tempe goreng. Demikian juga istri saya. Suatu hari, penjual tempe langganan kami menyarankan agar kami mengonsumsi tempe segar karena lebih sehat. Dia sendiri selama ini selalu mengonsumsi tempe segar. Dalam pembuatan tempe, sebenarnya tempe sudah direbus dahulu sebelum difermentasi. Kemudian saya mengukur Indeks Manfaatnya, dan memang jauh lebih bermanfaat. Kemudian kami mulai mencobanya. Tidak lama kemudian, ternyata hormon tiroid istri saya menjadi lebih stabil. Jantung juga menjadi lebih sehat karena gangguan hormon tiroid berkurang. Selain itu, dengan lebih seimbangnya hormon-hormon, ia juga mendapati kulitnya menjadi lebih halus. Saya sendiri merasa lebih sehat karena hormon tiroid saja juga menjadi lebih stabil dan seimbang. Sebelumnya, saya mudah berkeringat karena ada ketidakseimbangan hormon tiroid.

Teman-teman yang menderita insomnia dan sakit kepala juga telah mencoba mengonsumsi tempe segar bersama tape singkong segar dan mentimun segar. Mereka mengatakan penyakitnya hilang sendiri setelah mengonsumsi makanan sehat di atas.

Porsi Harian yang Ideal:

Biasanya, bila mendengar ada makanan sehat, orang akan cenderung mengonsumsi secara berlebihan. Makanan sehat sebaiknya dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, karena bila terlalu banyak, tubuh juga tidak bisa mencernanya sehingga akan terbuang percuma. Dari analisa energi 5 elemen, porsi tempe segar yang ideal adalah antara 6 potong sampai 9 potong per hari dengan ketebalan kira-kira 1 cm per potong. Berat per potong kira-kira 15 sampai 20 gram. Dengan mengkonsumsi makanan sehat secukupnya, maka kesehatan kita akan terjaga.

Kesimpulan:

Dari perbandingan energi sehat 5 elemen mau pun dari perbandingan kimiawi, ternyata tempe segar merupakan makanan sehat yang luar biasa, baik dari sisi antioksidan, asam lemak tak jenuh (omega-3 dan omega-6), protein, kalsium, maupun karbohidrat. Tempe segar mampu mengalahkan makanan yang selama ini dianggap sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, minyak ikan, daging sapi, dan telur. Tempe segar menyeimbangkan hormon, menyehatkan jantung, ginjal, dan pankreas. Tetapi bila mengalami pemanasan, energi sehatnya akan berkurang. Tempe yang dikukus masih sehat, bila direbus juga masih cukup sehat, tetapi bila digoreng, energi sehatnya akan hilang.

Salam Sehat Bahagia!

www.5elemen.com

50 comments to Energi 5 Elemen: Manfaat Tempe Segar yang Luar Biasa

  • Salam sejahtera pak Aleysius,

    Saya menemukan website ini secara tidak sengaja ketika mencari informasi mengenai diabetes. Jadi ceritanya, suami saya ke dokter karena tidak enak badan, dan sewaktu diperiksa darahnya di dokter ternyata kandungan gula darahnya 500 lebih. Kami sangat khawatir dengan kondisi ini, dan saya berusaha mencari sebanyak mungkin info mengenai diabetes dari internet terutama mengenai menu untuk suami saya. Terus terang suami saya memang gemar makan, dan selama ini sangat sulit untuk mengkontrol makan beliau, dengan berita kadar gula darahnya tinggi ini sebenarnya saya bersyukur, karena sekarang beliau lebih mengkontrol makannya. :-)
    Tanya dong Pak.. Makanan apa sebetulnya yang baik untuk suami saya? Karena banyak sekali info yang bertentangan, contohnya pepaya, beberapa buku/website menganjurkan, tapi beberapa malah mengharuskan pantang pepaya.
    Kemudian di website Bapak saya menemukan anjuran untuk makan tempe segar dan tape segar. Apakah ini baik untuk suami saya?
    Saya juga tertarik dengan penggunaan kristal untuk membantu kesehatan. Kristal apakah yang cocok untuk membantu masalah kesehatan suami saya?
    Wah, banyak sekali yang ingin saya tanyakan ke Bapak.. :-)
    Untuk sementara ini saja dulu Pak..
    Ma’af merepotkan.
    Terima kasih banyak atas bantuannya.

    Salam,
    Deci.

  • aleysius

    Terima kasih atas kunjungannya, Bu Deci.

    Penyebab diabetes ada 2, yaitu:
    pankreas mulai lemah sehingga tidak sanggup menghasilkan insulin yang cukup, yang kedua adalah karena mengkonsumsi makanan yang karbohidratnya sudah rusak karena temperatur tinggi.

