The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Terapi Energi 5 Elemen: Biskuit dan Plak Gula Darah

Pengaruh Biskuit terhadap Plak Gula Darah

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Saya senang mengonsumsi biskuit tawar atau crackers. Saya dulu berpendapat, bahwa biskuit ini cukup sehat, karena tidak mengandung gula. Bertahun-tahun saya mengonsumsi biskuit ini bila sedang lapar ketika bekerja di kantor.

Sebenarnya, bila dikonsumsi secukupnya saja, tentu tidak apa-apa. Yang menjadi masalah adalah bila dikonsumsi setiap hari sebagai camilan secara teratur.

Plak Gula Darah

Setelah bertahun-tahun mengonsumsi biskuit setiap hari sebagai camilan, saya mulai merasakan akibatnya. Otot punggung dan tangan saya mulai kaku. Otot di pinggang juga mulai menjadi lemah.

Otot merupakan organ Elemen kedua Air. Ini berarti ada gangguan kesehatan pada organ elemen Air.

Ketika saya memeriksa penyebabnya pada tubuh energi, saya menemukan adanya plak. Plak adalah lapisan sisa makanan yang menempel di dalam pembuluh darah atau organ di dalam tubuh.

Bila menempel pada pembuluh darah, plak akan menyebabkan pembuluh darah menyempit. Ini disebut Aterosklerosis. Bila dibiarkan, suatu saat pembuluh darah akan tersumbat.

Di dalam tubuh saya, sudah ada 2% plak gula darah yang tersebar di pembuluh darah, otot, usus, pankreas, dan ginjal. Gula darah berasal dari karbohidrat yang tidak bisa diolah menjadi energi oleh pankreas. Rupanya inilah penyebab otot saya menjadi kaku dan lemah.

Karbohidrat Kompleks dan Karbohidrat Sederhana

Saya terpaksa lebih rajin berolahraga. Saya belum menyadari bahwa biskuit menjadi penyebabnya. Secara kebetulan, teman saya bertanya tentang makanan-makanan yang dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Selanjutnya, dengan memeriksa perbedaan energi sehat antara makanan segar dengan yang digoreng atau dipanggang, saya akhirnya mengetahui perbedaan energi sehat antara gandum dengan biskuit. Gandum havermut masih memiliki energi sehat dengan Indeks Manfaat yang positif. Sebaliknya, biskuit telah dipanggang, sehingga telah kehilangan energi sehatnya.

Selain itu, dengan menggunakan Indeks Segar, saya tahu perbedaan keduanya. Ketika mengonsumsi gandum havermut, Indeks Segar pankreas hanya bernilai -0,5. Pankreas hanya lelah sedikit. Tetapi ketika mengonsumsi biskuit, Indeks Segar pankreas bisa bernilai -3 sampai -5. Ini berarti pankreas akan menjadi sangat lelah.

Gandum havermut utuh masih mengandung karbohidrat kompleks yang mudah dicerna oleh tubuh. Sebaliknya biskuit yang dipanggang mengandung karbohidrat sederhana yang sulit dicerna oleh tubuh. Karena sulit dicerna oleh tubuh, akhirnya menumpuk sebagai gula darah.

Membersihkan Plak Gula Darah

Saya pun mulai mengganti biskuit dengan makanan lain yang lebih sehat dan mengandung karbohidrat kompleks, misalnya kentang kukus, ubi kukus, singkong kukus, serta makanan segar seperti bengkuang dan wortel. Akhirnya otot saya perlahan-lahan mulai lentur dan kuat kembali. Perlahan-lahan plak gula darah mulai berkurang. Saya berharap, suatu saat plak gula darah ini akan hilang sepenuhnya.

Salam Sehat Bahagia!

2 comments to Terapi Energi 5 Elemen: Biskuit dan Plak Gula Darah

  • Manta

    Salam kenal pak Aleysius, saya punya keluhan di pangkal lengan dan bawah lengan saya suka terasa ngilu dan pegal. Saya juga sudah cek darah ternyata keping darah saya mencapai > 1 juta. Saya mohon saran bagaimana mengatasi masalah ini.

  • Manta

    Terima-kasih sebelum & sesudahnya…

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.