The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Terapi Energi 5 Elemen: Indeks Kecocokan dan Makanan Panjang Umur

Mencari Makanan Sehat dan Panjang Umur dengan Indeks Kecocokan

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Sejak zaman dahulu, para raja dan kaisar telah mencari obat panjang umur ke seluruh dunia. Salah satu yang pernah kita dengar, adalah Kaisar Qin Shi Huang Ti, kaisar pertama yang menyatukan China dan membangun Tembok Besar China. Menurut cerita teman saya yang senang sejarah, sang kaisar permah 3 kali mengutus utusannya untuk mencari obat panjang umur. Ada yang pergi ke Korea dan menemukan Ginseng. Ada pula yang diutus ke Jepang, dan mungkin menjadi nenek moyang bangsa Jepang.

Apakah beliau berumur panjang? Ternyata tidak juga. Beliau hanya hidup selama 49 tahun, yaitu dari tahun 259 SM hingga 210 SM. Mungkin beliau sudah termasuk orang yang panjang umur pada zamannya.

Faktor-Faktor untuk Sehat dan Panjang Umur:

Tentu saja, untuk sehat dan panjang umur, makanan sehat bukan satu-satunya faktor. Ada banyak faktor lain yang menentukan orang sehat dan panjang umur, yaitu:

  1. Karunia Tuhan
  2. Motivasi untuk hidup sehat
  3. Berbuat baik
  4. Makanan sehat
  5. Minum air yang sehat
  6. Pernapasan sehat
  7. Olahraga yang tepat dan sehat

Indeks Kecocokan:

Indeks Kecocokan telah saya bahas pada kedua buku saya, yaitu The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis, serta The Miracle of 5 Elements Energy.

Pada dasarnya, Indeks Kecocokan mencocokkan kondisi organ pada elemen tertentu yang tidak sehat, dengan makanan dan terapi sehat dari elemen yang sama untuk menyehatkan organ tersebut. Misalnya, organ hati pada elemen ketiga Api yang kurang sehat, perlu disehatkan dengan makanan dan terapi sehat yang cocok untuk elemen Api.

Indeks Kecocokan ini dapat digunakan untuk mencari kecocokan seseorang dengan makanan sehat, herbal, suplemen, dan obat. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mencari kecocokan jodoh, kecocokan kerjasama, kecocokan dengan pekerjaan, serta kecocokan dengan rumah.

Manfaat Indeks Kecocokan untuk Mencari Makanan Sehat dan Panjang Umur:

Pada Teman-Teman yang berkonsultasi langsung atau online sejak 2011, saya sertakan Indeks Kecocokan pada Indeks Energi 5 Elemen, mulai dari kecocokan +10% hingga +50%.

Indeks Kecocokan ini sangat bermanfaat dalam mencari makanan sehat dan panjang umur yang cocok untuk seseorang. Setiap orang mempunyai kombinasi makanan sehat yang berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lain.

Mengapa bisa berbeda?

Karena organ yang tidak sehat pada setiap orang berbeda-beda, serta kondisi keseimbangan hormon dan enzimnya juga berbeda-beda.

Makanan sehat yang sangat bermanfaat bagi seseorang, mungkin hanya sedikit manfaatnya bagi orang lain. Sebagai contoh, wortel sangat bermanfaat dan sangat cocok bagi orang yang sedang sakit ginjal. Tetapi hanya sedikit manfaatnya bagi orang yang ginjalnya sehat.

Makanan sehat dengan Indeks Kecocokan 10%, dapat menyehatkan organ yang tidak sehat sampai 10 tahun. Makanan Sehat dengan Indeks Kecocokan 30%, dapat menyehatkan organ yang tidak sehat sampai 20 tahun. Makanan Sehat dengan Indeks Kecocokan 50%, dapat menyehatkan organ yang tidak sehat sampai 30 tahun.

Apakah Makanan Sehat dan Panjang Umur itu Mahal dan Langka?

Umumnya orang beranggapan, bahwa makanan yang mahal tentu banyak manfaatnya, bisa membuat awet muda, serta panjang umur. Misalnya ginseng, sarang burung walet, royal jelly, cula badak, taring harimau, serta makanan eksotis lainnya.

Tetapi dari pemeriksaan energi, hal ini tidak selalu benar. Makanan yang bisa membuat sehat dan panjang umur adalah makanan yang bisa menyeimbangkan hormon dan enzim pada organ tubuh seseorang. Semakin seimbang, semakin besar potensi untuk sehat dan panjang umur orang tersebut.

Makanan sehat tersebut tidak perlu mahal, bahkan sering kita temukan di pasar dekat rumah kita. Jadi kita tidak perlu pergi ke puncak gunung, mencari makanan atau herbal langka, misalnya ginseng 1.000 tahun.

