The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Terapi Energi 5 Elemen: Rumi dan Rahasia Kebahagiaan

Rumi: Rahasia Kebahagiaan dari 5 Elemen, Pikiran, dan Jiwa

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Jalaluddin Rumi yang lahir pada tahun 1207 di kota Balkh, adalah seorang Sufi dari Persia yang dikagumi karena kasihnya pada Tuhan. Puisi-puisinya dipenuhi dengan perasaan kasih akan Tuhan. Dalam puisinya Rumi menyampaikan bahwa Tuhan adalah satu-satunya tujuan dalam hidup ini, dan tidak ada yang tujuan hidup lain yang bisa menyamainya.

Ayah Rumi seorang cendekia yang saleh, seorang rohaniwan yang berpandangan maju, seorang guru yang terkenal di Balkh. Saat Rumi berusia 3 tahun karena adanya bentrok di kerajaan maka keluarganya meninggalkan Balkh menuju Khorasan. Dari sana Rumi dibawa pindah ke Nishapur, tempat kelahiran penyair dan alhi matematika Omar Khayyam. Di kota ini Rumi bertemu dengan Attar yang meramalkan si bocah ini kelak akan masyhur karena menyalakan api gairah Ketuhanan.

Rahasia Kebahagiaan adalah Pulang ke Rumah yang Sebenarnya

Dalam tulisan-tulisannya, Rumi mengungkapkan rahasia kebahagiaan. Rumi telah mempelajari sifat-sifat energi 5 elemen, pikiran, dan jiwa, sehingga mampu mengetahui rahasia tersebut.

Rumi mengumpamakan diri kita dengan orang yang sedang bepergian. Selama kita tinggal di rumah orang lain, kita tidak merasa berbahagia. Kita akan gembira dan bahagia, bila sudah pulang ke rumah dan bertemu kembali dengan keluarga kita.

Menurut Rumi, rahasia kebahagiaan adalah bila seluruh energi pada diri kita kembali ke rumah asalnya, yaitu: energi 5 elemen kembali ke rumah asalnya, energi pikiran kembali ke rumah asalnya, dan jiwa kembali ke rumah asalnya. Masing-masing energi tersebut mempunyai rumahnya masing-masing.

Rumah dari energi 5 elemen adalah pusat energi 5 elemen. Rumah dari pikiran adalah alam pikiran fisik, astral, dan kausal. Rumah dari jiwa adalah rumah Tuhan.

Rumah atau Pusat dari Energi 5 Elemen

5 elemen terdiri dari elemen kelima Eter, elemen keempat Udara, elemen ketiga Api, elemen kedua Air, dan elemen pertama Bumi. Kita akan merasa bahagia, bila masing-masing elemen pada tubuh kita berada pada rumahnya masing-masing atau berada pada pusatnya.

Tetapi pada kenyataannya, tidak selalu demikian. Energi elemen Eter bisa turun dan berada di pusat elemen Bumi. Demikian pula elemen lainnya. Dengan demikian, aliran energi menjadi tidak teratur. Aliran energi yang benar seharusnya mengalir dari pusat elemen Eter, turun ke pusat elemen Udara, turun ke pusat elemen Api, turun ke pusat elemen Air, dan akhirnya sampai di pusat elemen Bumi.

Jadi kita harus mengatur kembali aliran energi, agar energi 5 elemen tersebut kembali ke posisi semula dan mengalir sesuai dengan aliran energi yang benar.

Rumah atau Pusat dari Pikiran

Ada 3 jenis pikiran, yaitu pikiran kausal, astral, dan fisik.Pikiran fisik disebut juga Kesadaran Fisik. Pikiran Astral disebut juga Kesadaran Astral. Pikiran Kausal disebut juga Kesadaran Kausal.

Rumah pikiran ada di atas rumah dari 5 elemen, yaitu pusat elemen ke-6, ke-7, dan ke-8. Energi pikiran fisik seharusnya berada pada pusat elemen ke-6. Energi pikiran astral seharusnya berada pada pusat elemen ke-7. Energi pikiran kausal seharusnya berada pada elemen ke-8.

Jadi aliran energi yang benar seharusnya mengalir dari energi pikiran kausal dari pusat elemen ke-8, turun ke pikiran astral di pusat elemen ke-7, dan selanjutnya turun ke pikiran fisik di pusat elemen ke-6. Menurut Rumi, dalam kondisi inilah terjadi kebahagiaan.

Tetapi kenyataannya tidak selalu demikian. Pikiran Kausal mungkin saja turun ke pusat elemen di bawahnya, misalnya pusat elemen ketiga Api. Pikiran Astral mungkin saja turun ke pusat elemen kedua Air, dan pikiran fisik mungkin telah turun ke pusat elemen pertama Bumi. Hal ini membuat pikiran menjadi tidak berbahagia dan gelisah.

Agar bahagia, kita harus membawa pikiran Kausal kembali ke pusatnya, yaitu pusat elemen ke-8. Demikian pula, pikiran Astral harus dibawa kembali ke pusatnya di elemen ke-7, dan pikiran fisik harus dibawa kembali ke pusatnya di elemen ke-6.

Rumah dari Jiwa

Jiwa akan bahagia bila ia bisa pulang kembali ke rumahnya, yaitu rumah Tuhan. Oleh sebab itu, Rumi selalu mengatakan, bahwa Tuhan adalah satu-satunya tujuan dalam hidup ini. Dengan kembali kepada Tuhan, maka jiwa akan mencapai kebahagiaan sempurna.

Rumah jiwa ada di atas rumah pikiran. Agar jiwa bisa berbahagia, jiwa harus pulang kembali ke rumah Tuhan.

Jadi, seperti halnya di alam fisik, kita akan merasa bahagia ketika pulang ke rumah kita, demikian pula, kelima elemen, ketiga pikiran, dan jiwa, harus pulang ke rumah masing-masing.

Kita bisa berusaha untuk berbahagia, dengan cara berdoa dan bermeditasi. Dengan berdoa dan bermeditasi, kita berusaha membawa kelima elemen, ketiga pikiran, dan jiwa kita, untuk pulang ke rumah masing-masing. Ini memang merupakan perjalanan panjang, dan menurut Rumi, diperlukan semangat kasih yang membara.

Aleysius H. Gondosari adalah peneliti dan praktisi Terapi Energi 5 Elemen. Saat ini Gramedia telah menerbitkan buku kesehatan “The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis“, berisi cara melakukan terapi sehat 5 Elemen dan berbagai makanan sehat 5 Elemen. Untuk konsultasi dan tanya jawab, silahkan kunjungi halaman Konsultasi.

Salam Sehat Bahagia!

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.