    Makanan yang karbohidratnya sudah rusak misalnya gula pasir, biskuit, roti, makanan yang digoreng atau dipanggang, nasi yang dimasak dengan rice cooker, minuman manis, softdrink, teh manis.
    Bila mengkonsumsi makanan yang karbohidratnya sudah rusak, pankreas akan bekerja ratusan hingga ribuan kali lebih berat dari makanan yang karbohidratnya masih sehat. Silahkan baca artikel saya tentang karbohidrat dan diabetes di website ini.

    http://www.5elemen.com/energi-5-elemen-karbohidrat-kompleks-dan-diabetes
    http://www.5elemen.com/energi-5-elemen-indeks-lelah-pankreas-diabetes-dan-obesitas
    http://www.5elemen.com/energi-5-elemen-gula-pasir-gula-batu-dan-gula-merah

    Oleh sebab itu, sebaiknya hindari goreng-gorengan. Usahakan makan makanan yang segar atau dikukus. Makanan yang karbohidratnya sehat sehingga mudah dicerna pankreas adalah:
    bekatul, gandum havermut, kentang kukus, nasi kukus, singkong kukus, ubi kukus, gula merah (gula aren).
    Kentang, singkong, ubi, dapat dikonsumsi 1/2 sampai 1 buah setiap hari.
    Bila bekatul atau gandum havermut ingin menggunakan gula, sebaiknya pakai gula merah saja, jangan pakai gula putih.

    Untuk menyehatkan pankreas, selain mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna pankreas sehingga tidak lelah dan sehat kembali, juga dapat mengkonsumsi kacang panjang segar atau kukus setiap hari 1 sampai 2 buah.

    Pepaya sebenarnya tidak berbahaya karena merupakan makanan segar sehingga karbohidratnya masih sehat, yaitu karbohidrat kompleks. Tetapi memang sebaiknya dimakan secukupnya saja dan tidak berlebihan.

    Tempe segar dan tape segar tidak berbahaya dan justru menyehatkan karena sudah difermentasi. Fermentasi membuat makanan menjadi lebih mudah dicerna sehingga meringankan pekerjaan organ tubuh. Yang tidak sehat adalah apabila dibuat jadi tempe goreng dan tape panggang. Ini akan merusak karbohidrat dan energi sehatnya sehingga tidak menyehatkan lagi.

    Untuk kristal, saya tidak merekomendasikan, karena dapat mengganggu organ lain bila digunakan terlalu lama.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

  • Pak Aley,

    Nanya lagi ya..
    - Dimana kita bisa mendapatkan bekatul?
    - Bolehkah saya menambahkan kiamboy kedalam jus kacang panjang+brokoli suami saya?

    Terima kasih & Salam,
    Deci.

  • aleysius

    Selamat sore, Bu Deci.
    Sekarang sudah mulai banyak orang yang menjual bekatul.
    Jadi coba ditanya saja toko-toko dekat rumah.
    Kalau teman saya biasanya beli di daerah pasar baru.
    Kiam boy ada gula dan memberatkan juga bagi penderita diabetes.
    Sebaiknya coba diganti gula merah atau madu. Madu cukup 1 sendok saja.

    Pepaya, tempe segar, dan tape segar boleh dikonsumsi secukupnya.
    Fermentasi membuat tempe dan tape mudah dicerna tubuh sehingga menyehatkan.
    Yang tidak sehat kalau tempe digoreng dan tape dipanggang sehingga karbohidrat dan energi sehatnya rusak sehingga tidak menyehatkan lagi.

    Semoga bermanfaat, Bu.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

  • herzy

    wah, terimakasih pak
    saya juga tidak sengaja menemukan website ini
    sekali baca langsung saya bookmark
    sepertinya ini info yang luarbiasa
    artikelnya juga sudah banyak
    capek kalo langsung baca semua he2…
    saya tertarik untuk mencoba beberapa hal yang telah bapak sampaikan
    semoga ada manfaatnya nanti bagi kesehatan saya
    thanks sekali lagi…

  • aleysius

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Mas Herzy.
    Mudah-mudahan bermanfaat untuk kesehatan Mas.
    Saya ikut senang, kalau ada yang bertambah sehat dengan artikel kesehatan ini.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

  • herzy

    Oia pak, untuk memastikan,
    yang dimaksud tempe segar itu yang masih dibungkus plastik/daun kan?
    yang biasa di jual tukang sayur?
    apa aman jika dikonsumsi langsung?
    apa tidak ada bakteri dalam tempe segar yang berbahaya bagi tubuh?
    ato kemungkinan buruk yang lain.
    mohon infonya pak.
    terimakasih.

