The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Sumber Energi Sehat 5 Elemen

Sumber Energi Sehat 5 Elemen: Sinar Matahari Pagi, Udara Segar, Air Sehat, dan Makanan Sehat

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Dalam tulisan ini kita akan membahas sumber-sumber energi sehat 5 elemen, yaitu sinar matahari pagi, udara segar, air sehat, dan makanan sehat. Makanan sehat terdiri dari makanan sehat untuk elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi. Selain itu, makanan sehat juga dapat dibagi atas kandungannya, yaitu enzim, antioksidan, asam lemak, karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Bagaimana prosentase energi dari masing-masing sumber energi tersebut? Berikut ini pembahasannya.

Komposisi Sumber Energi Sehat:

Dari analisa Energi 5 Elemen, saya mendapatkan komposisi sumber energi sehat sebagai berikut:

  • Sinar matahari pagi = 25%
  • Udara segar = 25%
  • Air sehat = 25%
  • Makanan sehat = 20%
  • Bergerak dan olahraga = 5%

Sinar Matahari Pagi:

Bagaimana manfaat sinar matahari terhadap manusia? Dari analisa energi 5 Elemen, ternyata sinar matahari memegang peranan penting terhadap kesehatan manusia dengan kontribusi energi sebesar 25%. Sinar matahari secara langsung sangat bermanfaat untuk kesehatan energi 5 Elemen pada manusia.

Manusia secara langsung dapat menerima energi 5 Elemen dari sinar matahari melalui kelima elemen yang dimiliki manusia, yaitu elemen Ether, elemen Udara, elemen Api, elemen Air, dan elemen Bumi. Ini merupakan salah satu kelebihan manusia dibandingkan makhluk lain di muka bumi ini.

Tumbuh-tumbuhan sendiri menerima energi matahari melalui elemen Bumi, dan kemudian baru disirkulasi ke elemen lainnya.

Waktu ternyata mempunyai hubungan dengan efektivitas sinar matahari terhadap kesehatan 5 elemen. Sinar matahari paling bermanfaat antara pk. 05.30 – 09.00 pagi. Waktu optimal yang dapat kita gunakan untuk menerima energi 5 Elemen dari sinar matahari adalah kira-kira 15 menit. Berikut ini penjelasannya:

  1. Pk. 05.30 – 06.30 : Elemen Kesadaran, frekuensi sehat 1/6 Hz
  2. Pk. 06.30 – 07.00 : Elemen Ether, frekuensi sehat 1/5 Hz
  3. Pk. 07.00 – 07.30 : Elemen Udara, frekuensi sehat 1/4 Hz
  4. Pk. 07.30 – 08.00 : Elemen Api, frekuensi sehat 1/3 Hz
  5. Pk. 08.00 – 08.30 : Elemen Air, frekuensi sehat 1/2 Hz
  6. Pk. 08.30 – 09.00 : Elemen Bumi, frekuensi sehat 1 Hz

Karena manfaat energi matahari sangat besar untuk kesehatan manusia, maka kita perlu memanfaatkan sinar matahari pagi dengan sebaik-baiknya. Saat ini anak-anak lebih senang berada di ruangan ber-AC. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kesehatn, anak-anak perlu dibiasakan untuk berjemur di pagi hari.

Udara Segar yang Sehat:

Udara segar yang sehat mempunyai frekuensi sehat 1/4 Hz, sehingga sangat bermanfaat untuk elemen keempat, yaitu elemen Udara. Udara memberikan kontribusi energi sehat sebesar 25%. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesegaran udara dengan menanam pohon-pohonan di sekitar rumah kita. Selain meningkatkan kesegaran udara, pohon-pohonan juga dapat mencegah global warming.

Selain itu, kita juga dapat meningkatkan kesegaran udara dengan tidak merokok, membersihkan ruangan, dan dengan membersihkan pendingin udara AC secara teratur. Kita juga dapat menggunakan ionizer untuk meningkatkan kesegaran udara di dalam ruangan.

Air Segar yang Sehat:

Air segar yang sehat mempunyai frekuensi sehat 1/2 Hz, sehingga bermanfaat untuk elemen Air. Air sehat sangat penting bagi kesehatan kita, karena memberikan kontribusi energi sehat sebesar 25%. Organ-organ yang sangat membutuhkan air adalah darah dan ginjal, yaitu organ-organ pada elemen Air. Minum air sehat yang cukup akan melancarkan peredaran darah, membersihkan racun-racun pada darah, menyehatkan ginjal, dan melancarkan pencernaan.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk minum air sehat yang cukup sebanyak 8 gelas sehari. Minum minuman yang manis atau minuman berkarbonasi tidak dapat dianggap sebagai pengganti air sehat.

