The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis
The Miracle of 5 Elements Energy
Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas dan Sukses seperti Sri Mulyani, Bill Gates, dan Steve Jobs

Terapi Kesehatan 5 Elemen: Manfaat Enzim pada Ludah yang Sehat

Manfaat Enzim pada Ludah yang Sehat

Oleh: Aleysius H. Gondosari

Ludah yang sehat mengandung cukup mineral dan enzim, tetapi ludah yang tidak sehat, hanya kekurangan mineral dan enzim. Mineral bermanfaat untuk menjaga keseimbangan asam-basa. Enzim sangat bermanfaat bagi manusia untuk metabolisme, hormon, dan antibodi.

Mineral:

Ludah yang sehat akan mengandung 6 jenis mineral, yaitu kalsium, phospor, kalium, magnesium, natrium, dan besi, sehingga pH ludah akan bersifat sedikit basa, yaitu 7,4. Ludah yang kekurangan mineral akan bersifat lebih asam dengan pH di bawah 7,4. Hal ini akan menyebabkan gigi lebih cepat rusak.

Enzim:

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat kira-kira 100 jenis enzim. Organ tubuh yang sehat mampu menghasilkan 100 jenis enzim. Tetapi bila organ tubuh tidak sehat, maka diperlukan makanan sehat untuk membantu keseimbangan enzim di dalam tubuh.

Ludah yang sehat mengandung 5 jenis enzim, yaitu 1 jenis enzim untuk pencernaan, dan 1 jenis enzim untuk keseimbangan hormon, dan 3 jenis enzim untuk meningkatkan antibodi di dalam tubuh.

Ludah yang tidak sehat akan kekurangan enzim. Bila kekurangan enzim pencernaan, maka orang akan mengalami gangguan metabolisme. Bila kekurangan enzim hormon, maka akan terjadi gangguan keseimbangan hormon. Bila kekurangan enzim antibodi, maka orang akan lebih mudah sakit.

Enzim untuk Mencegah Infeksi:

Seorang teman mengatakan, bahwa orang tua zaman dahulu sering mengatakan, bahwa luka pada kulit bisa disembuhkan dengan air ludah. Memang salah satu manfaat enzim pada ludah adalah mencegah infeksi. Tetapi enzim ini hanya terdapat pada ludah yang sehat. Ludah yang tidak sehat tidak mempunyai enzim ini. Bila ludah tidak sehat sehingga tidak mempunyai enzim ini, maka mulut akan sering sariawan.

Memperbaiki Mineral dan Enzim pada Ludah:

Untuk memperbaiki keseimbangan mineral dan enzim pada ludah, maka sebaiknya orang mengonsumsi lebih banyak umbi-umbian seperti kentang, ubi, singkong, yang dikukus. Wortel dang bengkuang segar juga merupakan makanan yang cocok. Selain itu, kacang panjang segar atau dikukus juga sangat baik. Air kelapa tua juga dapat menyehatkan mineral dan enzim pada ludah.

Aleysius H. Gondosari adalah peneliti dan praktisi Terapi Energi 5 Elemen. Saat ini Gramedia telah menerbitkan buku kesehatan “The Secret of 5 Elements: Terapi Sehat Bahagia yang Murah dan Praktis“, berisi cara melakukan terapi sehat 5 Elemen dan berbagai makanan sehat 5 Elemen. Untuk Konsultasi Kesehatan dan tanya jawab, silahkan kunjungi halaman Konsultasi. Untuk Workshop Kesehatan, silahkan kunjungi halaman Workshop.

Salam Sehat Bahagia!

2 comments to Terapi Kesehatan 5 Elemen: Manfaat Enzim pada Ludah yang Sehat

  • lina

    pak aley, kalau bisa tolong diteliti manfaat air ludah untuk menyembuhkan penyakit jika dioleskan pada bagian tbh yang skt seperti kulit, ada benjolan, dll. Saya penasaran walau saya pernh membuktikan kurang manjur mgkn krn sy kurang mineral&enzim.Konon cara ini telah dilakukan oleh orang tua zaman dulu seperti khasiat bwg merah yg telah bpk ulas memang bermanfaat.

  • Selamat siang, Bu Lina.
    Memang salah satu fungsi enzim ludah adalah untuk mencegah infeksi.
    Tetapi kalau ludah kita sehat.
    Kalau ludah tidak sehat, enzim ini tidak ada.
    Kalau tidak ada, salah satu cirinya adalah mudah sariawan.
    Memang ini pengetahuan dari pengalaman orang tua zaman dulu.
    Salam Sehat Bahagia,
    aley

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.