  • aleysius

    Selamat malam, Mas Herzy.
    Usahakan cari tukang jual tempe langganan yang bisa dipercaya.
    Saya sendiri punya tukang tempe langganan, yang buat sekaligus jual.
    Tempe sudah direbus dulu sebelum difermentasi.
    Makan tempe segar seperti makan tape singkong segar, sama-sama difermentasi. Susu fermentasi yoghurt juga prosesnya sama.
    Kalau saya biasanya ujungnya dipotong sedikit. Kemudian baru diiris lagi setebal 1 cm untuk dimakan. Rasanya tambah sehat.

    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • claudia

    Hello pak aley,

    seneng bgt bisa ketemu web nya bpk, walau agk telat.
    saya jg seorang penggemar tempe biasanya tiap hari utk keluarga sy bikin tempe mendoan. bisa kasi coment gak pak kalo tempe di bikin mendoan yang mana tempe ini dibalut tepung dan hanya digoreng sebentar saja ( setengah matang )apakah manfaat nya juga hilang sama sekali ?
    trus utk tempe segar biar gak munek apakah boleh di makan pakai sambal ( seperti lalapan )?

    terimakasih
    salam hangat
    claudia

  • aleysius

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Mbak Claudia.
    kalau dari analisis energi, nilai Indeks Manfaatnya menjadi nol.
    Di dalamnya masih +2, tetapi kulitnya yang sudah digoreng jadi -2. Jadi totalnya 0.
    Tempe segar boleh dimakan dengan sambal atau kecap.
    Jadi kalau mau dicampur sambal, silahkan saja.
    Indeks Manfaatnya tidak berkurang.
    Tempe segar merupakan makanan paling baik untuk keseimbangan kolesterol.
    Jadi HDL tinggi, dan LDL rendah.
    Ini baik untuk kesehatan.

    Semoga bermanfaat untuk kesehatan.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

  • Roni surentu

    Dear Pak Aleysius,

    Saya berumur 36 tahun, saat ini saya menderita gangguan di dada sebelah kiri dan setelah di periksa ke spesialis jantung memang ada enzim yang berlebih, tapi kata dokter jantung masih normal. saya di beri obat penghilang nyeri tapi sudah hampir sebulan nyeri masi kadang timbul walau tidak sering.
    yang saya mau tanyakan apakah makan tempeh mentah setiap hari dapat menyehatkan jantung kembali dan selain tempe sayuran atau buah atau makanan apa yang cocok saya konsumsi. sebagai tambahan lambung saya juga bermasalah kadang terasa kembung kadang terasa cepat lapar dan sampai uluhati. apa ada hubungan antara penyakit jantung dan mag.
    Demikian saya sampaikan atas bantuan Pak Aleysius sebelumnya saya ucapkan terimakasah

    Salam,

    Roni

  • Terima kasih atas kunjungannya, Pak Roni.
    Kalau saya periksa kondisi energi Bapak, penyebab gangguan jantung Bapak memang berasal dari pencernaan / usus.
    Indeks sehat jantung = 0, sedangkan Indeks Sehat usus -5. Jadi yang sakit adalah ususnya.
    Dari kondisi energi Bapak, ada kira-kira 5% virus / bibit penyakit di usus.
    Jadi sebaiknya ususnya diobati dulu dan perkuat tubuh agar bisa membentuk antibodi.
    Caranya:
    1. Minum air tajin beras merah
    2. Minum air kencur

    1. Air tajin beras merah:
    Ambil 1 sendok beras merah, campur dengan 2 gelas air. Didihkan. Setelah mendidih, kecilkan apinya. Tunggu hingga 15-20 menit.
    Matikan apinya. Setelah cukup dingin, minum airnya. Lakukan setiap hari selama 2 minggu.

    2. Air kencur:
    Ambil kencur sebesar 1 ruas ibu jari, bersihkan dan keprok.
    Didihkan air sebanyak 1 gelas. Setelah mendidih, masukkan kencur. Rebus selama 30 detik saja. Setelah itu matikan apinya.
    Setelah cukup dingin, minum airnya. Lakukan setiap hari selama 2 minggu dan lihat hasilnya.

    Nanti setelah 2 minggu, Bapak bisa menanyakan lagi kondisi kesehatan Bapak.

    Semoga bermanfaat untuk kesehatan Bapak.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

    ======================

  • Roni surentu

    Dear Pak Aleysius,

    Terimakasih atas penjelasan dan sarannya,saya akan coba saran yang bapak berikan

    Salam,

    Roni

  • Selamat siang, Pak Roni.
    Terima kasih kembali.
    Semoga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan Bapak.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • Hendra Sugihharto

    Pak Aley yg baik…..
    Saya baru beli buku the secret of 5 elements kemarin… luar biasa pak… terimakasih banyak sudah mau sharing pengetahuan bapak….
    Kalau boleh saya bertanya… sudah berapa bulan ini saya suka berdahak.. tapi tanpa batuk dan pilek… kadang suka capek membuang dahak.. dan saya perhatikan anak tekak saya jadi panjang akibat keseringan buang dahak… kadang suka agak sakit di dada di waktu sering buang dahak tersebut….
    saya perhatikan dahak saya muncul seringnya waktu berkendaraan… baik motor ataupun mobil.. dan setelah makan atau minum….. kira2 kenapa yah pak??
    Mulai sekarang saya mau coba makanan2 dan pola hidup yg bapak anjurkan… terima kasih sebelumnya…
    Salam Sehat Bahagia !

