The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen: Puasa dan Makanan Sehat

Makanan Sehat untuk Menjalankan Puasa

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan dan umat Muslim akan memulai ibadah puasa selama 1 bulan. Ada berbagai manfaat puasa untuk emosi dan kesehatan. Dengan puasa, orang dapat melatih kesabaran. Orang yang menderita sakit mag karena makan tidak teratur juga bisa sembuh karena jadwal makan lebih teratur. Tetapi bagi penderita diabetes, kholesterol dan sakit jantung, orang tua, serta ibu hamil, tentu perlu memilih makanan sehat dengan lebih teliti agar tetap sehat selama puasa.

Minum Air yang Cukup Secara Teratur:

Untuk menghindari sakit pinggang yang disebabkan oleh batu ginjal, usahakan minum air putih yang cukup 8 – 10 gelas secara teratur selama waktu berbuka sampai sahur. Pada saat sahur, jangan minum air terlalu banyak sekaligus, karena akan mengakibatkan banyak buang air kecil. Hal ini akan mengakibatkan banyak garam mineral yang dibutuhkan tubuh ikut keluar dan terbuang.

Makanan untuk Berbuka:

Makanan untuk berbuka dapat dibagi dua tahap, yaitu makanan segar dan ringan, dan makanan utama dan padat. Makanan segar dan ringan menjadi makanan pembuka.

1. Makanan Segar dan Ringan:
Untuk berbuka (sebelum sholat magrib), sebaiknya makan makanan ringan dan segar seperti buah-buahan. Sebaiknya hindari biskuit dan penggunaan gula putih yang terlalu banyak, karena dapat menaikkan kadar gula darah dan kegemukan. Untuk pengganti gula putih, kita dapat menggunakan gula batu dan gula merah yang lebih sehat.

Jus wortel dicampur dengan apel merupakan makanan yang cukup sehat. Wortel merupakan makanan sehat untuk metabolisme tubuh.

Buah-buahan yang banyak air seperti mentimun, mentimun suri, dan buah blewah juga merupakan makanan yang ideal untuk berbuka. Demikian juga minuman cincau yang berkhasiat untuk mengurangi panas dalam.

Buah kurma, tape singkong segar, dan kentang kukus juga cukup menyehatkan sebagai makanan pembuka, karena merupakan sumber energi karbohidrat kompleks untuk memulihkan tenaga tanpa menyebabkan kenaikan gula darah bagi penderita diabetes.

2. Makanan Padat:

Setelah didahului makanan ringan, maka setelah sholat magrib, dapat dilanjutkan dengan makanan utama yang padat seperti nasi. Bagi penderita diabetes, nasi kukus, nasi beras merah, kentang kukus, jagung kukus, ubi kukus, dan singkong kukus akan lebih menyehatkan dibandingkan biskuit, roti, dan nasi yang dimasak dengan rice cooker. Selain itu, bekatul dan gandum havermut juga dapat menjadi sumber karbohidrat kompleks yang sehat.

Kencur untuk Mencegah Sakit Mag:

Untuk menghindari sakit mag, kencur merupakan obat alami yang mujarab. Kencur dapat dikonsumsi dalam bentuk jamu beras kencur yang biasa dijual oleh pembuat/penjual jamu, atau dengan membuat sendiri.

Untuk membuat sendiri, ambil kencur sebesar 1 ruas jari tangan. kupas sampai bersih, kemudian dikeprok. Ambil air 1 gelas dan didihkan. Setelah mendidih, masukkan kencur antara 15 sampai 30 detik saja. Setelah itu matikan api. Tunggu sampai air kencur cukup dingin untuk diminum. Kencur boleh dimakan atau tidak.

Kencur juga boleh dikonsumsi dalam bentuk segar. Setelah dikupas, bilas kencur dengan air minum sampai bersih, kemudian dikunyah dan dimakan.

Bagi orang yang berpuasa, kencur sebaiknya dikonsumsi sesudah makan.

