The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Energi 5 Elemen, Win-Win Solution, dan Best Solution

Best Solution, Win-Win Solution, Win-Lose Solution, Lose-Win Solution, Lose-Lose Solution, dan No Deal

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Para Pembaca tentu sudah sangat familiar dengan istilah Win-Win Solution dari Stephen R. Covey, yang merumuskannya dalam buku yang sangat terkenal “7 Habits of Highly Effective People”. Sampai saat ini, Win-Win Solution masih dianggap sebagai solusi kerja sama yang paling baik. Dalam tulisan ini, saya melakukan analisa dari sudut Energi 5 Elemen.

Kita akan menganalisa Indeks Energi 5 Elemen dari berbagai bentuk kerja-sama, yaitu:

  • Win-Win Solution
  • Win-Lose Solution
  • Lose-Win Solution
  • Lose-Lose Solution
  • No Deal Solution
  • Best Solution

Win-Win Solution:

Dalam kondisi ini, kedua pihak sama-sama merasakan manfaat langsung. Solusi ini mempunyai energi positif pada dua elemen, yaitu elemen kedua Air dan elemen pertama Bumi. Indeks Manfaat secara keseluruhan = +10. Indeks Manfaat pada elemen Air = +5, dan Indeks Manfaat pada elemen Bumi = +5.

Manfaat positif pada elemen Bumi berarti memberikan manfaat secara fisik yang bisa dilihat. Manfaat positif pada elemen Air berarti memberikan manfaat pada relasi keduabelah pihak.

Win-Lose Solution:

Dalam kondisi ini, pihak pertama merasa beruntung, sedangkan pihak kedua merasa dirugikan. Solusi ini mempunyai energi negatif pada dua elemen, yaitu elemen kedua Air dan elemen pertama Bumi. Walau pun pihak pertama merasa beruntung, pada akhirnya ia tetap akan terkena efek energi negatif tersebut. Indeks Manfaat secara keseluruhan = -10. Indeks Manfaat pada elemen Air = -5, dan Indeks Manfaat pada elemen Bumi = -5.

Lose-Win Solution:

Dalam kondisi ini, pihak pertama merasa dirugikan, sedangkan pihak kedua merasa beruntung. Solusi ini mempunyai energi negatif pada dua elemen, yaitu elemen kedua Air dan elemen pertama Bumi. Jadi hasilnya sama dengan solusi Win-Lose di atas, yaitu mempunyai efek negatif pada kedua belah pihak.

Lose-Lose Solution:

Dalam kondisi ini, kedua pihak sama-sama merasa dirugikan. Solusi ini mempunyai energi negatif pada tiga elemen, yaitu elemen ketiga Api, elemen kedua Air, dan elemen pertama Bumi. Indeks Manfaat secara keseluruhan adalah -20. Indeks Manfaat pada elemen Api = -7. Indeks Manfaat pada elemen Air = -5. Indeks Manfaat pada elemen Bumi = -8.

No Deal Solution:

Dalam kondisi ini, karena merasa kerja-sama tidak ada manfaatnya, kedua belah pihak sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama tanpa merugikan kedua belah pihak. Solusi ini mempunyai Indeks Manfaat = 0.

Best Solution:

Selain Win-Win Solution, ternyata masih ada solusi yang lebih baik, yaitu Best Solution. Solusi ini mempunyai energi positif pada lima elemen, yaitu elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi. Indeks Manfaat secara keseluruhan adalah +20. Indeks Manfaat pada elemen Ether = +4. Indeks Manfaat pada elemen Udara = +4. Indeks Manfaat pada elemen Api = +4. Indeks Manfaat pada elemen Air = +4. Indeks Manfaat pada elemen Bumi = +4.

Memang bila dibandingkan dengan Win-Win Solution, Indeks Manfaat Best Solution pada elemen Air dan elemen Bumi lebih rendah. Tetapi Best Solution mempunyai Indeks Manfaat yang merata pada seluruh elemen.

Best Solution ternyata memberi manfaat positif bukan hanya pada elemen Air dan Bumi saja, tetapi juga memberi manfaat pada elemen Api, Udara, dan Ether. Manfaat positif pada elemen Api berarti menambah semangat dan motivasi dalam bekerja sama. Manfaat positif pada elemen Udara berarti menambah nilai seni, keindahan, saling menghargai, dan nilai-nilai kebaikan. Manfaat positif pada elemen Ether berarti menambah ide-ide baru yang kreatif, dan nilai-nilai kebenaran.

Dengan demikian, Best Solution dapat juga kita sebut sebagai Holistic Win-Win Solution, karena memberi manfaat pada seluruh elemen.

Salam Sehat Bahagia!

www.5elemen.com

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.