The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Mengaktifkan Energi 5 Elemen

Bagaimana Energi Kesadaran 5 Elemen Menjadi Aktif atau Tidak Aktif

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Menurut filsafat 5 Elemen, seluruh alam semesta dibentuk oleh Energi 5 Elemen. Jadi manusia mempunyai energi 5 elemen. Makhluk lain juga dibentuk oleh energi 5 elemen.

Hewan berkaki 4 mempunyai energi 5 elemen, demikian pula burung dan unggas, ikan, serangga, dan tumbuh-tumbuhan, juga dibentuk oleh energi 5 elemen. Matahari juga mempunyai energi 5 elemen.

Jumlah Elemen yang Aktif

Jadi apakah perbedaan antara manusia, hewan, unggas, serangga, dan tumbuh-tumbuhan? Perbedaannya terletak pada jumlah elemen yang aktif pada masing-masing makhluk tersebut. Semakin banyak elemen yang aktif, semakin tinggi kesadaran pada makhluk tersebut. Penjelasannya sebagai berikut:

Manusia mempunyai potensi untuk mengaktifkan kelima elemen tersebut, yaitu elemen kelima Ether, elemen keempat Udara, elemen ketiga Api, elemen kedua Air, dan elemen pertama Bumi. Jadi manusia mempunyai potensi mempunyai tingkat kesadaran tertinggi.

Hewan berkaki empat hanya mempunyai potensi untuk mengaktifkan 4 elemen saja, yaitu elemen keempat Udara, elemen ketiga Api, elemen kedua Air, elemen pertama Bumi. Jadi hewan tingkat kesadarannya akan berada di bawah manusia.

Burung mempunyai potensi untuk mengaktifkan 3 elemen, yaitu elemen keempat Udara, elemen ketiga Api, dan elemen kedua Air.

Serangga mempunyai potensi untuk mengaktifkan 2 elemen, yaitu elemen ketiga Api dan elemen pertama Bumi.

Tumbuh-tumbuhan mempunyai potensi untuk mengaktifkan 1 elemen, yaitu elemen kedua Air.

Bagaimana Energi 5 Elemen bisa Menjadi Tidak Aktif Pada Manusia

Walau pun mempunyai potensi untuk mengaktifkan 5 elemen, kita sebagai manusia perlu berhati-hati. Sebab bila kita melakukan perbuatan yang tidak baik, hal ini akan membuat elemen tertentu menjadi tidak aktif, sehingga tingkat kesadaran kita bisa menurun.

Elemen Ether merupakan elemen kesadaran tertinggi yang mewakili  kebijaksanaan dan kecerdasan. Elemen Ether yang aktif akan membuat kita mampu berdoa dan bermeditasi untuk menghubungkan jiwa kita dengan energi Ilahi. Bila kita tidak mengasah kemampuan ini dan malas berdoa, akan membuat elemen Ether lama kelamaan akan menjadi tidak aktif. Bila kita malas belajar, hal ini juga dapat membuat elemen Ether kita menjadi kurang aktif.

Kebiasaan-Kebiasaan buruk dapat membuat elemen-elemen tertentu menjadi tidak aktif. Kebiasaan-kebiasaan baik dapat membuat elemen-elemen tertentu menjadi aktif. Profesi yang positif dapat membuat elemen-elemen tertentu menjadi aktif juga.

Anjing yang dilatih untuk menuntun orang buta, akan mempunyai elemen aktif yang lebih banyak dibandingkan anjing yang tidak dilatih. Latihan tersebut membuat anjing tersebut lebih cerdas, lebih peka, dan mempunyai sifat penolong. Anjing yang dilatih dapat mempunyai 4 elemen yang aktif, sedangkan anjing yang tidak dilatih, biasanya hanya mempunyai 2 elemen yang aktif. Anjing yang dilatih untuk berbuat baik akan mempunyai tingkat kesadaran dan kepekaan yang lebih tinggi dari anjing yang tidak terlatih.

Kebiasaan-Kebiasaan Buruk yang Membuat Elemen menjadi Tidak Aktif

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat membuat elemen-elemen pada diri kita menjadi kurang aktif, dan lama kelamaan menjadi tidak aktif, sehingga tingkat kesadaran dan kepekaan akan menurun, yaitu:

  • Hawa nafsu: mematikan elemen Ether, Udara, Api, dan Air
  • Kemarahan: mematikan elemen Udara, Api, dan Air
  • Ketamakan: mematikan elemen Api, Air, dan Bumi
  • Kesombongan: mematikan elemen Air dan Bumi
  • Keterikatan Duniawi: mematikan elemen Bumi

Kebiasaan-Kebiasaan Baik yang Membuat Elemen Menjadi Aktif

Sedangkan kebiasaan-kebiasaan baik yang merupakan kebalikan dari kebiasaan buruk di atas, akan membuat 5 elemen menjadi aktif, sehingga tingkat kesadaran dan kepekaan juga akan meningkat, yaitu:

  • Mengendalikan nafsu: mengaktifkan elemen Ether, Udara, Api, dan Air
  • Kesabaran: mengaktifkan elemen Udara, Api, dan Air
  • Murah hati: mengaktifkan elemen Api, Air, dan Bumi
  • Rendah hati: mengaktifkan elemen Air dan Bumi
  • Tidak terikat: mengaktifkan elemen Bumi

Profesi Positif yang Membuat Elemen Menjadi Aktif

Bila orang menjalankan profesinya secara positif, ia akan mengaktifkan elemen-elemen tertentu yang membantu meningkatkan kesadaran dan kepekaannya. Sebaliknya, bila ia tidak menjalankannya secara positif, elemen-elemen tertentu akan menjadi tidak aktif.

  • Peneliti: mengaktifkan elemen Ether
  • Dosen / Guru / Pengajar : mengaktifkan elemen Udara, Api, Air
  • Seniman: mengaktifkan elemen Udara
  • Desainer: mengaktifkan elemen Udara
  • Pelukis: mengaktifkan elemen Udara dan Api
  • Penulis: mengaktifkan elemen Udara dan Air
  • Motivator: mengaktifkan elemen Api
  • Bisnis sehat: mengaktifkan elemen Air
  • Pemusik: mengaktifkan elemen Air
  • Dokter: mengaktifkan elemen Air
  • Petani: mengaktifkan elemen Bumi

Bunda Teresa dan Hitler

Manusia-manusia agung seperti Helen Keller dan Bunda Teresa mempunyai rasa kemanusiaan yang tinggi sehingga kelima elemennya aktif semua. Sebaliknya, Hitler telah membunuh rasa kemanusiaannya dengan menyulut perang dunia kedua, sehingga kelima elemennya menjadi tidak aktif semua.

Manfaat Aktifnya 5 Elemen

Bila manusia mampu mengaktifkan kelima elemen pada dirinya, maka ia akan berpotensi untuk mengaktifkan elemen berikutnya, yaitu elemen keenam, ketujuh dan seterusnya.

Salam Sehat Bahagia!

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.