Kecukupan Mineral:

Orang tua dan ibu hamil perlu makanan yang dapat mencukupi kebutuhan mineral, untuk menghindari osteoporosis, gangguan otot, dan gangguan saraf. Untuk mencukupi kebutuhan mineral bagi darah dan tulang selama puasa, sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung cukup mineral dengan pilihan seperti di bawah ini:

  • kacang panjang (segar atau kukus) 1 – 2 buah per hari
  • kentang kukus 1/2 – 1 buah per hari
  • bekatul 1 – 2 sendok makan per hari
  • gandum havermut 1 – 2 sendok makan per hari
  • wortel segar 1/2 – 1 buah per hari
  • bengkuang segar 1/2 – 1 buah per hari
  • tempe segar 6 potong setebal 1 cm per hari
  • pisang 1 – 3 buah per hari
  • air kelapa tua 1 – 2 gelas per hari
  • daun katuk
  • daun singkong
  • daun pepaya

Menghindari Panas Dalam:

Untuk menghindari panas dalam, buah-buahan terutama yang banyak airnya seperti pepaya, mentimun, mentimun suri, dan buah blewah perlu dikonsumsi. Air kelapa tua, minuman cincau, dan agar-agar juga bermanfaat. Selain itu, perlu minum air putih yang cukup sebanyak 8 – 10 gelas setiap hari secara teratur.

Menghindari Kholesterol dan Asam Urat:

Bagi penderita gangguan jantung dan kholesterol dan asam urat, kurangi goreng-gorengan, lemak, mentega, santan, dan lebih banyak mengonsumsi makanan segar dan kukus.

Menghindari Gula Darah dan Diabetes:

Untuk menghindari gula darah tinggi dan diabetes, kurangi minuman dan makanan manis, roti, dan biskuit. Untuk gula putih, dapat diganti dengan gula batu, gula merah, dan gula rendah kalori. Untuk memperoleh karbohidrat kompleks yang sehat, kita dapat mengonsumsi bekatul, gandum harvermut, nasi beras merah, nasi kukus, lontong, kentang kukus, jagung kukus, singkong kukus, dan ubi kukus.

Konsultasi ke Dokter bagi Penderita Sakit:

Bagi penderita sakit yang perlu minum obat secara teratur, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengatur jadwal minum obat dan makanan yang sebaiknya dikonsumsi selama puasa. Dengan demikian, kesehatan tetap terjaga selama puasa.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.
Semoga mendapat berkat dan kebahagiaan dariNya.
Salam Sehat Bahagia!

www.5elemen.com

4 comments to Energi 5 Elemen: Puasa dan Makanan Sehat

  • luki

    Pak, yang dimaksud dengan tempe segar itu tempe mentah atau boleh dimasak ( digoreng dll ? )

  • aleysius

    Terima kasih atas kunjungannya.
    Tempe segar adalah tempe mentah.
    Tempe sebenarnya sudah direbus dulu sebelum difermentasi.
    Fermentasi adalah metoda pengawetan tradisional tanpa bahan pengawet.
    Setelah difermentasi, makanan lebih mudah diproses oleh tubuh.
    Bila dipanaskan, makanan menjadi lebih sulit diproses oleh tubuh.
    Bila dikukus, energi sehat rusak sedikit, yaitu 10-20%.
    Bila direbus, energi sehat rusak kira-kira 50%.
    Bila digoreng, temperatur akan melebihi 93,3 derajat Celcius, dan energi sehat akan rusak 100%. Jadi tidak bermanfaat lagi.

    Kalau mau makan tempe segar / mentah, sebaiknya cari yang bersih dari pembuat / penjual tempe langganan.

    Salam Sehat Bahagia,
    aley.

  • sari

    Pak Alle salam kenal……

    Pak banyak yg saya ingin tanyakan sehubungan dengan self healing cara 5 elemen, diantaranya untuk ayah saya. Beliau usia 60 thn dan pd Juli tahun ini menjalani pemasangan ring karena penyumbatan pembuluh darah… belaiu mengidap diabetes, kolesterol dan asam urat. setelah operasi diharuskan makan obat untuk jantung selama 1 tahun… yang ingin saya tanyakan upaya apa yg dapat dilakukan agar tidak menjadi ketergantungan obat….saat ini beliau juga mengalami kesemutan pada kedua kakinya dan nyeri punggung….sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

  • Terima kasih atas kunjungannya Bu Sari.
    Dari analisa energi, memang ada pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah ke jantung pada ayah Ibu.
    Berikut ini makanan sehat untuk membantu menyehatkan organ tubuh berikut Indeks Kecocokan untuk ayah. Indeks Kecocokan yang positif berarti cocok untuk meningkatkan kesehatan. Indeks Kecocokan ini bisa berbeda pada setiap orang.

