The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Terapi Energi 5 Elemen: Rahasia Kesehatan Cincau

Energi 5 Elemen Dan Enzim pada Cincau

Oleh : Aleysius H. Gondosari

Apakah Anda pernah minum es cincau? Umumnya orang akan menjawab : Ya. Memang cincau termasuk minuman penyegar yang umum dijual. Di kantin sekolah SD dan SMP saya juga selalu tersedia es cincau. Minuman ini termasuk minuman favorit saya waktu masih sekolah untuk menghilangkan haus di tenggorokan dan menyegarkan badan.

Cincau Dalam Wikipedia :

Cincau adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Kata “cincau” sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara.Cincau sendiri pada bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur). Cincau juga memiliki efek penyejuk serta peluruh (diuretik).

Tumbuhan Penghasil Cincau:

Tumbuhan penghasil cincau bermacam-macam, di antaranya adalah :

* Tumbuhan dari genus Mesona, terutama M. procumbens, M. chinensis yang banyak diproduksi di Tiongkok bagian selatan serta Indocina, atau M. palustris yang banyak digunakan di Indonesia, menghasilkan cincau hitam;
* Cylea barbata Myers atau cincau hijau, menghasilkan cincau berwarna hijau dan agak lebih padat konsistensinya.

Cincau hijau:

Tumbuhan cincau hijau (C. barbata Myers.) merambat, daun berwarna hijau pucat dengan rambut di atas permukaannya. Selain sebagai penghasil cincau, ekstrak tumbuhan ini mengandung zat anti-protozoa, tetrandine, suatu alkaloid, khususnya terhadap penyebab malaria Plasmodium falciparum.

Proses Pembuatan:

Proses pembuatan diawali dengan perendaman, yang biasanya dilakukan setelah daun diremas-remas atau dihancurkan. Ada juga yang menyertakan perebusan terlebih dahulu. Pemberian soda kue dapat dilakukan sebagai pengawet. Warna cincau bermacam-macam, berkisar dari hijau hingga hijau pekat, bahkan hitam, namun disertai dengan kesan tembus pandang (transparan). Konsistensinya juga berbeda-beda. Warna dan konsistensi cincau berbeda-beda karena tumbuhan yang dipakai berbeda-beda.

Energi Sehat 5 Elemen Cincau:

Daun :
Energi 5 Elemen pada daun cincau mengalir dengan lancar mulai dari elemen Eter, Udara, Api, Air, dan Bumi. Selain itu, daun cincau juga mempunyai energi penyembuh untuk organ pada elemen Air, yaitu untuk ginjal, organ reproduksi, kandungan, prostat.

Penyakit malaria melemahkan energi pada elemen Air. Karena daun cincau mempunyai energi penyembuh untuk elemen Air, maka hal ini dapat menjelaskan mengapa daun cincau dapat menyembuhkan penyakit malaria.

Dari analisis energi 5 elemen, cincau mengandung 2 jenis energi antibodi pada elemen Air untuk 2 jenis penyakit malaria.

Gel Cincau Dari Daun Yang Diremas Dan Direndam:

Energi 5 Elemen pada gel cincau mengalir dengan lancar mulai dari elemen Eter, Udara, Api, Air, dan Bumi. Selain itu, gel cincau mempunyai energi pendingin, energi penyegar, energi penyehat, pada elemen Eter, Udara, dan Api. Jadi gel cincau bermanfaat untuk organ-organ di tenggorokan, dada, serta organ perut. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan, bila kita merasa segar setelah minum segelas es cincau.

Enzim pada Cincau:

Sebagai makanan sehat, cincau mengandung 6 jenis enzim, yaitu 2 jenis enzim antibodi untuk darah pada elemen Air, 2 jenis enzim untuk hati pada elemen Api, dan 2 jenis enzim untuk tiroid pada elemen Eter.

Adanya enzim untuk tiroid akan membuat orang menjadi lebih santai dan menyehatkan metabolisme tubuh. Adanya enzim untuk hati akan memperbaiki keseimbangan kolesterol. Adanya enzim antibodi untuk darah akan menyehatkan penderita penyakit malaria.

Aleysius H. Gondosari adalah peneliti dan praktisi Terapi Energi 5 Elemen. Saat ini Terapi Energi 5 Elemen telah diterbitkan dalam bentuk buku kesehatan “The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis“ oleh Gramedia Pustaka Utama, berisi cara melakukan terapi sehat 5 Elemen dan berbagai makanan sehat 5 Elemen. Buku kedua “The Miracle of 5 Elements Energy” untuk kesehatan pembuluh darah, pencegahan serangan jantung, dan stroke,  juga telah diterbitkan oleh E-tera Mizan. Untuk Konsultasi Kesehatan dan tanya jawab, silahkan kunjungi halaman Konsultasi. Untuk Workshop Kesehatan, silahkan kunjungi halaman Workshop.

Salam Sehat Bahagia!

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.