  • Terima kasih atas minat Bapak pada buku “The Secret of 5 Elements”, Pak Hendra.
    Kalau dari kondisi Bapak sekarang, Indeks Sehat pada usus dan ludah kurang sehat, yaitu -0,2.
    Penyebabnya karena menurunkan kemampuan usus dan ludah menghasilkan enzim.
    Usus dan ludah yang sehat seharusnya menghasilkan 5 jenis enzim, di antaranya enzim anti infeksi.
    Tetapi sejak beberapa bulan ini, usus dan ludah Bapak sudah sulit menghasilkan enzim.
    Sebaiknya Bapak mengurangi goreng-gorengan, makanan pabrik, dan makanan dengan bumbu buatan.
    dan lebih banyak mengonsumsi makanan segar atau dikukus.
    Dengan cara ini, usus dan ludah akan bisa kembali menghasilkan enzim.
    Tetapi memang butuh waktu beberapa bulan.
    Bapak bisa mengonsumsi wortel segar 1/2 – 1 buah, pepaya segar, dan buah-buahan segar lainnya.
    Selain itu juga sayur-sayuran yang ditumis atau dimasak kuah.

    Semoga Bapak tambah sehat.

    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • Hendra Sugihharto

    trims Pak Aley…
    Kalau wortel dan pepaya nya saya juice pake juicer berkurang tidak khasiatnya ??….. kalau dengan rutin air kelapa tua yg bapak sarankan di artikel yg lain bagaimana pak??.. maksudnya sudah sulit menghasilkan enzim itu koq kedengarannya seperti mengkhawatirkan yah pak ??…. Tapi saya optimis selalu sehat….
    Salam Sehat Bahagia !

  • Selamat malam, Pak Hendra.
    Wortel dan pepaya dikupas dulu kulitnya, kemudian sebaiknya diblender, supaya ampasnya tetap jadi satu.
    Kalau pakai juicer, ampasnya biasanya terpisah. Kecuali Bapak bisa mencampur kembali ampasnya dengan airnya.
    Sebab justru ampasnya yang mengandung enzim.
    Tentu dengan mengonsumsi makanan sehat, organ tubuh kita akan terstimulasi kembali untuk bisa menghasilkan enzim.
    Jadi tidak usah khawatir, Pak.
    Semoga Bapak tambah sehat.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • Irvan

    Selamat malam, pak Aleysius. Tanpa sengaja, saya menjumpai website yang sangat bermanfaat ini. Saya mempunyai keluhan sakit pinggang & badan terasa sakit/pegal semua. Sudah berobat ke sinshe, akupuntur, dokter syaraf, dokter rheumatik, accupressure, dsb, tapi belum sembuh juga. Sudah rontgen, tidak ada masalah dengan tulang-belulang. Barangkali pak Aleysius bisa memberikan advice? Terima-kasih sebelumnya..

  • Terima kasih atas kunjungannya, Pak Irvan.

    Kalau dari analisis energi, pembuluh darah, otot, dan saraf Bapak terkena plak atau kerak dari endapan asam urat yang sudah berlangsung selama 5 tahun. Plak ini sudah menempel pada dinding pembuluh darah, sehingga tidak akan terdeteksi pada saat memeriksa darah.
    Indeks Plak asam urat = 5%.
    Indeks Sehat elemen Bumi = -3.

    Sebaiknya Bapak menghindari/mengurangi:
    Telur, daging, jeroan, otak, emping, kacang goreng, kuah kacang pada gado2, pecal, ketoprak. Kuahnya diganti yang lain saja.

    Silahkan Bapak mengonsumsi:
    Wortel segar 1/2-1 buah setiap hari. Boleh diblender, tetapi harus dikonsumsi bersama ampasnya (kulit dibuang dahulu). Jangan dicampur gula, boleh dicampur buah lain seperti tomat dan apel supaya lebih enak.

    Air kelapa tua yang segar 1-2 gelas setiap hari. Beli di pasar yang jual kelapa parut. Airnya ditampung pada saat buah kelapa dibelah.

    Silahkan lakukan selama 2 minggu. Nanti Bapak bisa menanyakan lagi kondisi Bapak setelah 2 minggu.

    Semoga Bapak bertambah sehat setelah 2 minggu.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • Irvan

    Terima-kasih banyak atas advice nya, pak Aleysius. Akan saya coba dalam dua minggu ini. Mudah2-an ada hasilnya. Salam sehat & sejahtera untuk bapak sekeluarga.

