The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen: Rahasia Kesehatan Nenek 98 Tahun

Nenek Berusia 98 Tahun yang Senang Menyanyi Karaoke

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Belum lama ini istri saya menonton acara Dorce Show di TV. Mungkin ini siaran ulangan, karena setahu saya, Dorce Show sudah dihentikan sejak bulan Mei 2009 yang lalu. Pada saat itu, Dorce berkunjung ke kota Padang di Sumatera Barat. Salah satu acara yang menarik adalah ketika Dorce berkunjung ke toko pembuat dan penjual keripik yang terkenal di kota Padang, yaitu keripik balado merek ‘Christine Hakim’. Pemilik toko tersebut adalah seorang nenek berusia 98 tahun yang masih sehat dan masih bisa berjalan sendiri. Apa rahasia kesehatan nenek tersebut?

Ternyata rahasianya adalah bernyanyi. Setiap malam nenek tersebut ber-karaoke menyanyikan lagu-lagu kesukaannya. Pada saat itu, Dorce ikut menyanyikan sebuah lagu Mandarin.

Tahun lalu, saya ke Padang bersama keluarga. Waktu itu, kami sempat singgah di toko keripik tersebut untuk membeli oleh-oleh, dan mertua perempuan saya yang waktu itu berusia 82 tahun sempat berbincang-bincang dengan nenek yang waktu itu berusia 97 tahun.

Karaoke berasal dari Jepang. Di perusahaan tempat saya pernah bekerja, kami sering menerima tamu Jepang karena kami membuat banyak produk Jepang. Biasanya setelah selesai bekerja, mereka akan pergi bersama untuk ber-karaoke. Herannya, esok paginya mereka sudah segar kembali. Saya sempat bercanda dengan mereka, dengan mengatakan bahwa karaoke sebenarnya berasal dari Indonesia, yaitu berasal dari kata ‘kalau oke”. Karena bahasa Jepang tidak mengenal huruf ‘L’, maka huruf ‘L’ akan diganti dengan huruf ‘R’, sehingga ‘kalau oke’ berganti menjadi ‘karaoke’. Tamu Jepang saya senyum-senyum saja mendengar penjelasan saya yang sedikit ngawur tersebut.

Indeks Sehat:

Dari hasil analisa energi 5 Elemen, memang nenek ini masih cukup sehat. Indeks Sehat pada kelima elemen masih cukup baik dan belum ada yang negatif. Yang menarik adalah Indeks Sehat pada elemen Ether masih positif +5, dengan mata dan telinga yang masih sehat.

Mengapa Menyanyi itu Menyehatkan?

Apa sebabnya bernyanyi dan karaoke dapat menyehatkan? Alasannya adalah karena bernyanyi dapat menyenangkan hati, dan membuat kita bernafas lebih panjang. Orang yang berlatih menyanyi, biasanya akan berlatih menarik nafas panjang agar suara yang keluar lebih bulat. Demikian pula, bila kita bernyanyi, secara otomatis kita juga akan berusaha menarik nafas lebih panjang.

Nafas yang panjang akan mengisi paru-paru penuh dengan oksigen. Ini akan membuat oksigen lebih banyak diserap oleh darah, dan CO2 akan lebih banyak dibuang keluar. Asam pada darah karena racun CO2 akan berkurang, dan darah akan menjadi lebih basa dan lebih sehat.

Selain itu, semakin bertambah usia seseorang, ia akan cenderung bernafas semakin pendek. Hal ini menyebabkan paru-paru mengecil, udara semakin sedikit masuk ke paru-paru, oksigen semakin sedikit diserap oleh darah, dan pembuluh darah juga akan mengecil dan menyempit. Hal ini tentu akan menurunkan kesehatan pada organ-organ penting seperti otak, mata,  jantung, dan organ-organ lainnya karena penyerapan oksigen berkurang.

Nafas Panjang Menyehatkan 5 Elemen:

Nafas yang pendek hanya menyehatkan elemen pertama Bumi saja. Tetapi nafas yang panjang dapat menyehatkan 5 elemen sekaligus, yaitu elemen kelima Ether, elemen keempat Udara, elemen ketiga Api, elemen kedua Air, dan elemen pertama Bumi.

Dengan rajin bernyanyi, paru-paru akan terlatih untuk tetap menghirup banyak udara, darah akan menyerap lebih banyak oksigen, dan pembuluh darah ke organ-organ penting juga akan tetap mengembang.

Dengan menyanyikan lagu-lagu gembira, hati juga menjadi senang dan stres akan berkurang dan hilang. Hal ini juga akan membantu membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Selain itu, tentu perlu didukung dengan pola hidup sehat dan makanan sehat.

Salam Sehat Bahagia!

www.5elemen.com

2 comments to Energi 5 Elemen: Rahasia Kesehatan Nenek 98 Tahun

  • Ini baru penemuan baru Pak namanya hehehe…. Banyakin aja Pak, dan makin banyak judul bukunya nanti hehehe….
    Salam
    ez

  • aleysius

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Pak. Betul Pak, sekarang sedang mendata orang-orang sehat berumur panjang sebagai contoh pola hidup sehat, he..he..he..
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.