The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen Untuk Kecerdasan Anak Dan Kesehatan Otak (2) : Makanan Bergizi

Makanan Sehat Bergizi Untuk Kecerdasan Anak Dan Kesehatan Otak

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Dalam tulisan sebelumnya, yaitu Energi 5 Elemen untuk Kecerdasan Anak dan Kesehatan Otak (1), kita telah membahas makanan yang diperlukan oleh otak berdasarkan analisa Energi 5 Elemen, yaitu makanan sehat untuk elemen Ether dan elemen Udara. Dalam tulisan berikut ini, kita akan membahas makanan sehat bergizi dari sisi kedokteran, yaitu makanan yang mengandung protein, karbohidrat, asam lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral.

Dalam majalah DokterKita edisi April 2009, Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, mengatakan :

Kecerdasan dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu genetik, lingkungan, dan gizi.
Kekurangan zat gizi tertentu bisa menyebabkan perkembangan otak terhambat
dan menurunkan kecerdasan anak.

Faktor gizi menjadi penting karena sifatnya irreversible,
artinya jika terjadi kekurangan pada masa tertentu, tidak dapat dipulihkan.

Karenanya,
sebagai orang tua harus menguasai cara memilih makanan terbaik
dengan kandungan nutrisi seimbang dan porsi yang tepat.

Masa Pertumbuhan Emas Otak Anak :

Otak janin mengalami periode pertumbuhan cepat (brain growth spurt) pertama kali saat kehamilan trimester ketiga. Pada saat ini, sel-sel otak pada otak besar membelah dan membagi dengan cepat.

Zat gizi penting selama kehamilan adalah karbohidrat (energi), protein, Ca (kalsium), P (fosfor), Fe (zat besi), Mg (magnesium), Zn (seng), I (Iodium), Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin B9 (asam folat), vitamin C, vitamin D.

Masa pertumbuhan emas otak tahap kedua terjadi saat bayi baru lahir sampai usia 30 bulan. Saat usia bayi 0 – 6 bulan, sebaiknya bayi diberi ASI eksklusif karena mengandung nutrisi yang cukup. Usia 6 – 30 bulan, bayi mulai diberi makanan sesuai kebutuhan tubuhnya.

Makanan Sehat dan Indeks Manfaat (IM-E5E) untuk Otak :

Makanan sehat untuk otak berturut-turut sesuai dengan Indeks Manfaat (IM-E5E) terhadap otak, yang dianalisa dengan Energi 5 Elemen adalah :

  • Protein = +30
  • Karbohidrat = +30
  • Asam Lemak Tak Jenuh – Omega-3 = +10
  • Asam Lemak Tak Jenuh – Omega-6 = +10
  • Vitamin A = +3
  • Vitamin B1 = +3
  • Vitamin B3 = +10
  • Vitamin B6 = +20
  • Vitamin B9 = +30
  • Vitamin B12 = +35
  • Vitamin C = +3
  • Vitamin D atau sinar matahari pagi = +3
  • Vitamin E = +3
  • Vitamin K = +3
  • Mineral – Ca (kalsium) = +5
  • Mineral – P (fosfor) = +5
  • Mineral – Fe (zat besi) = +5
  • Mineral – Mg (magnesium) = +5
  • Mineral – Zn (seng) = +5
  • Mineral – I (Iodium) = +5

Protein :

Protein diperlukan terutama oleh saraf berturut-turut pada elemen Udara, Api, Air, dan Ether. Asam amino yang merupakan komponen protein berperan sebagai neurotransmitter atau bahan zat penghantar rangsang saraf dan mempengaruhi perilaku seperti emosi, kontrol diri, konsentrasi.

Protein terdapat pada tempe segar, beras merah, alpukat, air kelapa tua.

Karbohidrat Kompleks :

Karbohidrat kompleks dibutuhkan oleh organ-organ pada elemen Air, Ether, Udara, dan Api. Karbohidrat kompleks merupakan sumber zat tenaga atau energi, dan diperlukan oleh sel-sel otak untuk proses berpikir. Karbohidrat juga berperan untuk menangkap dan menyimpan data dalam memori otak.

Karbohidat yang terutama dibutuhkan oleh otak dan tubuh adalah karbohidrat kompleks, bukan karbohidrat sederhana. Karbohidat sederhana umumnya terdapat pada makanan olahan dari tepung seperti biskuit, mi instan, roti, kue. Sedangkan karbohidrat kompleks terdapat pada makanan yang masih murni dan belum diolah seperti tempe segar, tape segar, susu segar, susu yoghurt, susu kedele, beras merah, beras putih, jagung, singkong, ubi, sagu, gandum.