  • Manta

    Yth, pak Aleysius..
    Istri saya mempunyai platelet (jumlah keping darah) > 1jt, dimana normal/standardnya adalah 300rb. Pangkal lengan (dibawah ketiak) dan dekat sendinya sering terasa ngilu & pegal. Apakah ada hubungannya? Semua hasil test darah/rontgen bagus, kecuali nilai plateletsnya. Terima-kasih atas sran & nasehatnya..

  • Selamat pagi, Pak Manta.
    Kalau dari analisis energi 5 elemen, Indeks Sehat elemen Bumi Istri Bapak kurang sehat, yaitu -3.
    Hal ini disebabkan kekurangan mineral sehingga Indeks Mineral juga -5.
    Sebaiknya mengurangi makanan goreng-gorengan, makanan asam, dan minuman asam.
    Konsumsi air tajin beras merah 1 sendok+2 gelas air dididihkan, kentang kukus 1/2 – 1 buah, dan kacang panjang segar/kukus 1 – 2 buah setiap hari selama 2 minggu.
    Menu air tajin beras merah bisa dilihat di http://www.5elemen.com/resep-air-tajin-beras-merah
    Nanti setelah 2 minggu, silahkan tanyakan lagi kondisinya.

    Indeks Energi 5 Elemen yang lengkap juga bisa Bapak pesan melalui http://konsultasi.5elemen.com/konsultasi-indeks-energi-online

    Semoga Istri Bapak semakin sehat dan bahagia.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • Azizah Yussof

    Assalamualaikum,
    Saya dari Putrajaya, Saya baru menjumpai lapam web ini. Ternyata ia banyak memberi info sihat yang amat berguna pada insan yang sudah berusia seperti saya.Kalau tidak mejadi halangan, saya juga mohon nasihat dari bapak. Saya punya fibrod sebesar 6cm.Tidak menyakitkan cuma haid saya agak lama dan banyak tia–tiap bulan. Doktor menasihati saya untuk operasi tapi saya keliru. Adakah makanan sihat yang boleh saya amalkan supaya fibrod ini mengecil atau hilang. Malah saya juga membutuhkan badan yang sihat walaupun sudah berusia 50 tahun. Tolong ya pak…
    Terima kasih

  • Selamat siang, Ibu Azizah.
    Terima kasih atas kunjungan dan komentar Ibu.
    Dari energi Ibu, ada Plak asam urat di pembuluh darah dan kandungan Ibu sebanyak 6%.
    Sebaiknya Ibu mengurangi goreng-gorengan, daging, telur, jeroan, otak, kacang goreng, kuah kacang seperti pada gado-gado dan pecal.
    Bisa diganti dengan tempe segar/mentah 2 potong tebal 1 cm, tahu kukus, atau ikan yang dimasak kuah saja.
    Untuk makanan sehat yang cocok, Ibu bisa mengonsumsi wortel segar / mentah sebanyak 1/2 sampai 1 buah setiap hari selama 2 minggu.
    tempe segar / mentah 2 potong tebal 1 cm.
    Kentang kukus 1/2 – 1 buah.
    Selain itu, juga bisa mengonsumsi air kelapa tua 1 – 2 gelas setiap hari selama 2 minggu.

    Bila setelah 2 minggu, Ibu merasa lebih sehat, Ibu bisa teruskan makanan sehat ini.

    Semoga Ibu cepat sembuh dan sehat kembali.

    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • Azizah Yussof

    Saya sudah melakukan apa yang disarankan oleh Pak Aley. Memang saya terasa amat sihat ketika ini. Tetapi barusan saya kembali dari hospital. Doktor udah scan, Fibroid saya membesar dengan cepat dari 6cm kepada 7.8cm. Apa lagi yang perlu saya lakukan.
    Moga Pak aley dapat membantu kebuntuan saya.
    T,kasih.

  • Selamat malam, Ibu Azizah.
    Kalau dari energi, plak asam urat Ibu sudah menjadi 0%.
    pH Ibu juga sudah 7,4.
    Indeks Penyakit Ibu juga sudah 0%.
    Tetapi Antibodi Ibu belum terbentuk.
    Sebaiknya Ibu menambah dengan air tajin beras merah agar antibodi bisa terbentuk. Caranya:
    ambil 1 sendok beras merah + 2 gelas air. Masak sampai mendidih. Setelah mendidih,kecilkan apinya. Terus didihkan selama 15 menit. Setelah itu matikan apinya. Setelah cukup dingin, airnya diminum, nasinya boleh dimakan.
    Ibu boleh menambah jadi jadi 2 sendok atau 3 sendok, dan airnya ditambah jadi 4 gelas atau 6 gelas.
    Selain itu, Ibu bisa mengonsumsi mentimun segar, harus dimakan bersama kedua ujungnya. Sehari cukup 1 buah. Pepaya juga menyehatkan.
    Semoga antibodi Ibu cepat terbentuk dalam waktu 2 minggu.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • agus laksana