Saat ini kita sudah semakin sulit untuk memperoleh air sehat. Air sehat umumnya berasal dari mata air jernih di pegunungan. Salah satu cara untuk memperoleh air sehat adalah dengan menggunakan alat Reverse Osmosis atau RO.

Makanan Sehat dan Segar:

Makanan sehat memberikan kontribusi energi sehat sebesar 20%. Komposisi makanan sehat berdasarkan elemennya adalah sebagai berikut:

  • Elemen Kesadaran: 1%. Makanan sehat untuk elemen kesadaran adalah mempunyai frekuensi sehat 1/6 Hz dan mengandung banyak enzim.
  • Elemen Ether: 5%. Makanan sehat untuk elemen Ether adalah yang mempunyai frekuensi sehat 1/5 Hz dan mengandung banyak antioksidan.
  • Elemen Udara: 5%. Makanan sehat untuk elemen Udara adalah yang mempunyai frekuensi sehat 1/4 Hz.
  • Elemen Api: 3%. Makanan sehat untuk elemen Api adalah yang mempunyai frekuensi sehat 1/3 Hz dan mengandung banyak asam lemak tak jenuh, dan vitamin A.
  • Elemen Air: 3%. Makanan sehat untuk elemen Air adalah yang mempunyai frekuensi sehat 1/2 Hz dan mengandung banyak karbohidrat, protein, vitamin B, dan vitamin C.
  • Elemen Bumi: 3%. Makanan sehat untuk elemen Bumi adalah yang mempunyai frekuensi sehat 1 Hz dan mengandung banyak mineral, vitamin D, dan vitamin E.

Diet makanan sehat sebaiknya merupakan kombinasi dari makanan sehat masing-masing elemen. Hal ini akan menyeimbangkan dan menyehatkan energi pada semua elemen. Sebagai contoh, bila kekurangan makanan sehat elemen Bumi, orang bisa menderita sakit osteoporosis karena kekurangan mineral dan kalsium. Bila kekurangan makanan sehat elemen Air, orang bisa menderita sakit diabetes dan asam urat karena kekurangan karbohidrat sehat dan protein sehat.

Bergerak dan Berolahraga:

Bergerak dan berolahraga memberikan kontribusi energi sehat sebesar 5%. Jadi kita juga perlu berolahraga yang sehat secara teratur.

Jadi jelaslah bahwa untuk sehat, kita memerlukan sumber-sumber energi sehat dari sinar matahari pagi, udara segar yang sehat, air sehat, makanan sehat, serta bergerak dan berolahraga.

Salam Sehat Bahagia!

www.5elemen.com

10 comments to Sumber Energi Sehat 5 Elemen

  • Pak Aley, saya tinggal di Tangerang yg sekalipun pakai air pam, tetap saja kualitas airnya kurang begitu bagus. Tanya, alat RO itu bisa dibeli di mana dann kisaran harganya berapa, juga mereka yg bagus merek apa?
    Kebetulan saya penggemar air yg dimasak sendiri (bukan air dalam kemasan). Makanya, kalau air tampak kurang layak diminum, jadi khawatir juga (Mohon jg dideteksi air pam kami & bgm stl dimasak utk diminum).
    Terima kasih
    salam
    ez

  • aleysius

    Selamat pagi, Pak Edy. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Pak.

    Beberapa tahun yl. saya pernah membeli peralatan air minum merek Aquanice. Aquanice bentuknya seperti dispenser air, tetapi di dalamnya ada saringan, yaitu :
    1. saringan keramik untuk proses RO dan menyaring logam-logam berat yang berbahaya bagi tubuh
    2. saringan karbon
    3. batu-batu mineral untuk melengkapi air dengan mineral yang dibutuhkan tubuh
    Untuk proses penyaringan, tidak perlu listrik. Cukup menuangkan air bersih di atas saringan keramik. Nanti airnya akan turun sendiri sampai ke bawah dan masuk ke dispenser yang sudah ada (1 set), dan siap diminum.
    Untuk kapasitas 10 liter per hari, harganya di bawah 1 juta.
    Saringan keramik (1 set) dan saringan karbon + batu mineral (1 set) masing-masing harganya Rp. 175.000 (total Rp. 350.000) dan perlu diganti setahun sekali.
    Saringan keramik perlu dibersihkan bagian luarnya dari kotoran air yang menempel setiap beberapa hari sekali dengan busa tanpa sabun (tidak boleh pakai sabun). Saat ini Indeks Manfaatnya = +5.
    Waktu dulu saya masih pakai air dari pam juga yang dimasak, dan Indeks Manfaatnya = -5 yang berarti kurang sehat untuk diminum.
    Air di tempat Pak Edy juga memberikan Indeks Manfaat = -5. Jadi sebaiknya menggunakan air RO.
    Silahkan hubungi Pak Iwan dari Aquanice di telepon 98248335.
    Salam Sehat Bahagia. aley.