Sebagai contoh, setelah memeriksa dengan Indeks Kecocokan, saya menemukan bahwa salah satu makanan panjang umur saya adalah kentang kukus. Sedangkan istri saya adalah mentimun segar. Sedangkan teman saya, ada yang makanan sehatnya bengkuang.

Sedangkan teman yang lain, adalah buah kemuning yang tumbuh di halaman rumahnya. Padahal ia sudah menanam pohon kemuning tersebut bertahun-tahun, dan tidak tahu bahwa itu adalah makanan sehat dan panjang umurnya.

Jadi ternyata makanan sehat dan panjang umur ini tidak harus mahal, bahkan mungkin gratis karena ada di halaman kebun kita.

Makanan Sehat dan Panjang Umur untuk Organ Ginjal:

Bila seseorang mengalami gangguan hormon dan enzim pada organ ginjal, maka tentu saja ia perlu mengonsumsi makanan sehat yang cocok untuk ginjal. Salah satu makanan sehat yang cocok untuk organ ginjal misalnya wortel segar.

Dengan demikian, makanan panjang umur untuk orang ini adalah wortel. Bila diperiksa, Indeks Kecocokannya mungkin mencapai 50% atau sangat tinggi. Dengan Indeks Kecocokan 50%, bila rajin dikonsumsi, makanan sehat ini bisa menyehatkan orang ini maksimal sampai 30 tahun.

Sebaliknya, bila orang ini mengonsumsi daun sirsak, mungkin ginjalnya menjadi tidak sehat. Sebab daun sirsak tidak mengandung enzim yang cocok untuk ginjal, sebaliknya mengandung 2 jenis hormon yang tidak cocok untuk ginjal.

Makanan Sehat dan Panjang Umur untuk Organ Hati:

Orang yang lain mungkin mengalami gangguan pada organ hati, sehingga perlu mengonsumsi makanan sehat yang bisa menyeimbangkan kondisi hormon dan enzim pada organ hati. Salah satu makanan sehat yang cocok untuk organ hati misalnya buah kemuning.

Dalam kasus ini, makanan panjang umur untuk orang ini adalah buah kemuning. Bila diperiksa, indeks Kecocokannya mungkin mencapai 30%. Dengan Indeks Kecocokan 30%, bila rajin dikonsumsi, makanan sehat ini bisa menyehatkan orang ini maksimal sampai 20 tahun.

Dalam hal ini, orang lain yang hatinya juga kurang sehat, belum tentuk cocok dengan kemuning. Mungkin ia lebih cocok dengan tempe segar atau air kelapa tua. Dalam hal ini, kita bisa memeriksa Indeks Kecocokan-nya.

Bila orang ini mengonsumsi temulawak, mungkin hatinya tidak bertambah sehat, karena temulawak tidak mengandung enzim yang bisa menyehatkan hati. Temulawak hanya mengandung nutrisi dan tidak mengandung enzim.

Sebaliknya, bila orang ini mengonsumsi ginseng, mungkin organ hatinya menjadi kurang sehat, karena ginseng mengandung 2 jenis hormon yang tidak cocok untuk hati. Ginseng sebaiknya dikonsumsi bila hati dalam kondisi sehat dan bisa menghasilkan enzim yang cukup.

Makanan dengan Enzim yang Seimbang:

Makanan yang seimbang mengandung enzim yang seimbang. Makanan-makanan yang mengandung keseimbangan kolesterol, gula darah, dan protein, bisa dibaca di buku The Miracle of 5 Elements Energy. Makanan-makanan ini bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan organ-organ tubuh seperti hati, ginjal, dan pankreas.

Bagi Para Pembaca yang ingin mengetahui makanan sehat dan panjang umurnya, silahkan berkonsultasi langsung atau konsultasi online di http://konsultasi.5elemen.com.

Selain itu, silahkan berdoa dan berbuat baik agar mendapat karunia Tuhan untuk tetap sehat dan panjang umur.

Semoga bermanfaat bagi kesehatan Para Pembaca.

Aleysius H. Gondosari adalah Peneliti & Praktisi Terapi Energi 5 Elemen. Saat ini sudah ada 2 buku tentang Energi 5 Elemen yang diterbitkan, yaitu “The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis” oleh Gramedia Pustaka Utama dan “The Miracle of 5 Elements Energy” oleh E-tera Mizan. Informasi buku bisa dilihat di http://buku.5elemen.com. Bagi yang berminat untuk berkonsultasi secara online, silahkan berkunjung ke http://konsultasi.5elemen.com.

Salam Sehat Bahagia!

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.