    Yth. Pak Aleysius
    Saya tidak sengaja menemui wesbsite ini dan sangat tertarik. saya punya keluhan tekanan darah saya suka tinggi, hasil lab asam urat saya diatas normal 7,3. mohon diagnosa dari bapak dan saran-sarannya. terima kasih

  • Azizah Yussof

    Selamat siang, bertemu lagi.
    Pak Aley,kesihatan saya alhamdulillah telah bertambah sihat tapi belum lagi ketemu doktor untuk mendapat imbasan selanjutnya kerna tugasan diluar kantor.
    Saya ketemu seorang kenalan lama, wanita, berusia 42 tahun, beliau mengalami kanser hati dari sejak 2001 dan sehingga kini telah 4 kali dioperasi masih belum ada tanda sembuh. Boleh kah Pak Aley membantu pemakanan apa yang sesuai supaya sel kanser beliau tidak cepat menular. kasian pak, udah macam mayat berjalan.
    Tolong bantu beliau ya pak,

    T.Kasih.

  • Azizah Yussof

    Oh! Ya! Pak, bagaimana urusan pembelian buku yang saya mahukan kelmarin.

  • Selamat siang, Ibu Azizah.
    Saya minta maaf, baru membalas pesan Ibu sekarang.
    Saya ikut gembira, Ibu sudah bertambah sehat.
    Ibu bisa menyarankan kepada teman Ibu, untuk mengonsumsi:
    air tajin beras merah, 1 sendok + 2 gelas air, dipanaskan sampai mendidih, setelah mendidih, kecilkan apinya, terus didihkan selama 15-20 menit, setelah itu matikan apinya. Setelah cukup dingin, airnya diminum.
    wortel segar 1/2 – 1 buah setiap hari. Boleh dijus atau diblender, tetapi ampasnya harus dimakan. Kulitnya boleh dikupas dan dibuang dahulu.
    Hindari:
    goreng-gorengan, kacang goreng, kuah kacang pada gado-gado dan pecal.
    jeroan, telur, daging. Boleh diganti dengan tahu yang dikukus saja.

    Semoga bermanfaat untuk kesehatan teman Ibu.

    Bila ingin mengetahui kondisi energi sehat secara menyeluruh, bisa pesan di http://konsultasi.5elemen.com/konsultasi-indeks-energi-online

    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • P Aley yang saya hormati,
    mohon saran nih walaupun buku 5 elemen yang saya pesan dari adik yg di gramedia dalam perjalanan tp saya udah ngetrapin makan tape singkong, air kelapa tua, tempe segar, makan pepaya dll.
    Yang saya mohon saran …. untuk mengobati sinusitis/radang hidung yang sy derita apa cukup saya teruskan makan & minum hal-hal yg saya sebutkan diatas atau perlu konsumsi apalagi ??

    Terima kasih atas sarannya, semoga Tuhan memberkati.

  • Yth.Pak Aley, saya berumur 46 thn, pernah mengalami gejala stroke dan tekanan darah tinggi.Sekarang tanpa obat tensi menjadi normal. Gejala yang masih saya rasakan telapak kaki sebelah kanan kebas dan ujung jari tangan kebas, ibu jari dan telunjuk kebas. Leher dan pundak sebelah kanan kaku. Makanan sehat apa yang cocok untuk saya?
    Terima Kasih.

  • Terima kasih atas kunjungannya, Pak Adnan.

    Ini adalah gejala penyempitan pembuluh darah oleh plak asam urat. Bapak bisa mengonsumsi wortel segar 1/4 – 1 buah setiap hari.
    Bila Bapak ingin mengetahui lebih lanjut tentang plak-plak yang dapat menyumbat pembuluh darah, Bapak bisa membacanya di buku “The Miracle of 5 Elements Energy” atau melihat infonya di http://buku.5elemen.com.

    Bila Bapak ingin mengetahui kondisi kesehatan Bapak secara menyeluruh, Bapak bisa berkonsultasi langsung di Perumahan Cibubur Country, Rukan Blok RB-0E no. 23, Cikeas, Cibubur, setiap hari Minggu pk. 13.00-15.00.
    Bapak juga bisa berkonsultasi secara online di http://konsultasi.5elemen.com/konsultasi-indeks-energi-online.

    Semoga bermanfaat bagi kesehatan Bapak.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

  • Terima kasih ats kunjungan Bapak.
    Untuk mengobati sinusitis, sebaiknya Bapak mengonsumsi air tajin beras merah sesuai dengan resep di buku “The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis” bab 6. Bapak bisa menggunakan 1 sendok + 2 gelas air.
    Selain itu, Bapak bisa berlatih pernapasan sehat dengan pola 5-5-5-5 seperti yang ada di buku bab 5.
    Bapak juga berlatih pijat refleksi jari tangan seperti yang ada di bab 5.