  • Veronika Tanner

    Pak Aley, bagaimana Indeks Manfaat Air Mineral dalam galon?

  • aleysius

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Bu Mei.
    Air minum berbeda dengan air mineral.
    Walau pun dalam galon, air minum dan air mineral tetap mempunyai Indeks Sehat positif.
    Air minum dalam galon mempunyai Indeks Sehat +0 s/d +2 (tergantung kualitas)
    Air mineral botol mempunyai Indeks Sehat lebih tinggi, yaitu dari +0 s/d +5 (karena ada mineral yang bermanfaat untuk kesehatan)
    Air murni dari pegunungan mempunyai Indeks Sehat +1 s/d +5
    Air mineral murni dari pegunungan mempunyai Indeks Sehat +1 s/d +10
    Kita juga bisa memperoleh air mineral dengan menggunakan alat Reverse Osmosis yang dilengkapi dengan batu-batu mineral.
    Hasilnya sama dengan air mineral botol.
    Tidak lama lagi buku pertama saya tentang 5 elemen akan diterbitkan oleh Gramedia.
    Isinya lebih rapi dari di website. Judulnya “The Secret of 5 Elements: Rahasia Sehat Alami yang Murah dan Praktis”.
    Kalau berminat, nanti bisa cari ke toko buku.
    Semoga bermanfaat untuk kesehatan.
    Salam Sehat Bahagia!
    aley

  • Veronika Tanner

    Pak Aley, sorry, baru mampir lagi ke topik ini. Nanti saya cari bukunya di Gramedia. Thanks fyi.

  • Terima kasih, Bu Mei.
    Sedang menunggu desain covernya, mudah-mudahan cepat selesai.
    Salam Sehat Bahagia!
    aley

  • lina

    Pak aley, berapa kira2x harga ionizer? Saya tertarik dengan alat ini,karena nanti lingkungan yang akan saya tempati kurang sehat udaranya. Walaupun saat ini saya tinggal termasuk didaerah dataran tinggi yg udaranya masih termasuk sehat. Saya juga tertarik memiliki buku bpk, smg dpt sgr beredar di toko buku.

  • Selamat pagi, Bu Lina.
    Ionizer harganya bervariasi mulai dari yang kapasitas kecil sampai kapasitas besar. Selain itu juga tergantung merek. Kalau yang kapasitas kecil, cukup untuk kamar ukuran 3×3 meter. Harganya bisa di bawah 1 juta. Kalau yang kapasitas lebih besar, bisa di atas 1 atau 2 juta. Yang untuk mobil, saya lihat ada dijual di ACE Hardware. Kalau untuk ruangan, ada dijual di electronic store.

    Terima kasih atas minat Ibu terhadap buku The Secret of 5 Elements. Mudah-mudahan tidak lama lagi bukunya terbit. Bila sudah beredar, saya akan informasikan di http://www.5elemen.com.

    Semoga bermanfaat untuk kesehatan Ibu.

    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • Berno

    Halo Pak. Beberapa waktu lalu, saya ditawari produk-produk salah satu MLM, yang katanya mengandung energi (energi matahari yang diserap dengan teknologi penemuan seorang profesor asal Jepang). PErtanyaan saya, berdasarkan referensi yang bapak punya, literatur, dsb, apakah hal itu mungkin ? Apakah teknologi semacam itu memang sudah ada ?

  • Terima kasih atas kunjungannya, Pak Berno.
    Sebetulnya semua makanan mengandung energi matahari.
    Makanan sehat, yaitu sayur, buah, dan biji, bisa menyerap energi matahari dari 1 sampai 5 elemen.
    Kita juga bisa menyerap energi matahari hanya dengan berjemur pada cahaya matahari pagi dari pk. 6.00 sampai pk. 09.00 selama 10 – 15 menit saja.
    Dengan berjemur, kita juga bisa menyerap 5 elemen energi matahari.

    Penjelasan makanan sehat 5 elemen dan efek sinar matahari bisa dibaca di buku “The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis”. Infonya bisa dilihat di http://buku.5elemen.com.

    Semoga bermanfaat untuk kesehatan Bapak.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.