The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Terapi Energi 5 Elemen: Tendon Achilles David Beckham

Mengapa Tendon Achilles David Beckham Cedera?

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Tanggal 7 Maret 2010 yl., kita mendengar berita bahwa David Beckham yang sedang membela AC Milan pada laga Serie A di Italia mendapat cedera pada kakinya, yaitu sobek pada tendon achilles atau Achilles Tendon Rupture (ATR).

Selain Beckham, kita juga sering membaca atau mendengar atlet yang memperoleh cedera pada ototnya, seperti Maria Sharapova dan Rafael Nadal.

Plak pada Otot

Dari analisis Energi 5 Elemen, ternyata otot pada atlet yang cedera mengandung plak, yaitu plak gula darah pada elemen kedua Air, plak asam urat pada elemen pertama Bumi, dan plak kolesterol pada elemen ketiga Api.

Plak ini tergantung pada makanan atlet tersebut. Ada yang hanya mengandung salah satu plak saja, atau bisa juga ketiga-tiganya. Pada Beckham,  di ototnya terdapat ketiga jenis plak ini dengan Indeks Plak  di atas 5%.

Saya juga pernah mengalami adanya plak pada otot. Walau pun hanya di bawah 1%, tetapi saya tetap merasakan efek otot yang menjadi kaku.

Apakah Gula Darah, Asam Urat, dan Kolesterol Bisa Dibersihkan dengan Olahraga?

Umumnya kita mendengar, bahwa untuk menetralisir kelebihan gula darah, asam urat, dan kolesterol, kita bisa melakukannya dengan lebih banyak berolahraga. Olahraga memang bisa membersihkan sebagian plak ini dari pembuluh darah, tetapi sayangnya, plak ini akhirnya mengendap di otot.

Dengan Olahraga, Plak Masuk ke Otot

Inilah sebabnya, orang sering merasa ototnya menjadi kaku atau sakit walau pun sering berolahraga. Sebab bila makanan yang dikonsumsi tidak sehat, semakin banyak berolahraga, semakin banyak plak yang menumpuk pada otot.

Efek Plak pada Otot

Plak yang menumpuk pada otot akan menyebabkan otot menjadi kaku, tidak elastis, sehingga lebih mudah putus dibandingkan otot yang bersih dari plak. Hal ini menjelaskan mengapa atlet sering mengalami cedera otot.

Mengukur Energi Elastisitas Otot dengan Indeks Elastisitas

Untuk mengukur tingkat elastisitas otot, saya menggunakan Indeks Elastisitas. Otot yang bersih dari plak seperti otot anak berusia 5 tahun, mempunyai Indeks Elastisitas = +5. Orang dewasa yang tidak mempunyai plak pada ototnya akan mempunyai Indeks Elastisitas = +1 sampai +3. Tetapi orang dewasa yang mempunyai plak pada ototnya akan mempunyai Indeks Elastisitas = 0 sampai +0,2 saja.

Bagaimana Menghindari dan Membersihkan Plak?

Plak bisa dihindari, bahkan bisa dibersihkan kembali. Tetapi untuk membersihkan, perlu waktu yang cukup lama, antara 3 bulan sampai 1 tahun.

Cara menghindari dan membersihkan plak adalah dengan lebih banyak mengonsumsi makanan sehat, yaitu makanan segar seperti buah dan makanan kukus seperti tahu, kentang, ubi, singkong, jagung, serta makanan tumis seperti pada sayur-sayuran.

Sebaiknya menghindari atau mengurangi makanan yang digoreng, santan, makanan dan minuman manis, serta makanan yang banyak mengandung asam urat seperti telur, daging, kacang goreng, kuah kacang pada gado-gado dan pecal.

Aleysius H. Gondosari adalah peneliti dan praktisi Terapi Energi 5 Elemen. Saat ini Gramedia telah menerbitkan buku kesehatan “The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis“, berisi cara melakukan terapi sehat 5 Elemen dan berbagai makanan sehat 5 Elemen. Untuk konsultasi dan tanya jawab, silahkan kunjungi halaman Konsultasi.

Salam Sehat Bahagia!

5 comments to Terapi Energi 5 Elemen: Tendon Achilles David Beckham

  • Yanti

    ok trims infonya Pak Alley…

  • Terima kasih atas kunjungannya, Bu Yanti.
    Semoga bermanfaat untuk kesehatan.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

  • Tan Kiat Liong

    Selamat Sore Pak Aley,
    Apakah Pak Aley dengan E5E dapat membuat daftar indeks glikemik dari makanan sehat yang ada pada buku dan website bapak?
    Terima Kasih.

  • Tan Kiat Liong

    Selamat Sore Pak Aley,

    Apakah Pak Aley dengan E5E dapat membuat daftar indeks glikemik dari makanan sehat yang ada pada buku dan website bapak?

    Terima Kasih.

  • Selamat pagi, Pak Tan.
    Kalau di buku saya yang kedua, “The Miracle of 5 Elements Energy”, saya menggunakan Indeks Keseimbangan, yaitu Indeks Keseimbangan untuk karbohidrat, kolesterol, dan protein. Semakin tinggi keseimbangan, berarti semakin sehat. Sebab kita sebenarnya membutuhkan keseimbangan, bukan terlalu tinggi atau terlalu rendah.
    Kalau kolesterol terlalu rendah, orang lebih mudah terkena TBC dan kanker. Kalau karbohidrat terlalu rendah, orang juga mudah lemas.

    Semoga bermanfaat untuk kesehatan Bapak.

    Salam Sehat Bahagia,

    aley

    ===============

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.