    Semoga bermanfaat bagi kesehatan Bapak.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

  • ridho

    selamat siang pak aleysius, saya mau tanya tentang indeks sehat dan indeks penyakit pada diri saya, tensi agak tinggi 90/150, gula darah 132 dan ada benjolan sebesar telur ayam dekat belikat saya, apa makanan sehat yang harus saya konsumsi, sudah beberapa hari ini saya menjalankan makanan sehat dari buku secret 5 elemen bapak yang dibeli di gramedia, atas saran bapak saya ucapkan terima kasih, salam sehat bahagia

  • Terima kasih atas kunjungannya, Pak Ridho.
    Penyebab penyakit Bapak adalah plak.
    Ada berbagai jenis plak, yaitu kolesterol, lemak trigliserida, gula darah, asam urat, garam, bahan kimia, racun.
    Untuk mengetahui kondisi Bapak secara detil, Bapak bisa berkonsultasi secara online melalui http://konsultasi.5elemen.com/konsultasi-indeks-energi-online.
    Semoga bermanfaat bagi kesehatan Bapak.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • mahmud

    pa Aley

    saya ada keluhan
    - Tensi darah saya kadang2 tidak stabil
    - irama jantung saya tidak stabil, ada suara seperti angin juuuuus agak lama

    mohon advice

    salam,

    Mahmud

  • Terima kasih atas kunjungannya, Pak Mahmud.

    Dari kondisi energi Bapak, Indeks Risiko Penyakit jantung dan stroke adalah 1%.
    Ada 3 jenis plak di pembuluh darah Bapak, yaitu kolesterol, gula darah, dan asam urat.
    Selain itu, ada 2 pembuluh darah terjepit di jantung.
    Untuk membersihkan plak ini, Bapak bisa membaca makanan sehat yang cocok di buku “The Miracle of 5 Elements Energy”.
    Info buku bisa dibaca di http://buku.5elemen.com.

    Untuk memulihkan pembuluh darah yang terjepit, Bapak bisa mengikuti terapi sehat dari workshop-b atau salah satu workshop 5 elemen yang diadakan setiap hari Minggu, pk. 13.00-16.00.
    Informasi workshop bisa dilihat di http://workshop.5elemen.com.

    Semoga bermanfaat bagi kesehatan Bapak.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

  • ananda putra

    malam pak aley
    bapak saya menderita sariawan yang katanya sudah dialami waktu dari umur 10 tahun.sekarang umur bapak saya 43 tahun.yang saya heran kalau sariawannya kumat,seluruh mulut bapak saya diserang dari lidah,bibir,rongga atas,samping semua kena sampai saya kasihan melihatnya sampai enggak bisa makan bubur karena katanya kalau mulutnya dibuka terasa sangat perih.berbagai pengobatan telah dilakukan baik medis maupun non medis.makanan sehat apa yang harus diberikan dan bagaimana porsinya.tolong bapak saya ya pak aley.
    terima kasih

  • endang lestari

    Selamat siang pak Aley,
    Berkenaan dengan air kelapa tua dan santan kelapa segar yg sangat baik untuk kesehatan, lalu bagaimana dengan santan yang sudah dikemas seperti kara, sun dll apakah juga masih sehat dikonsumsi? dan apakah masih termasuk lemak tak jenuh? tolong penjelasannya ya Pak Aley. Terima kasih.

  • Terima kasih atas kunjungannya, Bu Endang.
    Santan yang sudah dikemas kemungkinan sudah diproses di pabrik. Bila sudah terkena pemanasan, biasanya enzim akan rusak, dan mulai berubah menjadi lemak jenuh.
    Jadi bila ingin santan yang ada enzimnya, sebaiknya membeli yang masih segar.
    Semoga bermanfaat bagi kesehatan Ibu dan keluarga.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • Terima kasih atas kunjungannya, Mas Ananda.
    Silahkan mengonsumsi air kencur setiap pagi selama 1 bulan – 3 bulan.
    Caranya bisa lihat di artikel tentang kencur di http://www.5elemen.com atau bisa dibaca di buku “The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis” bab 6.
    Semoga bermanfaat bagi kesehatan Bapak.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • meidy

    Selamat siang pak Aley,

    Sedikit sharring aja buat kawan2x disini. Saya divonis dokter terkena Hepatitis C, SGOT,SGPT dan Gamma GT sya tahun 2006 mencapai 400 yg mana standar normalnya adalah 40. Tiap hari saya harus mengkomsumsi obat, shari 3x, selama 3thu saya terus mengkomsumsi obat tersebut SGOT,SGPT dan Gamma GT saya hanya turun mencapai 200 ditahun 2010. Oktober 2010, Alhamdulliah akhirnya saya dipertemukan oleh pak Aley.

