The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen serta Energi Yin dan Yang

Hubungan antara Energi Kesadaran, Energi 5 Elemen, serta Energi Yin dan Yang

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Tentu Pembaca ada yang bertanya-tanya, apa hubungan antara energi 5 Elemen dengan energi Yin dan Yang? Memang hubungannya erat sekali. Selain itu, juga erat hubungannya dengan energi Kesadaran, energi Tao, energi Shabd, atau energi Cahaya.

Energi Kesadaran, Tao, Shabd, Cahaya

Di atas 5 Elemen, atau di atas elemen Ether, ada elemen keenam yang kita sebut dengan elemen Kesadaran. Elemen Kesadaran juga mempunyai energi yang kita sebut energi Kesadaran. Ada yang menyebutnya sebagai energi Cahaya. Filsafat Tao menyebutnya sebagai energi Tao. Filsafat Yoga menyebutnya sebagai energi Shabd. Energi ini belum mengenal adanya dualisme, karena dualisme hanya ada di dunia fisik.

Energi 5 Elemen, Energi Yin dan Yang

Dualisme baru muncul pada elemen kelima Ether, dan elemen-elemen di bawahnya, yaitu elemen Udara, Api, Air, dan Bumi. Dualisme ini muncul dalam bentuk energi Yin dan energi Yang. Karena itu di dunia fisik ada pria dan wanita, siang dan malam, panas dan dingin, kiri dan kanan, listrik dengan polaritas negatif dan positif, magnet dengan polaritas Utara dan Selatan. Keduanya diperlukan oleh manusia secara seimbang.

Jadi energi Kesadaran, ketika mengalir turun ke elemen kelima, akan menjadi energi elemen Ether dalam bentuk energi Yin dan Yang. Enegi elemen Ether yang sehat adalah dalam bentuk energi Yin dan Yang yang nilainya positif dan seimbang. Dari elemen Ether, energi turun ke elemen keempat Udara dalam bentuk energi Yin dan Yang yang positif dan seimbang juga. Demikian selanjutnya sampai elemen pertama Bumi.

Indeks Energi Yin dan Yang pada Makanan Sehat

Makanan sehat akan mengandung energi Yin dan Yang yang nilainya positif dan seimbang. Sebagai contoh, tempe segar mempunyai energi Yin dan Yang yang positif dan seimbang. Tempe segar mempunyai Indeks Manfaat = +20. Indeks Energi Yin = +10, dan Indeks Energi Yang = +10 juga.

Sayur-sayuran umumnya mempunyai energi Yin dan Yang yang positif, tetapi dengan energi Yang sedikit lebih tinggi. Sebaliknya, buah-buahan umumnya mempunyai energi Yin dan Yang yang positif, tetapi dengan energi Yin sedikit lebih tinggi.

Daun katuk mempunyai energi Yin = +2 dan energi Yang = +4. Buah pepaya mempunyai energi Yin = +6, dan energi Yang = +4.

Beras merah mempunyai energi Yang yang lebih tinggi sedikit dari energi Yin. Energi Yin = +5, dan energi Yang = +7. Sebaliknya beras putih mempunyai energi Yin yang lebih tinggi sedikit dari energi Yang. Energi Yin = +5, dan energi Yang = +3. Tetapi beras putih yang sudah kehilangan kulit arinya akan mempunyai energi Yin = +2, dan energi Yang = +3. Bekatul yang merupakan kulit ari beras putih akan mempunyai energi Yin antara +3 hingga +5, dengan energi Yang = +0.

Efek dari Dikukus, Direbus, dan Digoreng terhadap Energi Yin dan Yang

  • Tempe segar mempunyai energi Yin = +10 dan energi Yang = +10 juga.
  • Tempe yang dikukus akan mempunyai energi Yin = +3 dan energi Yang = +3 juga.
  • Tempe yang direbus akan mempunyai energi Yin = +1 dan energi Yang = +1 juga.
  • Tempe yang digoreng empuk akan mulai tidak sehat karena mempunyai energi Yin = +0 dan energi Yang = +0 juga.
  • Tempe yang digoreng garing akan menjadi tidak sehat karena energinya menjadi negatif, yaitu mempunyai energi Yin = -2 dan energi Yang = -2 juga.

Jadi, untuk sehat, sebaiknya memilih makanan yang masih utuh, dimakan segar atau dikukus, sehingga masih mempunyai energi Yin dan Yang yang nilainya positif dan seimbang.

Salam Sehat Bahagia!

www.5elemen.com

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.