    1. Membersihkan endapan/penyumbatan kholesterol pada pembuluh darah:
    Jahe dengan Indeks Kecocokan 10%.
    Ambil jahe sebesar 1 ruas jari jempol, kupas, bersihkan, kunyah.
    Bila tidak sanggup, didihkan air sebanyak 1 gelas. Setelah mendidih, kecilkan api, masukkan jahe yang sudah bersih dan dikeprok, selama 15 sampai 30 detik saja. Setelah itu matikan api, dan dinginkan. Setelah itu minum airnya. Jahenya boleh dimakan boleh tidak. Lakukan setiap hari selama 1 bulan. Setelah itu, bisa dikurangi menjadi 3x seminggu.

    2. Menstabilkan kadar kholesterol di dalam darah:
    Tempe segar dengan Indeks Kecocokan 10%.
    Beli tempe yang bersih. Makan sebanyak 6 potong dengan tebal 1 cm setiap hari (pagi 2 potong, siang 2 potong, malam 2 potong).

    Air kelapa tua yang segar dengan Indeks Kecocokan 10%.
    Jangan minum air kelapa muda.
    Minum 1 sampai 2 gelas setiap hari.

    3. Menyehatkan jantung:
    Alpukat dengan Indeks Kecocokan 10%.
    Makan alpukat tanpa gula pasir. Boleh dblender dan dimakan dengan gula merah, 1 buah setiap hari. Kalau sudah lebih sehat, boleh dikurangi menjadi 1 kali setiap 2 hari.

    4. Menyehatkan hati (hati menjadi lemah karena banyak minum obat):
    Kencur dengan Indeks Kecocokan 5%.
    Lakukan seperti jahe, dengan ukuran 1 ruas jari jempol setiap hari.

    5. Membersihkan asam urat:
    Wortel dengan Indeks Kecocokan 5%.
    Makan wortel 1 buah setiap hari. Boleh dimakan segar atau diblender dengan buah lain seperti apel, tomat, pepaya.

    6. Menyehatkan ginjal (asam urat):
    Pir dengan Indeks Kecocokan 10%.
    Bengkuang dengan Indeks Kecocokan 10%.
    Lobak putih dengan Indeks Kecocokan 10%.
    Boleh dipilih dan divariasikan sendiri, 1 buah setiap hari.

    7. Menyehatkan pankreas (gula darah):
    Sayur-sayuran tawar dan pahit seperti:
    daun katuk dengan Indeks Kecocokan 10%
    daun pepaya dengan Indeks Kecocokan 10%
    mentimun (termasuk kedua ujungnya) dengan Indeks Kecocokan 10%
    pare dengan Indeks Kecocokan 10%

    Yang sebaiknya dikurangi atau diganti untuk menurunkan gula darah:
    gula pasir diganti gula merah
    biskuit, roti, kue diganti dengan makanan kukus seperti kentang, ubi, jagung, singkong. Makanan yang dikukus masih cukup sehat untuk gula darah.

    Yang sebaiknya dikurangi atau diganti untuk menstabilkan kholesterol:
    margarin, mentega, minyak goreng, goreng-gorengan dengan tempe segar dan air kelapa tua yang segar

    Yang sebaiknya dikurangi atau diganti untuk mengurangi asam urat:
    Ganti telur dan daging dengan tahu kukus.
    Bila masih ingin makan daging, makan ikan kukus lebih sehat dari telur dan daging.
    Ganti goreng-gorengan dengan makanan kukus atau rebus.
    Susu kaleng bisa diganti dengan susu yoghurt atau susu tepung kedele.
    Susu tepung kedele dibuat dari tepung kedele + air minum, tanpa pemanasan agar proteinnya tidak rusak menjadi asam urat.

    Semoga bermanfaat untuk kesehatan ayah Ibu.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.