    Selanjutnya saya disarankan utk mengkomsumsi makanan sehat, salah satunya adalah tempe segar/row food ditambah dng, kencur, air kelapa tua dan air beras merah. 1bulan stelah saya menjalanin, SGOT/SGPT/Gama GT saya sudah mencapai 110 tanpa minum obat sama sekali, dan terakhir kemarin saya test darah lagi semuanya sudah mencapai indeks yang normal.

    Saya sangat berterima kasih dengan pak Aley, Tuhan memberikan jalannya melalui pak Aley. Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, semuanya kembali kepada kita, dengan ketekunan dan kepatuhan, insyallah kita akan diberikan kesehatan.

    saya tidak lagi malu disebut mental tempe, karena tempe itu luar biasa manfaatnya.

    Pak Aley terima kasih, saya belum sempat berkunjung lagi…mudah2x bulan ini sya bisa ke pak Aley lagi.

    Wass,
    Meidy

  • Terima kasih atas sharing pengalamannya, Bu Meidy.
    Semoga bermanfaat bagi Teman-Teman Pembaca lainnya.
    Semoga Ibu bertambah sehat dan bahagia.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • Selamat Siang mas aley…mau konsuitasi jg dong? gini mas, sehabis melahiran saya kena penyakit gatal2 setelah dicek ternyata alergi antibiotik acmocilin..udah berobat kedokter kemana2 cuma 1 aj yg cocok tp setelah itu jd ketergantungan obat,tiap hari minum obat selama 1th klo gk minum badan gatal semua perkembangan penyakitnya sampai sekarang gatal timbul bukan hanya a\saat dingin tp setiap saat sampai saya gak tau sebenarnya apa penyebab alergi saya klo dari segi makanan juga tidak.ohya dan saya jg punya tumor payudara.. gmn ya mas solusi buat saya utk bisa sembuh tanpa harus minum obat kimia…dgn cara pola hidup sehat ini. Atas saran dan perhatiaannya saya ucapkan terima kasih.

  • Selamat sore, Bu Widji.

    Terima kasih atas kunjungan Ibu ke milis 5 elemen.

    Penyebab alergi dan tumor Ibu disebabkan oleh hormon dan enzim yang tidak seimbang pada beberapa organ penting, terutama pada sumsum tulang yang memproduksi darah.

    Penyebab hormon dan enzim tidak seimbang, adalah adanya pembuluh darah terjepit pada beberapa posisi, yaitu pada elemen Bumi (sumsum tulang), elemen Air (kandungan), elemen Api (hati), dan elemen Air (payudara).

    Pembuluh darah terjepit ini disebabkan tubuh dan tulang belakang Ibu tidak lurus, tetapi miring, yaitu pinggul kanan miring ke kanan, sedangkan bahu kiri miring dan terputar ke arah kiri.

    Tumor Ibu saat ini bukan hanya ada di payudara, tetapi juga ada pada organ-organ yang pembuluh darahnya terjepit tersebut, karena hormon dan enzimnya tidak seimbang.

    Agar pembuluh darah tidak terjepit, sehingga hormon & enzim bisa seimbang, perlu latihan terapi 5 elemen.

    Selain itu, perlu makanan sehat yang cocok untuk kandungan, hati, payudara, dan sumsum tulang, agar bisa sehat kembali, antibodi bisa terbentuk, tumor bisa hilang.

    Bila organ-organ sehat, alergi akan hilang dengan sendirinya.

    Untuk latihan terapi dan penjelasan makanan sehat, Ibu bisa mengikuti Workshop & Terapi Kanker dengan Keseimbangan Hormon & Enzim, yang diadakan 1x sebulan, pada hari Minggu ke-4, setiap bulan, pk. 13.00-16.00. Info lengkap bisa dibaca di http://workshop.5elemen.com/workshop-d.

    Semoga bermanfaat bagi kesehatan Ibu.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

  • Ipang

    Yth. Pak Aley.

    Mau tanya ya. Apa makanan yang dapat menambah kesuburan sperma, Pak?

    Salam. TErima kasih sebelumnya atas jawabannya.

    ipang 26 tahun.

  • Terima kasih atas kunjungannya, Mas Ipang.
    Tempe segar bermanfaat untuk kesuburan.
    Selain makanan, hal yang dapat mengurangi kesuburan adalah bila ada gangguan pembuluh darah, misalnya tidak lancar atau terjepit.
    Untuk memeriksa dan mengetahui solusinya yang cocok, silahkan berkonsultasi online melalui http://konsultasi.5elemen.com/konsultasi-indeks-energi-online.
    Semoga bermanfaat.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.