Karbohidrat kompleks yang diperlukan oleh otak terutama terdapat pada beras merah, tempe segar, tape segar, susu segar, susu ASI, susu kedele.

Asam Lemak Tidak Jenuh – Omega-3 dan Omega-6 :

Omega-3 dibutuhkan oleh organ pada elemen Ether dan Udara, sedangkan Omega-6 dibutuhkan oleh organ elemen Ether. Secara kimia, otak banyak memiliki lapisan membran lemak. Agar otak dapat berfungsi dengan baik, diperlukan asam lemak tidak jenuh Omega 3 dan Omega 6.

Asam Lemak Tak Jenuh Omega-3 :
Omega 3 atau asam alfa linoleat termasuk dalam kelompok asam lemak tidak jenuh ganda rantai panjang (Long Chain Polyunsaturated Fatty Acid=LCPUFA). LCPUFA merupakan pembuat utama sistem saraf. Kekurangan atau defisiensi Omega 3 akan menyebabkan adanya gangguan pada sistem penglihatan, daya ingat, gangguan perilaku, dan kekebalan tubuh.

Omega 3 terdapat pada tempe segar, tape singkong, beras merah, kentang, singkong, ubi, gandum, toge, brokoli, bayam, daun selada, jamur.

Asam Lemak Tak Jenuh Omega-6 :
Juga merupakan LCPUFA. Omega 6 diubah menjadi asam arakhidronat (AA). AA berfungsi sebagai penghantar rangsang antar sel saraf dan membantu perkembangan otak.

Omega 6 terdapat pada tempe segar, beras merah, jagung, singkong, ubi, gandum, kentang, susu kedele, alpukat, toge.

Vitamin – B3, B6, B9, B12, dan yang lainnya :

Vitamin-vitamin ini terutama diperlukan oleh organ pada elemen Ether dan elemen Udara, yaitu untuk otak, tiroid (thyroid), amandel, dan jantung.

Vitamin B3 :
Vitamin B3 atau Niacin diperlukan oleh elemen Ether dan berfungsi untuk memperbaiki DNA.

Vitamin B3 umumnya ditemukan pada makanan fermentasi seperti susu ASI, tempe segar, tape singkong segar, susu yoghurt, susu kedele.

Vitamin B6 :
Vitamin B6 atau pyridoxine berperan dalam membantu proses metabolisme asam amino (protein) yang merupakan salah satu komponen pembentuk otak. Proses pembentukan neurotransmitter juga dibantu oleh vitamin ini.

Vitamin B6 terutama terdapat pada susu ASI, tempe segar, tape singkong, beras merah, toge, susu fermentasi atau yoghurt, susu kedele.

Vitamin B9 :
Dikenal juga sebagai asam folat yang sangat berperan mencegah kelainan seperti otak tidak berkembang (anensefali).

Makanan yang mengandung vitamin B9 terutama adalah pada susu ASI, susu fermentasi atau yoghurt, tempe segar, tape singkong, pisang, toge, beras merah, apel merah, susu kedele.

Vitamin B12 :
Dikenal juga sebagai cyanocobalamin dan memegang peran kunci agar otak dan sistem saraf dapat berfungsi dengan baik.

Makanan yang mengandung vitamin B12 terutama adalah pada susu ASI, tape singkong segar, tempe segar, susu fermentasi atau yoghurt, susu kedele, toge.

Vitamin A :
Vitamin A diperlukan oleh organ pada elemen Ether dan Bumi. Vitamin A terutama bermanfaat untuk perkembangan dan kesehatan mata.Di samping itu, Vitamin A juga berperan dalam pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan otak bayi dan balita serta pembentukan dan pengembangan fungsi sel otak, seperti membantu pembentukan dan pertumbuhan sel saraf.

Vitamin A banyak terdapat pada markisa, beras merah, wortel, ubi merah, tempe segar, toge, tomat, jagung, bayam.

Mineral:

Beberapa mineral utama adalah Ca (kalsium), P (fosfor), Fe (zat besi), Mg (magnesium), Zn (seng), I (Iodium). Mineral diperlukan oleh organ pada elemen Bumi, Ether, dan Udara. Mineral terutama diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, tangan, kaki, gigi, rambut, dan kulit. Di samping itu, mineral juga dibutuhkan untuk membantu keseimbangan otak dan kebutuhan otak.

Mineral terutama terdapat pada umbi-umbian seperti wortel, bengkuang, singkong, ubi ungu, ubi merah, ubi putih, kentang, dan lobak putih.

Salam Sehat Selalu

www.5elemen.com

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.