The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen: Tari Pendet dan Pulau Bali

Pola Energi Tari Pendet dan Pulau Bali

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Akhir-akhir ini, Tari Pendet telah menarik perhatian kita, karena kesenian dari Pulau Bali tersebut kabarnya diklaim sebagai tarian dari Malaysia. Untunglah dalam id.wikipedia.org sudah ada penjelasan tentang Tari Pendet. Penjelasan dalam wikipedia adalah sebagai berikut:

Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi (? – 1967).

Pola Energi 5 Elemen dari Tari Pendet, I Wayan Rindi, Pulau Bali, dan Indonesia:

Kita mulai dengan menganalisa Tari Pendet dahulu. Pola energi Tari Pendet tradisional mempunyai urutan elemen Air-Bumi-Api. Ini sesuai dengan pola energi I Wayan Rindi yang juga mempunyai urutan elemen Air-Bumi-Api. Pola energi Pulau Bali tahun 1967 juga sama, yaitu elemen Air-Bumi-Api.

Pola energi Tari Pendet saat ini mempunyai urutan elemen Air-Udara-Api. Ini juga sama dengan pola energi Pulau Bali sekarang, yaitu Air-Udara-Api.

Pada tanggal 29 Agustus 2009 yang lalu, saya sudah menganalisa pola energi Indonesia dan Malaysia. Dalam tulisan itu, Indonesia mempunyai pola energi yang sama juga, yaitu Air-Udara-Api. Ketiga elemen ini memiliki energi dengan sifat sebagai berikut:

  1. Elemen Air = mampu menjalin persahabatan dan kerja sama dengan negara lain
  2. Elemen Udara = kondusif untuk seni, budaya, dan kreativitas seperti menulis, melukis, desain, seni
  3. Elemen Api = mendukung, mendorong, memberi semangat dan motivasi

Bagaimana pola energi Malaysia sekarang? Saat ini pola energi Malaysia adalah Bumi-Bumi-Bumi. Jadi sebenarnya tidak cocok dengan pola energi Tari Pendet, baik yang dulu mau pun yang sekarang.

Jadi dari analisa Energi 5 Elemen juga kita bisa melihat dan membuktikan bahwa Tari Pendet memang dari Pulau Bali dan Indonesia, karena mempunyai pola Energi 5 Elemen yang sama.

Salam Sukses Bahagia!

www.5elemen.com

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.